3 Alat Pemasaran Digital Gratis dan Berbayar untuk Usaha Kecil

Alat pemasaran digital ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dan memastikan waktu berharga Anda diinvestasikan dengan bijak: mengotomatiskan tugas yang berulang, mengumpulkan data untuk menganalisis dan mengoptimalkan kampanye Anda, dan membantu Anda mengatur dan merencanakan aktivitas pemasaran Anda, dan banyak lagi.

Sebenarnaya banyak yang menawarkan untuk juga melakukan SEO, hanya banyak yang memahami SEO dengan tidak utuh. Sehingga ada banyak sekali praktisi yang melakukan kesalahan SEO tanpa mereka sadari.

Jika Anda siap untuk menempuh rute pemasaran DIY, alat ini adalah suatu keharusan untuk menjangkau audiens yang tepat untuk merek Anda, membuat konten yang relevan untuk audiens Anda, dan memelihara prospek untuk membeli.

  1. Google Analytics

Google Analytics adalah perangkat lunak gratis yang memberikan wawasan berharga tentang siapa yang mengunjungi situs web Anda dan bagaimana mereka terlibat dengannya.

Ini paling baik dipasangkan dengan Google Search Console – alat pemasaran digital gratis lainnya yang membantu Anda mengidentifikasi masalah apa pun di situs Anda dan mengoptimalkannya untuk lalu lintas.

Beberapa poin data yang disediakan Google Analytics untuk Anda meliputi:

Jumlah pengunjung situs Anda berdasarkan hari, minggu, bulan, atau periode waktu yang Anda pilih

Dari mana pengunjung ini berasal – rujukan dari situs web lain, penelusuran organik, iklan, sosial, atau langsung

  • Kata kunci yang digunakan orang di Google untuk menemukan situs Anda
  • Demografi dan minat pengguna Anda
  • Berapa lama waktu yang dihabiskan setiap pengguna di situs Anda dan halaman mana yang mereka kunjungi

Semua informasi ini menarik, tetapi juga merupakan pengetahuan penting yang dapat membantu Anda mengoptimalkan situs web dan kampanye pemasaran Anda (sambil menjaga upaya SEO Anda tetap hemat biaya ).

Misalnya, Anda mungkin melihat melalui Search Console atau Analytics bahwa Anda mendapatkan banyak lalu lintas dari kata kunci yang tidak mencakup konten. Tulis posting blog yang dioptimalkan untuk kata kunci itu dan perhatikan lalu lintas dan tingkat keterlibatan Anda meroket.

Mendapatkan banyak pengunjung dari Facebook tetapi tidak ada dari Twitter? Mungkin ini pertanda Anda harus memusatkan upaya pemasaran Anda pada saluran utama Anda.

Ini semua tentang wawasan – bukan hanya analitik.

  1. Mailchimp

Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis Anda, pemasaran email harus menjadi bagian dari keseluruhan strategi Anda.

Saat pelanggan mendaftar ke milis Anda, mereka mengundang Anda langsung ke kotak masuk mereka. Itu sebabnya pemasaran email rata-rata menawarkan ROI yang lebih tinggi daripada aktivitas pemasaran lainnya.

Untuk memulai pemasaran email, Anda memerlukan layanan yang memungkinkan Anda menangkap email, mengelola daftar, mengirim email secara otomatis atau sesuai jadwal, dan menganalisis keterlibatan.

Mailchimp adalah pilihan ideal jika Anda baru memulai atau menjalankan bisnis kecil. Layanan dasar Mailchimp gratis hingga daftar Anda mencapai 2.000 pelanggan. Ini menawarkan fungsionalitas utama yang Anda butuhkan tanpa membuat pengelolaan pemasaran email Anda terlalu rumit.

Plus, Mailchimp sekarang menawarkan banyak fitur dan alat pemasaran digital (beberapa di bawah paket berbayar):

  1. Hootsuite

Tidak ada pertanyaan. Anda harus mempertahankan kehadiran di media sosial agar tetap kompetitif di pasar. Anda juga mungkin sudah tahu bahwa media sosial dapat menghabiskan banyak waktu, bahkan jika Anda menggunakannya murni untuk tujuan pemasaran daripada menggulir tanpa henti.

Untungnya, Anda memiliki alat pemasaran digital yang tersedia untuk mengurangi inefisiensi waktu ini, seperti Hootsuite.

Hootsuite menyediakan platform manajemen pusat untuk semua saluran media sosial Anda dan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting sebelumnya sehingga Anda bisa mendapatkan semua konten media sosial Anda untuk beberapa minggu atau bulan mendatang dalam satu sesi.

Anda juga mendapatkan alat pelaporan lanjutan untuk melihat kampanye media sosial mana yang bekerja paling efektif dan menggunakan data ini untuk menghitung ROI.

Anda juga dapat melacak penyebutan merek Anda dan mengelola tanggapan, semuanya dalam satu dasbor.

Hootsuite juga menawarkan alat untuk mempromosikan posting media sosial Anda melalui platform sekarang juga.

Setidaknya itulah beberapa teknik digital marketing yang bisa anda lakukan, kita bisa memahami bahwa digital marketing begitu besar manfaatnya untuk meningkatkan penjualan produk kita.