Thu. Jan 28th, 2021
4 Manfaat ASI Untuk Si Kecil

Air susu ibu (ASI) menjadi asupan yang paling penting dan tidak ada yang menggantikannya. Ada banyak manfaat ASI bagi bayi, karena beberapa penelitian telah melakukan berbagai penelitian dan mempunyai hasil yang benar-benar baik untuk tumbuh kembang si kecil. Ada banyak kandungan didalam ASI baik dari protein, vitamin, karbohidrat, dan sebagainya.

Memberikan ASI secara eksklusif selain bermanfaat untuk si buah hati, namun memiliki manfaat yang baik juga ibunya. Sehingga tidak heran banyak ahli kesehatan menyarankan dan menuntut untuk memberikan bayi ASI kurang lebih selama 6 bulan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan, simak ulasan lengkapnya.

Manfaat Memberikan ASI

Memberikan ASI pada si kecil memiliki banyak manfaat, pada kesempatan kali ini kami mencoba memberikan beberapa ulasannya. Untuk lebih memahaminya, berikut ini ada beberapa manfaat yang didapatkan, yaitu :

1. Terhindar dari penyakit

Berdasarkan hasil penelitian dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Indonesia menyebutkan kalau ASI memiliki manfaat yang luar biasa. Karena dapat meningkatkan imun dan ketahanan tubuh yang baik. Dalam hal ini membuat bayi tidak mudah dan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Dalam hal ini bayi yang rutin diberikan ASI eksklusif akan mendapatkan zat yang baik. Salah satunya adalah mendapatkan antibodi yang dapat melindungi dan menjaga bayi tetap selalu sehat dan baik-baik saja.

2. Otak dan Fisik

Ketika Anda rutin memberikan ASI, maka akan mempercepat dalam membantu proses perkembangan otak dan fisik pada si kecil. Hal ini harus dilakukan secara konsisten dan dimulai dari usia 0-6 bulan agar selalu diberikan ASI eksklusif. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hal tersebut Anda harus benar-benar memperhatikannya.

Dalam hal ini peranan ASI begitu penting dalam mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Jika Anda sembarangan dan tidak memperhatikannya akan bertambah pada perkembangannya dan kondisi si kecil. Dengan demikian Anda harus benar-benar memberikan ASI selama 6 bulan berturut-turut.

3. Tercukupinya Kebutuhan Nutrisi

Selain baik untuk menghindari bayi dari penyakit dan mempengaruhi perkembangan otak dan fisiknya. Pemberian ASI memberikan berbagai kebutuhan penting bagi bayi, dalam hal ini Anda harus memberikannya dan memahami beberapa manfaat yang didapatkan. Oleh karena itu, pastikan bayi Anda selalu tercukupi ASI nya dan dapatkan manfaatnya.

Beberapa kandungan dalam ASI sudah lebih dari cukup diberikan. Sehingga Anda tidak perlu memberikannya susu formula.

4. Berat Badan

Ketika Anda memberikan ASI pada si kecil, maka buah hati Anda akan memiliki berat badan yang ideal dan tidak terlalu besar atau kecil. Dapat dikatakan perkembangannya tumbuh dengan normal, karena ASI sedikit mengandung insulin yang dapat membentuk lemak. Hal ini lebih tepat dan pas memberikan ASI dibandingkan memberikan susu formula.

Demikianlah pembahasannya mengenai ASI bagi Balita dan Anak Anda di rumah, semoga informasi diatas mudah untuk dipahami.

By imindo