Wed. Apr 21st, 2021

Hingga hari ini, Islam adalah agama yang paling berpengaruh dan memiliki banyak pengikut di seluruh dunia. Di Indonesia, Islam adalah agama mayoritas penduduk.

Tentunya perjalanan panjang tersebut harus dilalui para pejuang Islam secara perlahan. Guru kami Muhammad bahkan harus mendakwahkan agama Allah secara diam-diam terlebih dahulu. Dari jumlah orang yang menjadi muslim, terus berkembang begitu banyak.

Baca juga terjemahan surat dalam islam dan kumpulan doa setelah sholat pada tautan tersebut.

Di awal perjalanan, umat Islam yang memelihara panji-panji Islam seringkali menghadapi tantangan mulai ditolak serta peperangan. Perang saat itu terjadi karena orang-orang yang menentang Islam melanggar bahkan mengancam nyawa umat Islam.

Meski sangat sulit, akhirnya martabat Islam bisa terlaksana karena orang-orang yang punya pengaruh besar juga. Dia adalah salah satu jenderal yang menyebabkan umat Islam menghadapi penindasan kaum musyrik.

Beberapa jenderal hebat itu antara lain::

1. Salahuddin Al-Ayyubi

Jiwa kesatria yang dimiliki oleh Salahuddin Al-Ayyubi membuat pasukan yang dipimpinnya mampu menangkis perang salib. Di bawah pemerintahannya, umat Islam berhasil menaklukkan Palestina setelah perang salib yang lama.

Nama Salahuddin Al-Ayyubi adalah seorang prajurit muslim yang sangat terkenal. Sebagai pendiri dinasti Ayyubiyah, wilayah Islam meluas hingga mencakup Suriah, Mesir, Yaman, dan Afrika Utara.

2. Khalid bin Walid

Strategi perang umum ini bisa disebut unik. Sebab, dia termasuk suku Quraisy yang membenci Islam. Padahal, saat menjadi pemimpin komunitas Quraisy, dia punya kesempatan untuk berhadapan dengan Nabi Muhammad.

Beruntung dia mendapat petunjuk dan masuk Islam. Setelah memeluk Islam, ia menjadi panglima perang dengan banyak prestasi. Di bawah kepemimpinannya, umat Islam berhasil memenangkan pertempuran Yamamah ke dalam pertempuran Yarmuk.

3. Abu Ubaidah bin Al-Jarrah

Ketika Abu Bakar Ash-Sidiq menjadi khalifah untuk melanjutkan risalah Islam, Abu Ubaidah bin Al-Jarrah diangkat menjadi komandan perang melawan pasukan Romawi.

Dia masuk Islam Abu Ubaidah dan masuk Islam hanya satu hari setelah Abu Bakar masuk Islam. Karena itu, dia mencintai Islam dan menjadi prioritas utama untuk mempertahankan agama Tuhan ini. Ia bahkan sempat menghadapi ayahnya sendiri yang berada di pihak yang menentang Islam Quraisy.

4. Muhammad Al-Fatih

Sosok ini adalah seorang jenderal Muslim yang mampu mengalahkan Konstantinopel. Alhasil, karena prestasinya tersebut, namanya dikagumi banyak kalangan dan dianggap sebagai ahli strategi perang.

Muhammad Al-Fatih, yang dijuluki “Penakluk”, merupakan anak didik Syekh Syamsuddin, keturunan Abu Bakar Ash-Shidiq.

5. Amru bin Ash

Seperti Khalid bin Walid, Amru bin Ash juga menentang Islam. Akhirnya, dia masuk Islam bersama Khalid dan menjadi pembela agama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Salah satu ibadah Amru bin Ash adalah pada saat peristiwa Fathul Makkah yaitu pencatatan kota Makkah dari tangan orang-orang kafir.

Selain itu, Amru bin Ash juga berhasil memimpin pasukan muslimin dalam penaklukan Yerusalem dan Mesir.

Beberapa panglima muslimlah yang mampu membawa kejayaan Islam hingga saat ini.

By imindo