Mon. Jun 14th, 2021

5 Manfaat Buah Belimbing (Carambola) yang Mengesankan untuk Kesehatan – Belimbing adalah buah hijau atau hijau kekuningan asli Asia Tenggara, terutama Indonesia. Jika Anda mencari buah yang tidak hanya menjadi makanan lezat tetapi juga pilihan diet utama, maka belimbing adalah untuk Anda. Belimbing kaya akan berbagai nutrisi seperti Vitamin C, Vitamin A dan mineral seperti fosfor, kalsium dan tembaga yang membantu memerangi berbagai penyakit. Juga, digunakan sebagai obat rumah yang sangat efektif untuk mabuk dan untuk menyembuhkan kulit terbakar.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa bunga dan daun belimbing wuluh juga membantu menyembuhkan penyakit kulit dan masalah kesehatan lainnya seperti pilek, demam, dan sakit tenggorokan. Nilai gizinya yang tinggi menjadikannya buah yang paling banyak digunakan di dapur. Jika Anda bisa menahan rasa asamnya, maka Anda bisa memakannya mentah-mentah atau Anda bisa membuat smoothie, jus atau shake dengan menambahkan beberapa bahan pemanis ke dalamnya. Ambil buah belimbing dan berikan awal yang menyegarkan untuk hari Anda!

Buah ini merupakan buah tropis berbentuk bintang lonjong yang tersedia dalam rasa manis dan asam. Yang manis ditemukan antara musim panas hingga musim gugur sedangkan yang asam ditemukan antara musim panas hingga pertengahan musim dingin.
Tumbuh di pohon cemara kecil lebat yang ditemukan di iklim panas, lembab dan tropis. Pohon itu memiliki bunga berwarna ungu, berbentuk lonceng yang berkembang menjadi buah belimbing hijau muda hingga kuning.

Belimbing adalah buah dari Averrhoa carambola yang merupakan spesies pohon asli Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Belimbing disebut sebagai ‘Kamrakh’ dalam bahasa Hindi dan Gujarati, ‘Ambanamkaya’ dalam bahasa Telugu, ‘Thambaratham’ dalam bahasa Tamil, ‘Kaparakshi Hannu’ dalam bahasa Kannada, ‘Chaturappuli’ dalam bahasa Malayalam, Karambal dalam bahasa Marathi, ‘Kamranga’ dalam bahasa Bengali dan ‘ Belimbing’ di beberapa bagian dunia.

5 Manfaat Buah Belimbing dan Kegunaan

1. Mengontrol Obesitas

Kulit buah belimbing kaya akan serat makanan. Ini mencegah penyerapan kolesterol LDL di lapisan usus mengurangi obesitas. Ini membantu menjaga usus besar dan usus Anda tetap sehat sambil menyingkirkan infeksi dan zat beracun lainnya. Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Nutrients Journal of US National Library of Medicine, National Institutes of Health, belimbing terbukti bermanfaat karena memiliki efek anti-obesitas pada tubuh manusia.

2. Meningkatkan Metabolisme

Belimbing kaya akan serat makanan yang membantu mengatur sistem pencernaan Anda. Ini juga merangsang

menguji gerakan usus Anda yang membuat usus Anda tetap sehat. Usus yang sehat mengatur metabolisme Anda dan juga membebaskannya dari zat beracun lainnya. Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal, Clinical Interventions in Aging of US National Library of Medicine, National Institutes of Health, konsumsi rutin buah belimbing dalam jumlah sedang membantu meningkatkan metabolisme.

3. Mengurangi Peradangan

Belimbing wuluh memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh dalam jumlah sedang untuk mengurangi berbagai penyakit yang disebabkan karena peradangan di tubuh Anda seperti eksim, bisul, sinusitis dan lainnya.

4. Mengobati Sakit Mata

Kandungan magnesium yang tinggi dari belimbing wuluh juga membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi akibat sakit mata. Konsumsi belimbing wuluh yang kaya akan vitamin B6 untuk meredakan mata sembab serta mengendurkan saraf mata. Sifat anti-bakteri buah membantu mengurangi penyebab rasa sakit di mata Anda.

5. Mengurangi Sakit Maag

Sebagian besar sakit maag disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat dikurangi dengan bantuan buah belimbing karena memiliki sifat anti-bakteri. Selain itu, sifat anti-inflamasi buah juga membantu mengurangi zat beracun dari perut.

Jenis buah belimbing

By laurel