Mon. Jun 14th, 2021

Menjadi mahasiswa baru merupakan suatu kegembiraan tersendiri karena akan memasuki dunia baru yaitu dunia perkuliahan. Kehidupan di perguruan tinggi berbeda dengan kehidupan di sekolah.

Banyak mahasiswa baru yang masih bingung bagaimana cara menyelesaikannya selama kuliah. Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru agar Anda dapat memulai universitas dengan baik.

6 Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru

1. Mempersiapkan kebutuhan kuliah

Tentunya perguruan tinggi harus siap jika Anda sudah menjadi mahasiswa baru. Kebutuhan kuliah antara lain buku, alat tulis, dan alat penunjang lainnya.

Buku-buku yang perlu Anda siapkan antara lain buku manual, buku materi, buku catatan, dan jika diperlukan, Anda juga bisa menyiapkan buku agenda untuk mengatur jadwal dan menulis daftar tugas dan kegiatan yang perlu Anda lakukan.

Anda perlu menyiapkan alat tulis, bukan sekedar alat tulis berupa pulpen, pensil, atau penghapus. Tetapi sertakan alat tulis lain yang Anda butuhkan, seperti spidol, pensil warna, stabilisator, dan banyak lagi.

Alat pendukung lain yang dimaksud adalah kalkulator bagi Anda yang sedang memasuki gelar yang membutuhkan perhitungan, jas lab, dan peralatan praktik lainnya.

Ingin kuliah di Telkom University? Yuk bisa gabung bersama kami dengan mengunjungi tautan tersebut untuk info lebih lanjut.

2. Persiapkan mental

Memasuki dunia baru harus dibarengi dengan persiapan mental yang baik. Bangku perguruan tinggi yang berbeda dengan sekolah membuat Anda sebagai mahasiswa baru perlu mempersiapkan mental untuk lebih banyak persaingan.

Jika di SMA kamu hanya bersaing dengan teman-teman di sekitarmu, maka selama kuliah kamu akan bersaing dengan teman-teman dari seluruh Indonesia.

Persiapan mental juga tidak hanya dibutuhkan untuk persaingan dan kemampuan bertahan secara akademis, tetapi Anda juga membutuhkan persiapan mental untuk menghadapi kehidupan di perguruan tinggi yang membutuhkan sikap tanggap, tangguh, disiplin, berani, dan sebagainya.

3. Mendisiplinkan diri

Sebagai siswa baru, Anda akan menerima jadwal kelas yang telah dijadwalkan sebelumnya atau yang telah diatur sebelumnya. Karena jadwal kelas dan jadwal sekolah berbeda, Anda perlu memulai disiplin Anda sendiri untuk berbagai aktivitas.

Jaga waktu Anda agar sesuai dengan kebutuhan dan jadwal perkuliahan yang sedang Anda kerjakan agar waktu Anda di bangku kuliah dapat digunakan secara maksimal dan optimal. Bagikan waktu untuk belajar, bersiap untuk bergabung dengan organisasi, berpartisipasi dalam kegiatan lain, atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.

4. Beradaptasi dengan lingkungan

Sebagai siswa baru, Anda masih belum mengetahui lingkungan sekitar Anda. Namun, Anda perlu beradaptasi dengan cepat. Misalnya perlu mengetahui lingkungan fakultas, kampus, lingkungan sekitar asrama atau kontrakan, dan lain sebagainya.

Dengan adaptasi, Anda dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan, yang mungkin merupakan kebiasaan yang berbeda di masa lalu dan apakah kebiasaan tersebut mungkin berlaku di lingkungan baru Anda.

5. Membaur dengan teman baru

Mahasiswa baru juga manusia yang merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, Anda tentu tidak bisa hidup sendiri. Anda benar-benar membutuhkan orang lain. Jadi, sebagai siswa baru, Anda harus cepat-cepat bergabung dengan teman baru.

Beberapa siswa mungkin tidak dapat bergaul dengan semua atau berbagai karakter teman, tetapi sebaiknya Anda membuka teman kepada siapa pun. Anda hanya perlu berurusan dengan teman-teman yang dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan Anda di dunia perguruan tinggi di kemudian hari.

6. Mengenal karakter dosen

Sama seperti sekolah, ada bermacam-macam karakter guru. Kecuali semasa kuliah, karakter dosennya berbeda-beda. Di awal perkuliahan, Anda perlu menyimak kontrak perkuliahan dengan cermat dan mengetahui karakter dosen Anda.

Ini akan membantu Anda menyesuaikan diri dan cara Anda bertindak. Selain itu, saat mengerjakan tugas, ketahui cara membakukan penilaian guru agar mendapat nilai bagus.

Berikut beberapa tip tentang apa yang harus dilakukan siswa baru. Anda bisa mendaftar mulai sekarang. Bahkan jika Anda sudah menjadi mahasiswa, Anda juga bisa melamar agar bisa berubah menjadi lebih baik. Jangan lupa untuk membagikan kiat dan informasi ini kepada teman-teman Anda. Semoga bermanfaat.

By ansyah