Sun. Apr 18th, 2021

Manfaat Jeruk Manis Untuk Penikmatnya – Siapa yang tak menyukai jeruk manis? Mulai dari berbagai kalangan sangat menyukai buah satu ini. Selain rasanya yang manis, jeruk juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mulai dari vitamin hingga mineral terkandung pada buah satu ini.

Untuk itu berikut beberapa manfaat jeruk untuk kesehatan para penikmatnya.

1. Melancarkan pencernaan

Jeruk dapat menjadi sumber serat yang sangat baik. Untuk itu, jeruk sangat bagus untuk membuat perut kamu agar tetap sehat.

Serat di dalamnya juga akan membantu dalam mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar.

Jeruk juga bisa merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Ini adalah cara paling mudah dalam mengatasi masalah sembelit.

2. Menstabilkan tekanan darah tinggi

Jeruk merupakan salah satu sumber magnesium yang kaya dan dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Selain itu kandungan flavonoid yang disebut hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga dapat membuat tekanan darah menajadi terkendali.

Baca juga : Cari tahu manfaat buah kesemek

3. Mencegah resiko kanker

Terdapatnya kandungan vitamin C pada jeruk yang memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya kanker.

Selain itu senyawa yang disebut limonene, juga cukup banyak ditemukan di jeruk memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker serta sekaligus menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar.

4. Menyehatkan jantung

Antioksidan pada buah jeruk dapat berguna dalam mencegah kerusakan akibat dari radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol.

Kolesterol oksidisasi cenderung lebih menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung.

Hal ini tentunya dapat memicu serangan jantung. Namun kamu dapat mencegah penyakit jantung dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan buah, termasuk juga buah jeruk.

Kandungan pada buah jeruk diketahui dapat membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit.

5. Sehat untuk ginjal

Hasil dari studi telah menemukan bahwa dengan mengkonsumsi jus jeruk secara teratur membantu mencegah batu ginjal.

Hal ini karena buah jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya.

Jeruk juga diketahui dapat membantu fungsi ginjal dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula.

Baca juga : Jeruk asam finger lime

6. Memperkuat gusi dan gigi

Mengkonsumsi buah jeruk sangat baik untuk kesehatan gusi. Hal ini dekarenakan kandungan pada buah jeruk mampu memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi.

Selain itu kandungan Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut,

Nah itulah beberapa manfaat dari buah jeruk manis untuk para penikmatnya, kamu bisa mendapatkan khasiatnya hanya dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dan teratur.

By laurel