Mon. Mar 1st, 2021
al azhar memorial garden

Al Azhar Memorial Park (Karawang) adalah areal pemakaman yang dikhususkan untuk Muslim. Al Azhar Memorial Park sudah lebih dari 9 tahun memberikan pelayanan kepada umat Muslim dalam hal penanganan jenazah

Tentunya, jika kita Muslim, pasti ingin untuk diri sendiri maupun kerabat saat meninggalkan dunia ini mayit diurus berdasarkan syariat Islam.

INI KENAPA MAKAM HARUS DIKELOLA BERDASARKAN SYARIAT ISLAM

Agama kita sudah sangat lengkap memberikan petunjuk kepada umatnya. Mulai dari kita dilahirkan sampai dengan mati, kita terikat dengan petunjuk ini atau yang disebut dengan syariat.

Hal ini bukan dikarenakan untuk mempersulit umat Muslim, justru karena Allah sayang dengan umatnya.

Satu hal yang diajarkan oleh syariat Islam adala tata cara penanganan jenazah hingga penguburan mayit yang sudah dicontohkan oleh Rasul kita. Salah satunya adalah tidak boleh dicampurnya areal pemakaman Muslim dengan pemakaman agama lain.

Kenapa harus dipisah?

Karena kuburan dari non muslim adalah tempat Allah memberikan azab sementara makam Muslim Allah akan memberikan rahmat berupa ampunan dosa.

Itu artinya bukankah kewajiban kita untuk memastikan jika sudah saatnya kelak, maka kubur pun harus sesuai dengan syariat?

Rasulullah SAW bersabda:

“Aku terbebas dari orang muslim yang berdampingan dengan orang musyrik.” Kemudian Rasul bersabda lagi: Supaya api dari keduanya tidak saling berdampingan”. HR. Abu Daud).

Semuanya ada digenggaman Allah SWT, termasuk usia kita. Tidak ada seorang pun dapat mengetahui kapan ajal tiba. Dan kematian itupun pasti datang kepada kita.

Umumnya saat salah satu anggota keluarga meninggal, keluarga yang ditinggalkan kadang bingung dalam pengurusan jenazah berdasarkan syariat Islam yang benar.

Sejak dari pengurusan jenazah hingga penguburannya.

Bukankah apabila kita sudah memiliki wasiat akan dimakamkan dimana serta sudah mempersiapkan makam untuk diri kita sendiri akan sangat meringankan keluarga kita?

Dan sudah seharusnya kita memiliki solusi untuk ini.

Pemakaman Islam  Al-Azhar Memorial Garden Karawang dikelola berdasarkan syariat Islam mulai dari penanganan jenazah sebelum dimakamkan hingga perawatan dan penjagaan makam pasca pemakaman yang seluruhnya mengikuti aturan Islam.

Aturan pemakaman Islam menurut syariah adalah sebagai berikut:

  1. Makam muslim tidak boleh bercampur dengan makam non muslim.
  2. Menghadap kiblat.
  3. Sederhana, hanya terdiri dari gundukan tanah dan tidak dibangun apa pun di atasnya.
  4. Terdapat batu nisan sebagai penanda.
  5. Makam tidak boleh dilangkahi, diduduki, dan diinjak-injak.
  6. Kedalaman makam 1,5 meter.
  7. Berdasarkan Fatwa MUI DKI Jakarta tahun 2011, menumpuk jenazah tidak diperbolehkan.
  8. Berdasarkan Fatwa MUI No 9 tahun 2014, membeli makam di mana terdapat unsur tabzir dan israf di dalamnya adalah haram.

Dalam hal penanganan pemakaman, Al Azhar dengan ketat mengikuti kedelapan prinsip syariat diatas sehingga mayit ditangani sesuai aturan Islam.

Selain syar’iPemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden Karawang juga dikelola secara profesional.

Profesionalitas tersebut tercermin pada penataan areal pemakaman yang rapi, pengadaan fasilitas-fasilitas penting untuk memudahkan peziarah seperti masjid, musala, toilet, dan tempat parkir, serta perawatan yang rutin dilakukan sehingga pemakaman senantiasa tampak asri, bersih, dan indah.

Al Azhar Memorial Garden Harga 2021

Banyak yang bilang harga dari pemakaman Al Azhar Memorial Garden itu mahal. Padahal jika kita benar-benar melihat alasan mengapa kubur seorang Muslim harus sesuai syariat, harga tersebut sangatlah murah atau sepadan.

Selain itu, makam akan menjadi tempat peristirahatan terakhir yang abadi karena areal makam tidak akan pernah digusur ataupun alih fungsi dimanfaatkan untuk hal lainnya. Karena areal ini dikelola langsung oleh yayasan Al Azhar.

Nah untuk lebih detail harganya bisa dilihat disini: Al Azhar Memorial Garden Harga

By arrysb