Alasan menjamurnya apotek online

Apotek online adalah apotek yang menyediakan layanan kefarmasian melalui internet, juga dikenal sebagai farmasi online. Apotek online, tidak seperti apotek tradisional, memiliki saluran penjualan tambahan melalui situs web atau aplikasi mereka sendiri.

Apotek online berlisensi sama dengan apotek tradisional. Apotek online tetap harus memenuhi persyaratan seperti memiliki apoteker dan asisten apoteker, memiliki fasilitas kefarmasian, dan mematuhi ketentuan yang berlaku.

Mengapa sekarang banyak apotek tradisional yang menjual obat melalui internet? Banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain kemajuan teknologi, kebiasaan konsumen, dan lain sebagainya. Yang jelas penggunaan apotek online semakin hari semakin populer. Berikut adalah beberapa faktor utama yang berkontribusi pada pengembangan apotek online.

Biaya Internet Lebih Rendah

Harga internet kemungkinan besar merupakan faktor pertama yang mempengaruhi jumlah apotek online yang muncul. Mungkin faktor ini mempengaruhi semua layanan online, bukan hanya layanan apotek online.

Biaya internet masih menjadi momok bagi penggunanya di awal tahun 2000-an. Biaya internet kabel, misalnya, masih sekitar satu juta rupiah, dan meskipun demikian, kecepatan kualitas dibatasi hingga kurang dari satu megabit per detik. Biaya akses internet melalui perangkat seluler, serta biaya 3G, tetap sangat mahal.

Saat ini, harga internet cukup rendah, hanya dengan lima puluh ribu rupiah, pengguna dapat memperoleh paket data lebih dari 5 GB. Harga internet kabel juga mencapai ratusan ribu per bulan, dan bahkan kemudian, mereka menawarkan kecepatan hingga 10 mbps atau lebih tinggi.

Kebiasaan Konsumen

Tidak dapat disangkal bahwa konsumen dan pembeli saat ini terlibat dalam perilaku transaksional yang berubah dari waktu ke waktu. Mereka memiliki daftar pekerjaan mereka sendiri yang telah terakumulasi sepanjang hari. Banyak dari mereka fokus pada kemudahan yang mereka dapat dalam membeli barang.

Banyak dari manfaat ini tersedia saat membeli barang secara online. Cukup klik dari website atau aplikasi, bayar menggunakan salah satu metode pembayaran yang tersedia, dan tunggu barang sampai ke rumah Anda. Apotik online terlengkap di kota mereka akan sangat membantu dalam membeli obat dengan metode online ini.

Belanja obat juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Obat pada dasarnya sama dengan barang, meskipun berbeda dalam beberapa hal, seperti aturan penggunaan obat yang lebih ketat daripada barang umum.

Namun, dalam hal transaksi, obat sebenarnya adalah barang, dan pembelian barang secara online sangat populer di kalangan konsumen saat ini. Itulah sebabnya, untuk mengikuti perubahan perilaku konsumen, banyak apotek online bermunculan.