Analisis Siswa yang Diterima SNMPTN UI

Okay, kali ini gue akan ngelengkapin artikel berkenaan SNMPTN di website halo universitas ini bersama suatu hal yang lo tunggu-tunggu yaitu kesimpulan penerimaan SNMPTN per PTN. Nah PTN pertama yang senang cobalah gue kesimpulan adalah Universitas Indonesia atau bimbel simak ui s2 s3. Jadi bikin lo yang pengen daftar SNMPTN di UI, lo perlu banget baca artikel ini sampe abis.

Dalam menganalisis penerimaan SNMPTN UI ini gue gunakan data statistik penerimaan UI yang terdapat di website SNMPTN dan hasil survei yang diadakan tiap th. kepada para siswa yang sukses diterima di SNMPTN. Bulan Juni 2016 lalu, Halokampus mengadakan survei ke 700an siswa yang diterima di SNMPTN 2016. Mereka isi form layaknya data diri, pilihan, nilai raport, rangking, piagam yang dilampirkan, dll.

Dari data statistik formal panitia SNMPTN dan hasil survei berikut gue mencoba mengolah dan menyajikannya didalam wujud informasi-informasi yang moga-moga akan berfungsi bikin lo seluruh didalam memilih pilihan di SNMPTN nanti, lebih-lebih bikin lo yang milih UI.Indikator Penerimaan SNMPTN UI

Indikator penilaian merupakan hal-hal yang jadi pertimbangan didalam penilaian SNMPTN. Secara umum, indikator penilaian SNMPTN UI ga jauh beda bersama PTN lain. Gambar di bawah ini diambil alih dari publikasi UI th. 2013 lalu:

Bisa lo melihat di gambar di atas bahwa didalam seleksi tanpa tes (PPKB dan SNMPTN) UI menilai ga hanya nilai raport aja, tetapi termasuk melihat indeks sekolah. Nilai raport ini termasuk bobot mapel-mapel khusus disesuaikan bersama jurusan. Sedangkan indeks sekolah adalah reputasi suatu sekolah di UI. Reputasi ini sanggup dinilai dari banyaknya alumni suatu sekolah yang kuliah di UI, prestasi alumni suatu sekolah dikala kuliah di UI, atau prestasi sekolah di ajang perlombaan.

Persentase penerimaan SNMPTN UI 2013, 2014, 2015, 2016

Persentase penerimaan merupakan perbandingan pada kuota dan jumlah pendaftar. Jadi semakin kecil persentase, maka sanggup dibilang persaingannya semakin ketat, dari aspek jumlah. Begitu pula sebaliknya, semakin besar persentase, maka persaingannya semakin longgar.

Sekarang kami cobalah bandingkan bersama top PTN lain layaknya UGM. Total pendaftar SNMPTN UGM th. 2016 lalu menggapai 44.381 (total pendaftar UI 30.112) dan yang diterima sebanyak 2.629 orang atau 5,92%. Jadi meskipun dari aspek keseluruhan pendaftar UI kalah jauh dari UGM tetapi dari aspek ketetatan, keduanya sanggup dibilang hampir sama.

Jadi jangan segera menyimpulkan bahwa PTN bersama peserta SNMPTN terbanyak layaknya UNPAD, UB dan UGM tentu persaingannya paling ketat juga, karena sanggup jadi kuota penerimaan mereka termasuk besar.

 

Persentase penerimaan per jurusan

Oke kami telah tau nih kadar penerimaan UI secara keseluruhan yaitu pada 4-6%. Nah kalo kami breakdown per jurusan, angkanya sanggup lebih banyak ragam lagi. Ada jurusan yang ketetatannya 1% tetapi ada termasuk jurusan yang ketetatannya lebih dari 10%. Angka berikut gue dapatkan bersama merata-ratakan ketetatan th. 2012, 2013, 2014 dan 2015.

 

Nilai raport yang diterima di SNMPTN UI

Nah gimana nih cara sadar mutu raport/prestasi anak yang th. lalu diterima di UI? Kalo di sekolah lo ada alumni yang th. lalu diterima di UI, gue saranin banget bikin melihat nilai raport mereka. Misal lo pengen masuk jurusan akuntansi, maka bandingin nilai lo bersama alumni yang diterima di akuntansi UI. Kalo nilai lo sama atau lebih-lebih lebih bagus, tinggal berdoa aja persaingan th. ini sama atau lebih rendah dari th. lalu.

Dengan membandingkan bersama alumni lo, sanggup dibilang lo mengeliminasi aspek indeks sekolah, karena kalian berasal dari sekolah yang sama. Jadi tinggal bandingin raportnya aja.

Nah trus gimana donk kalo kalo ga mempunyai alumni yang ada di UI? Ya bandingin ama anak yang diterima dari sekolah lain. Tapi kelemahannya perbandingan berikut akan sulit akurat karena lo perlu meraba-raba indeks sekolah lo dibanding indeks sekolah anak yang lo bandingin. Nilai 90 di sekolah yang ga mempunyai reputasi bersama nilai 90 di sekolah yang mempunyai reputasi bagus, sadar berbeda.

Data berikut ini merupakan nilai raport siswa yang diterima di SNMPTN UI. Seperti yang telah gue jelasin di atas, selain bandingin nilai raportnya, bandingkan pula akreditasi sekolah, prestasi sekolah, jumlah alumni, dll.