APA ITU PADI UMKM?

Apa itu PaDi UMKM? PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM merupakan platform karya anak bangsa yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, kemudian dikembangkan oleh PT. Telkom Indonesia yang berperan sebagai pengelola informasi terpusat dan layanan pemasaran bussiness to bussiness (B2B).

PaDi UMKM menjadi sebuah tempat platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN, sehingga memberi ruang dan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan transaksi dari BUMN serta kesempatan dalam memperoleh pembiayaan dari BUMN.

Memang dukungan pemerintah kepada UMKM sangatlah dibutuhkan, apalagi di tengah pandemi wabah virus corona ini. Memang kondisi UMKM di tahun ini sangat berbeda dengan tahun 1998 dimana Indonesia juga mengalami krisis ekonomi. Pada tahun itu, justru UMKM dapat bertahan di tengah kondisi yang sangat tidak kondusif.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian BUMN menginisiasi lahirnya PaDi UMKM. Untuk pengadaan barang dan jasa BUMN dengan nominal maksimal Rp14 milliar akan diprioritaskan kepada UMKM melalui PaDi UMKM. PaDi UMKM juga diharap menjadi jalan bagi UMKM untuk memperluas akses pasar hingga tahap internasional.

Selain PT. Telkom Indonesia, delapan BUMN lainnya seperti Pembangunan Perumahan (PP), Waskita Karya, Wijaya Karya (Wika), Pupuk Indonesia (PI), PT. Pertamina, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) akan bertindak sebagai pengarah pada delapan kelompok kegiatan UMKM. Termasuk juga di dalamnya UMKM yang diasuh dalam program pembinaan Rumah BUMN dan Community Development Center (CDC) tiap-tiap BUMN.

Untuk program pembiayaan/penyedia dana UMKM di fase awal ini akan disiapkan oleh BRI, Pegadaian dan PNM. Nantinya akan dikembangkan oleh BUMN Perbankan (Bank Himbara) dan lembaga keuangan lainnya di dalam fase berikutnya.

Kabar gembiranya, di tahun 2021 nanti selama 2 quartal (hingga bulan Juni 2021) 30 BUMN diwajibkan untuk melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN melalui PaDi UMKM. Sementara dari bulan Juli hingga Desember, semua BUMN akan diharuskan untuk melakukan transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN di PaDi UMKM.

Keuntungan yang diberikan dengan hadirnya PaDi UMKM sangat dirasakan bagi UMKM, BUMN dan juga tentunya pemerintah. Diharapkan PaDi UMKM dapat membantu UMKM untuk mendapatkan omset yang lebih luas dan memudahkan mereka dalam mengelola toko mereka dengan sistem yang terintegrasi dengan beberapa markteplace.

Selain itu juga akan ada insight  yang didapatkan untuk peningkatan kualitas produk UMKM. Keuntungan selanjutnya adalah kemudahan untuk pembiayaan atau permodalan UMKM.

Keuntungan bagi BUMN tentunya adalah kemudahan melakukan pengadaan barang dan jasa dengan seller  UMKM yang terverifikasi dengan baik dan monitoring procurement  yang jelas.

Sementara bagi pemerintah tentunya PaDi UMKM dapat menjadi dasar yang kuat untuk peningkatan ekonomi nasional (ekonomi rakyat). PaDi UMKM juga akan memberikan data-data yang valid terkait profil UMKM dan pemetaan usaha rakyat. Pemerintah melalui Kementerian BUMN juga tentunya dapat memonitor kontribusi belanja BUMN terhadap UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

Bagi yang ingin bergabung dengan PaDi UMKM, silahkan daftar PaDi UMKM di sini!