Apa itu sunburn speedometer?

Mungkin tidak semua orang pernah mendengar pernyataan satu ini, tetapi tidak sedikit yang udah mendengar dan meyakininya, yakni motor bersama speedometer digital Flow Meter Tokico tidak boleh sangat lama atau sering ditaruh di bawah sinar matahari langsung. Hal itu dikhawatirkan bisa mengakibatkan kerusakan kelistrikan terhadap proses digitalnya tersebut. Untuk sadar jawabannya, review penjelasan singkatnya berikut.

Apa itu sunburn speedometer?

Seperti yang tertulis terhadap namanya, sunburn yang punya artian terbakar matahari dan speedometer adalah alat untuk mengukur kecepatan, disimpulkan sebagai pengukur kecepatan terhadap motor yang terbakar matahari atau di dalam artian sederhana adalah speedometer yang terpasang terhadap motor jadi rusak gara-gara paparan panas sinar matahari.

Benarkan anggapan bahwa matahari bisa mengakibatkan kerusakan speedometer digital?
Jawabannya adalah tergantung seberapa lama motor yang perihal berada di bawah sinar matahari. Apabila hanya maksimal 1 jam saja, ada kemungkinan tidak ada dampak yang signifikan. Akan tetapi dapat jadi benar saat Anda tempatkan motor bersama speedometer digital di bawah sinar matahari langsung di dalam jangka pas lama dan secara konsisten menerus atau setiap hari, maka hal selanjutnya bisa sebabkan komponennya jadi rusak.

 

Penyebab sunburn speedometer

Tanda berasal dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apa pun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter terhadap lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar gara-gara panas sinar matahari. Dengan terbakar dan jadi rusaknya polarizer tersebut, maka peranti itu tidak bisa menampilkan segala suatu hal secara digital terhadap layar panel.

 

Jangan mengganti filter polarizer secara manual

Memang ada kalanya jadi udah sadar mesin dan kelanjutannya berani mengganti filter poralizer selanjutnya secara manual. Hal selanjutnya sangat tidak dianjurkan gara-gara ada kemungkinan proses terhadap filter polarizer selanjutnya tidak bisa lagi normal layaknya rakitan awal pabrik. Oleh karena itu dianjurkan sekali untuk membawanya ke dealer resmi daripada wajib membetulkan sendiri atau membawanya ke bengkel umum.

 

Harga berasal dari filter polarizer baru

Harga berasal dari filter polarizer baru setiap motor berbeda-beda, hal selanjutnya disebabkan besar kecilnya ukuran panel layar dan komponen pendukungnya. Namun jikalau dipakai sebagai parameternya saja, maka harga berasal dari filter polarizer baru kurang lebih sebesar Rp1 jutaan.

 

Cara atasi sunburn polarizer

Tidak ada cara yang sangat tehnis untuk bisa menanggulangi permasalah sunburn speedometer tersebut. Cara teraman hanya satu adalah bersama tidak tempatkan motor bersama proses speedometer digital di bawah sinar matahari secara langsung di dalam jangka pas lama. Apabila terpaksa wajib ditaruh di bawah sinar matahari, maka memanfaatkan penutup sehingga tidak secara langsung terkena paparan panas.