Wed. Dec 2nd, 2020

Adakah yang lebih baik daripada streaming lagu favorit kita secara gratis? Ya, ada banyak aplikasi dan layanan yang menyediakan lagu untuk didengarkan secara gratis. Sebut saja Spotify, Rdio, Pandora, dan Youtube.

Bagaimana jika Anda menginginkan lebih dari sekadar streaming musik secara gratis? Terkadang kita juga ingin menyimpan lagu favorit kita di smartphone agar bisa didengarkan lagi dan lagi. Ya, dengan mendownload dan menyimpan kita bisa mendengarkannya kapan saja, bahkan saat tidak ada koneksi internet.

Nah, beberapa aplikasi download lagu di perangkat android bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin download lagu favorit dengan mudah. Beberapa aplikasi untuk mengunduh lagu ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store.

Namun, perlu diketahui bahwa lagu gratis yang biasanya Anda unduh secara gratis mungkin tidak memiliki izin hak cipta dari pemilik atau distributor lagu. Jadi pastikan Anda memiliki izin Cretive Commons atau Copyleft sebelum mengunduh file MP3. Berikut adalah daftar aplikasi untuk mengunduh lagu melalui perangkat berbasis Android tersebut.

Spotify

Dalam beberapa bulan terakhir, Spotify resmi masuk ke Indonesia. Kehadiran aplikasi ini disambut baik oleh pengguna Android di Indonesia. Pasalnya, Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang sangat mendunia. Selain itu, lagu-lagu yang tersedia di Spotify selalu terbarui.

Spotify adalah aplikasi untuk streaming musik. Namun, jika Anda membeli fitur premium aplikasi ini, Anda dapat mengunduh musik favorit Anda untuk didengarkan secara offline. Untuk membeli fitur premium ini, Anda hanya perlu membayar 50.000 rupiah per bulan.

Musik JOOX

JOOX Music merupakan pesaing dari Spotify, dimana aplikasi ini juga mempunyai fungsi untuk streaming musik dan mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline. Sama seperti Spotify, kamu perlu membeli fitur JOOX VIP terlebih dahulu agar bisa mendownload lagu secara offline.

Harga JOOX VIP adalah 25.000 untuk 1 minggu, 49.000 untuk 1 bulan, 139.000 untuk 3 bulan, 259.000 untuk 6 bulan dan 509.000 untuk 12 bulan. Selain itu, dengan membeli JOOX VIP, Anda dapat memutar musik sesuka hati dan tanpa prinsip mixing dan streaming musik dengan kualitas yang jauh lebih baik.

4shared

Selain mengunduh video dan gambar, aplikasi 4shared juga dapat digunakan sebagai tempat untuk mengunduh lagu-lagu favorit Anda. Mengunduh lagu dari 4shared juga cukup mudah.

Anda kemudian dapat memasukkan identitas Anda menggunakan akun Facebook atau Gmail Anda. Setelah itu kamu bisa langsung mencari lagu yang ingin kamu download. Kemudian klik Unduh untuk lagu yang ingin Anda simpan. Selain itu, 4shared memiliki berbagai macam kapasitas lagu yang mungkin ingin Anda unduh.

YouTube Music

Berkat YouTube Music, kini lebih mudah untuk mengetahui lagu mana yang sedang tren. Ini adalah aplikasi yang menggunakan nama besar YouTube. Jadi tidak ada alasan untuk meragukan kualitas dan fungsinya. Anda yang akrab dengan Spotify atau Joox juga akrab dengan antarmuka pengguna mereka.

Dengan fungsinya, Anda dapat mendengarkan lagu favorit Anda dengan aman. Aplikasi nanti mempelajari kebiasaan Anda dan merekomendasikan lagu lain jika sesuai dengan selera pendengar. Anda tidak hanya dapat mendengarkan lagu yang direkam secara resmi, tetapi Anda juga dapat mencari berbagai cover atau rekaman konser.

Ada juga fitur cari lagu dengan snippet buat kamu yang belum tahu judulnya. Menyenangkan Sayangnya, seperti Spotify dan Joox, Anda perlu langganan premium untuk mengunduh lagu. Untungnya, Anda masih dapat menggunakan uji coba gratis selama satu bulan lagi.

Google Play Musik

Tentu dari namanya bisa dibilang aplikasi ini masih saudara kandung dari Play Store. Ya, Google Play Music adalah andalan semua perangkat berbasis Android untuk mengunduh lagu-lagu favorit.

Sekilas, aplikasi ini mirip dengan iTunes milik Apple, tapi tidak identik. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengupload musik Anda sendiri untuk didengarkan di perangkat Android Anda. Google Play Musik memiliki akses ke lebih dari 30 juta lagu.

Aplikasi Google Inc. telah diunduh 5 juta kali oleh pengguna Android. Selain itu, beberapa review pada halaman aplikasi ini menyiratkan bahwa pengguna akan puas ketika menggunakan Google Play Musik untuk mengunduh lagu favoritnya.

Itulah beberapa referensi aplikasi download mp3 gratis yang bisa digunakan dengan mudah. Tidak perlu bingung lagi untuk urusan mengunduh lagu, semuanya hanya memerlukan beberapa langkah saja.