Mon. Mar 1st, 2021

Tim Berners-Lee adalah pendiri World Wide Web pada tahun 1989. Tim Berners-Lee adalah lulusan Universitas Oxford di Inggris. Saat belajar di Oxford, ia mampu membuat komputer sendiri dari TV elektronik bekas. Dia adalah Dewan Pendiri 3Com di Laboratorium Ilmu Komputer, MIT.

Setelah lulus dari Oxford pada tahun 1976, Tim Berners-Lee bekerja di Plessy Telecommunications Ltd. di bidang sistem transaksi terdistribusi, relai pesan dan teknologi barcode. Pada tahun 1978, Tim Berners-Lee bergabung dengan D.G Nash Ltd. di mana dia menciptakan perangkat lunak untuk printer pintar dan Sistem Operasi Multitasking.

Seputar low cost web design services dan juga best shared cloud hosting, bisa Anda baca pada tautan tersebut, silahkan bisa di klik.

Selain itu, Tim Berners-Lee juga membuat program browser dan server WWW pertama di dunia. Saat ini, browser yang paling umum digunakan adalah Internet Explorer, Netscape dan Mozilla. Berners-Lee juga menulis perangkat lunak yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

Semua aplikasi saat ini digunakan oleh banyak orang untuk membuat konten situs dan informasi protokol tentang bagaimana bisa ditemukan di Internet dan berkomunikasi satu sama lain. Makanya, Tim Berners-Lee dipercaya menjadi direktur World Wide Web Consortium.

Penemuan Tim Berners-Lee untuk World Wide Web dimulai ketika dia bekerja di CERN, sebuah laboratorium fisika partikel Eropa pada tahun 1980. Saat itu dia hanya memiliki kontrak selama 6 bulan sebagai insinyur perangkat lunak.

Karena CERN adalah lembaga multinasional, Berners-Lee ingin membuat perangkat lunak yang dapat menghubungkan data dan informasi yang perlu dibuat dengan peneliti lain. Berners-Lee kemudian memilih software Enquire, kependekan dari Enquire Inside Through ALL, judul ensiklopedia yang ia ingat sejak kecil.

Perangkat lunak tersebut kemudian dikembangkan di luar CERN, sehingga pada akhirnya tumbuh secepat perkembangan jaringan Internet itu sendiri.

Pada tahun 1991 Berners Lee kemudian memperkenalkan browser pertama. Walaupun browser ini belum banyak digunakan oleh media WWW, selama beberapa tahun Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer yaitu Mosaic.

Jika Marc Andressen atau ilmuwan lain bisa menjadi jutawan karena dia diciptakan, Tim Berners-Lee akan memilih untuk tidak mematenkan penemuannya dan tetap konsisten di bidang penelitian dan pengembangan teknologi. Sikap rendah hati ini nyatanya menimbulkan kekaguman dan pujian dari banyak pihak.

Di antara mereka adalah Ratu Elizabeth II sendiri, seorang ksatria. Selain itu, Berners-Lee juga menerima Millennium Technology Prize yang merupakan penghargaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Selain itu, penerima penghargaan ini adalah pemenang pertama dari hadiah tahunan dari Finnish Technology Awards Foundation.

Tim Berners Lee saat ini menjabat sebagai Direktur World Wide Web Consortium (W3C), yang berbasis di Massachusetts Institute of Technology. W3C sebagai organisasi memiliki 400 anggota staf dengan sekitar 40 orang yang tersebar di seluruh dunia.

Tujuan dari World Wide Web Consortium sendiri adalah untuk menciptakan teknologi yang dapat dioperasikan, membuat spesifikasi, aturan, membuat berbagai perangkat lunak dan alat lain yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuan tersebut, World Wide Web.

Anggota World Wide Web Consortium termasuk Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan lainnya. Ia bekerja sama untuk mengembangkan teknologi yang menggunakan WWW yang dapat digunakan oleh banyak orang. Dengan kata lain, tujuan membuat World Wide Web Anda sendiri adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan dengan manusia lain secara universal.

By imindo