Thu. Dec 3rd, 2020
Ayo Bunda Asah Kemampuan Kognitif Anak dengan Cara yang Menyenangkan

Ada beberapa tahap perkembangan yang harus dilewati oleh seorang anak. salah satu perkembangan tersebut adalah perkembangan kognitif. Di mana perkembangan ini berhubungan dengan kecerdasan anak. Nah, agar anak bisa melewati perkembangan kognitif dengan baik, maka orang tua harus melatih kemampuan kognitif pada anak sedini mungkin.

Di mana dengan melatih atau mengasah kemampuan kognitif anak, anak akan mampu berpikir, mengingat, mengolah informasi, memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan baik. Lalu, bagaimana caranya mengasah kemampuan kognitif anak? Di sini bunda bisa menggunakan cara yang menyenangkan loh.

Berikut ini cara mengasah kemampuan kognitif anak dengan cara yang menyenangkan.

5 Cara Mengasah Kemampuan Kognitif Anak yang Menyenangkan

  1. Bermain Puzzle

Anak usia dini masih sangat suka untuk bermain. Salah satunya adalah bermain puzzle. Bunda harus tahu nih, kebiasaan anak dalam bermain puzzle ternyata bisa mengasah kemampuan kognitif anak. Hal ini karena anak akan mencoba berpikir dan mencari strategi agar anak mampu menyusun puzzle dengan benar dan waktu yang singkat.

  1. Berhitung

Selain bermain atau menyusun puzzle, Bunda juga bisa mengasah kemampuan anak dengan cara belajar berhitung. Di sini Bunda harus menggunakan cara yang menyenangkan agar anak tidak merasa bosan, sehingga si anak tidak enggan untuk belajar berhitung.

Bunda bisa mengajari anak belajar berhitung dengan cara bermain. Dalam hal ini Bunda bisa menggunakan benda yang bisa menarik perhatian anak, seperti mainan, atau snack kesukaannya. Hal ini bertujuan agar anak bisa memusatkan atau memberikan perhatian lebih pada pelajaran berhitung yang Bunda berikan.

  1. Bernyanyi

Mengasah kemampuan kognitif pada anak bisa dilakukan dengan cara bernyanyi loh. Di sini Bunda bisa mengajak anak untuk bernyanyi bersama. Dengan bernyanyi, Bunda bisa melatih anak untuk mengingat lirik dari lagu yang dinyanyikan.

  1. Tawarkan Pilihan Pada Anak

Cara selanjutnya yang bisa Bunda lakukan untuk melatih kemampuan kognitif anak adalah dengan Bunda menawarkan sebuah pilihan pada anak. Hal ini bisa Bunda mulai dengan menawarkan pakaian yang akan anak pakai. Kemudian, Bunda bisa menawarkan beberapa makanan yang akan disantap oleh si anak.

Dengan memberikan kesempatan pada anak untuk memilih, Bunda bisa melatih anak untuk berpikir, pilihan mana yang akan anak pilih. Kemudian, memberikan penawaran pada anak juga bisa membuat anak mampu mengambil keputusan.

  1. Membacakan Cerita

Apakah Bunda mempunyai kebiasaan membacakan cerita kepada anak sebelum tidur? Jika iya, maka Bunda harus mempertahankan kebiasaan baik yang satu ini. Kenapa membacakan cerita sebelum tidur disebut kebiasaan yang baik?

Di sini ada beberapa alasannya. Pertama,membacakan cerita sebelum tidur pada anak bisa membuat anak mempunyai kemampuan mengingat yang bagus. Kedua, dari cerita yang dibacakan, anak akan mampu mengolah informasi dengan baik. Terakhir, kebiasaan membacakan cerita mampu membuat anak untuk berpikir kritis tentang cerita tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk melatih kemampuan kognitif pada anak. Selamat mencoba Bunda, dan terus kembangkan kemampuan kognitif anak dengan cara yang menyenangkan.

By imindo