Biaya, Cara dan Syarat Nikah Di Kua Secara Online

Nikah di KUA, Ini Tata Cara, Biaya dan Syarat Terbaru 2021

Dewasa ini banyak sekali pasangan yang ingin melanjutkan hubungan ke ranah yang serius dan sah secara hukum. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menikah sebab pernikahan merupakan hubungan atau ikatan yang sah dan resmi. Sehingga perlu sekali untuk melangsungkan pernikahan ke kua untuk mendapatkan akta nikah yang sah dan resmi. Perlu diingat bahwasannya untuk melangsungkan pernikahan perlu sekali mempersiapkan beberapa persyaratan ya g harus dipenuhi sehingga ketika akad nikah berlangsung sudah berjalan dengan lancar. Hal yang perlu diketahui bahwa pernikahan juga membutuhkan biaya yang digunakan untuk resepsi maupun mengurus akta nikah. Selain itu terdapat beberapa cara dan syarat nikah di kua yang telah ditetapkan dari pihak kua sehingga harus dilaksanakan sebelum pernikahan berlangsung. Hal itu menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan jauh jauh hari sebelum melakukan pernikahan.

Berdasarkan undang undang tentang perkawinan, pernikahan adalah  sah apabila dilakukan sesuai dengan hukum masing masing agama atau kepercayaan. Pernikahan  yang dilakukan tersebut harus telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan terlebih dahulu sehingga membantu Anda untuk melangsungkan pernikahan sesuai dengan apa yang diinginkan. Apalagi ketika musim pandemi saat ini yang mana sering kali menunda pernikahan ataupun melangsungkan pernikahan secara sederhana dan online. Hal itu bermaksud untuk tidak menimbulkan banyak orang berkumpul dan tidak menyebarkan virus secara luas. Oleh karenanya perlu dilakukan beberapa cara yang paling efektif untuk melangsungkan pernikahan secara sah dengan pernikahan di kua secara online dan lebih meminimalisir pengeluaran dana untuk biaya pernikahan.

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Daftar Menikah

Melihat hal tersebut maka penting sekali untuk mengetahui bagaimana tata cara dan syarat nikah di kua dengan lebih mudah dan efektif. Hal itu dapat memudahkan Anda untuk melakukan pernikahan yang sesuai dengan keinginan dan waktu yang telah ditentukan sehingga bisa membuat Anda merasa lebih senang dan bahagia dengan pernikahan yang lancar dan resmi. Untuk persyaratan yang telah ditentukan dari pihak kua adalah sebagai berikut.

  1. Fotocopy identitas asli dari kedua pasangan tersebut yaitu akta lahir, kartu tanda penduduk dan kartu keluarga yang akan digunakan sebagai identitas di akta nikah.
  2. Pas photo ukuran 2×3 dan 4×6
  3. Surat pengantar dari desa yang menyatakan bahwa aslindari daerah tersebut dan menyatakan untuk melakukan pernikahan.
  4. Akan tetapi jika waktu yang diajukan kurang dari 10 hari maka harus meminta surat rekomendasi dari kantor kecamatan setempat.
  5. Surat persetujuan dari kedua calon mempelai yang menyatakan mengetahui dan menyetujui terkait pernikahan tersebut.

Biaya Dan Alur Mengurus Pernikahan Di Kua

Untuk itu ketika sudah mempersiapkan persyaratannya Anda bisa dengan mudah melanjutkannya di kua untuk diproses selanjutnya. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang harus diketahui mengenai biaya, cara dan syarat nikah di kua sekarang ini. Apalagi ketika musim pandemi saat ini harus menunjukkan surat keterangan sehat dari pihak kesehatan setempat baik rumah sakit maupun puskesmas. Bahkan juga terdapat beberapa bimbingan pranikah dari pihak kua setempat untuk memberikan arahan dan materi pernikahan. Untuk caranya Anda bisa langsung datang ke kua setempat dengan membawa berkas yang telah dipersiapkan dan juga bisa melangsungkan akad nikah secara langsung disana. Ketika ingin melakukannya di luar jam operasional kantor atau di luar kantor harus membayar biaya sebesar 600.000 rupiah.