Cara Benar Menggunakan Generator Portabel

 

Ketika listrik padam dan ada kebutuhan besar untuk menjaga agar benda tetap bergerak dan bekerja, Anda harus menggunakan dan menyiapkan generator portabel Anda.

Genset portabel umumnya digunakan sebagai sumber listrik sementara untuk keadaan darurat setelah bencana seperti angin topan atau angin puting beliung. Generator portabel membuat mesin dan lampu tetap menyala jika ada kebutuhan untuk penyelamatan dan pengambilan terutama pada malam hari.

Namun, bila digunakan secara tidak benar, generator portabel mungkin berbahaya bagi manusia. Inilah sebabnya, merupakan tanggung jawab besar untuk menjaga penggunaan generator portabel dalam urutan yang benar.

Ada 4 bahaya utama yang dapat ditimbulkan oleh generator portabel:

1. Karbon monoksida pelepasan CO dari knalpot generator,

2. Kebakaran yang umumnya disebabkan oleh pengisian bahan bakar yang tidak tepat,

3. Sengatan listrik atau sengatan listrik yang disebabkan oleh koneksi yang salah atau penggunaan daya yang tidak tepat untuk menghasilkan perangkat lain, dan

4. Bahaya getaran dan kebisingan.

Karbon monoksida adalah sejenis gas yang bersifat racun. Lebih sering daripada tidak, orang meninggal karena mati lemas karena karbon dioksida karena sifatnya yang tidak terdeteksi. Tidak seperti gas lainnya, karbon dioksida tidak berwarna dan tidak berbau sehingga lebih sulit untuk dideteksi.

Untuk menghindari keracunan Genset 10 KVA karbon dioksida, simpan pembangkit portabel di tempat yang memiliki ventilasi yang baik. Jangan pernah meletakkannya di tempat yang dekat seperti kamar, ruang bawah tanah, atau garasi. Jangan pernah meletakkannya di samping jendela, pintu, atau di dekat bukaan tempat orang mungkin tinggal. Ingatlah bahwa jendela atau pintu yang terbuka tidak menjamin pencegahan penumpukan karbon dioksida jika Anda menjalankannya di dalam ruangan. Generator portabel juga dapat memasuki pintu atau jendela yang terbuka meskipun dijalankan di luar ruangan. Jika seseorang mengalami gejala keracunan karbon dioksida termasuk pusing, mual, sakit kepala dan kelelahan, jauhkan orang tersebut di tempat terbuka di mana ia bisa mendapatkan udara segar.

Generator seperti mesin mobil. Dan ketika mesin hidup, mereka menjadi panas. Sama seperti generator lakukan. Tapi tidak seperti mesin mobil, Anda tidak dapat mengisi bahan bakar generator saat berjalan atau bahkan segera setelah dimatikan karena tetap panas untuk waktu yang lama. Biarkan generator mendingin sebentar. Isi bahan bakarnya jika suhunya aman. Kebakaran juga terjadi bahkan sebelum Anda berniat untuk mengisi bahan bakarnya. Ini merujuk terutama ketika wadah bensin Anda terletak di dekat atau di samping generator. Seperti yang dikatakan, generator menghasilkan panas. Panas dapat mempengaruhi suhu bahan bakar jika ditempatkan di samping generator. Jauhkan wadah bahan bakar di dekat generator atau di tempat yang dapat menyerap panas. Dan jauhkan perangkat penghasil panas dari bahan bakar.

Pertimbangkan generator seperti sumber listrik biasa Anda. Karena generator tidak memiliki perangkat pengaman seperti pemutus arus dan transformator, mereka lebih berbahaya jika seandainya Anda tersengat listrik. Untuk menghindari hal ini terjadi, jaga agar setiap koneksi tetap bersih dan bersih. Hindari kekusutan atau koneksi yang tidak perlu dan tidak aman. Jangan pernah biarkan generator Anda bekerja di bawah hujan. Jaga agar generator tetap kering sebanyak mungkin. Gunakan kanopi untuk penutup jika hujan. Jangan pernah mencoba menghubungkan perangkat apa pun tanpa alas kaki. Dan jangan pernah menggunakan perangkat listrik basah dalam segala situasi.

Generator portabel membuat kebisingan dan bergetar. Sebisa mungkin, jauhkan dari pusat tempat kerja. Jika Anda kebetulan bekerja di dekat generator portabel, kenakan pelindung telinga yang diperlukan.

Dengan serangkaian saran ini, Anda dapat menyelamatkan diri sendiri dan orang lain dari bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh generator portabel.