Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan File

Software

Anda pernah mengalami saat keadaan windows anda lagging atau bahkan hang dan crash?Windows 10 versi berapa pun melambat dan berkinerja lebih buruk karena berbagai alasan. Perlambatan, macet, tidak responsif, dan masalah serupa biasanya mulai terjadi karena usia PC dan penggunaan yang tinggi. Namun dengan cara ini akan mengatasinya yakni install ulang windows 10.

Namun, gejala yang sama dapat terjadi karena infeksi virus atau malware. Dalam hal ini, kami menyarankan Anda memeriksa sistem Anda dengan program anti-malware yang kuat, seperti malwarebytes.

 

Masalah umum lainnya di Windows adalah Blue Screen of Death (BSOD). Menghadapi BSOD bukanlah pengalaman yang menyenangkan, karena pengguna berisiko kehilangan semua data yang belum mereka simpan. Pembekuan sistem ini biasanya terjadi karena masalah driver, corrupt Konfigurasi Data Startup, masalah registri, infeksi virus, dan masalah serius lainnya.

 

Pengguna melihat layar biru yang menunjukkan deskripsi kesalahan dan kode tertentu. Karena sistem tidak merespon, pengguna tidak punya pilihan selain me-restart komputer mereka. Dalam beberapa kasus, Windows dapat secara otomatis memperbaiki kesalahan sistem dan melakukan pemulihan penuh.

Beberapa dari kesalahan ini memiliki solusi yang komprehensif, sementara yang lain hampir tidak dapat diperbaiki secara manual, jadi menginstal ulang atau memulai ulang Windows dianggap sebagai satu-satunya solusi

 

Alasan utama orang memutuskan untuk bertahan dengan PC yang lambat, kesalahan, BSOD, dan masalah lainnya adalah untuk menyimpan data pribadi. Dengan kata lain, pengguna Windows tidak memiliki salinan cadangan, dan itulah sebabnya mereka tidak ingin menghapus semua informasi yang tersimpan di perangkat.

 

Anda tidak perlu menghapus semua file untuk kembali install ulang Windows 10 anda. Langkah ini dapat dilakukan tanpa mempengaruhi data pribadi seperti foto, dokumen, video, musik, dan sebagainya. Karena versi Windows 10 adalah yang paling banyak digunakan saat ini,

Dalam artikel ini, akuh.net akan menjelaskan cara menginstal ulang Windows 10 tanpa menghapus data pribadi atau memulai ulang Windows 10 menggunakan Lingkungan Pemulihan Windows.

 

Instal ulang Windows 10 tanpa menghapus data

 

  • Buka situs web resmi Microsoft dan unduh file ISO. Siapkan perangkat USB yang berisi penyimpanan minimal 4GB dan buat media instalasi bootable Windows 10. Anda juga dapat menggunakan DVD Windows 10. Jika sudah memilikinya, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Masukkan USB atau DVD Anda dengan Media Instalasi Windows dan mulai komputer Anda.
  • Buka PC ini dan klik kanan pada perangkat USB atau DVD, misalnya yang berisi Media Instalasi Windows.
  • Pilih Buka dan klik file Setup.exe.
  • Klik Ya di jendela Kontrol Akun Pengguna.
  • Anda sekarang akan melihat jendela dengan opsi berikut: Unduh dan instal pembaruan (disarankan) dan Tidak sekarang.
  • Disarankan untuk memilih opsi Unduh dan instal pembaruan (disarankan). Koneksi Internet diperlukan untuk menjalankan pengunduhan otomatis pembaruan Windows.
  • Jika Anda tidak ingin berbagi informasi tentang menginstal Windows 10 dengan Microsoft, pastikan untuk menghapus centang pada kotak Saya ingin membantu membuat instalasi Windows ini lebih baik di bagian bawah jendela.
  • Setelah selesai, klik Next.
  • Jika Anda telah memilih Unduh dan instal pembaruan (disarankan), harap bersabar dan tunggu hingga sistem memeriksa pembaruan.
  • Saat jendela baru dengan persyaratan Lisensi muncul, baca semuanya dengan cermat dan klik Terima untuk melanjutkan.
  • Sistem akan secara otomatis memeriksa apakah PC Anda kompatibel dengan Windows 10 dan apakah penyimpanannya mencukupi. Jika semuanya baik-baik saja, Anda akan diminta untuk mengklik Selesai untuk menginstal. Klik pada opsi Ubah apa yang harus disimpan.
  • Jika Anda ingin menyimpan data dan file, pilih Simpan file dan aplikasi pribadi atau Simpan hanya pribadi.
  • Klik Instal untuk memulai penginstalan.
  • Ketika Windows 10 diinstal ulang, Anda harus memilih negara, bahasa, input keyboard, dan zona waktu dengan benar. Pastikan Anda melakukannya dengan benar.
  • Terakhir, Anda harus masuk ke akun Microsoft Anda. Jika Anda tidak ingin menggunakannya atau tidak memilikinya, buat akun pengguna lokal.

Catatan: akuh.net sarankan untuk tidak memilih opsi pertama, karena jika komputer Anda tidak berfungsi dengan baik, penyebabnya mungkin aplikasi yang tidak diinstal dengan benar atau program yang mungkin tidak diinginkan

 

Mulai ulang Windows 10 tanpa kehilangan data apa pun

TIPS: Cabut semua perangkat USB sebelum melanjutkan.

Anda dapat mencoba memulai ulang Windows 10 tanpa menginstal ulang dan melihat apakah itu meningkatkan kinerja PC:

  • Tekan tombol Shift ketika Anda mengklik tombol Restart
  • Windows akan masuk ke Recovery Environment dimana Anda bisa mengakses System Repair, Safe Mode, dll.
  • Pilih Pemecah Masalah> Opsi Lanjutan> Mulai ulang PC ini
  • Anda akan diminta untuk memilih salah satu opsi berikut: Simpan file dan aplikasi saya, Simpan file saya, Jangan simpan apa pun
  • Pilih opsi kedua dan tekan Restart
Itulah Cara Instal Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan File yang kami ulas kali ini semoga bermanfaat