Sun. Apr 18th, 2021

Daftar isi merupakan hal yang wajib dalam sebuah buku, skripsi ataupun untuk sebuah laporan sekalipun. Namun ada kalanya, membuat daftar isi ini cenderung sulit dilakukan. Sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menulis secara manual. Yang tentunya akan nampak tidak rapi. Namun kini, Anda tak perlu susah payah untuk melakukannya. Karena ada cara membuat daftar isi di MS Word baik itu tentang android maupun desktop, tetapi sesuai judul kali ini disini saya akan membuat untuk versi dekstop.

Inilah Cara Membuat Daftar Isi Di MS Word Secara Otomatis

Jika Anda telah mengetahui bahwa ternyata ada cara yang lebih mudah dalam membuat daftar isi. Dibandingkan dengan dilakukan secara menulis manual. Pastinya, Anda akan memilih cara yang termudah, bukan ?

Lalu bagaimana caranya ? tentu saja, Anda bisa menggunakan MS Word. Jadi selain bisa digunakan untuk melakukan pengetikan sebuah teks maupun dokumen. Ternyata, MS Word juga bisa digunakan untuk membuat sebuah daftar isi. Adapun cara untuk membuat daftar isi di MS Word ini, diantaranya :

1.Menentukan Heading

Langkah pertama untuk membuat sebuah daftar isi di MS word ini yaitu dengan menentukan heading. Untuk melakukannya, Anda perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:
– Drag sebuah kalimat ataupun kata yang akan dijadikan heading.
– Jika sudah di drag, maka langkah selanjutnya, Anda tinggal pilih menu style. Gunanya untuk mengatur letak dan fitur heading. Menu style ini berada di bagian pojok kanan atas. Yang terletak pada tab home.
– Atur semua heading yang akan digunakan. Dari mulai heading 1 sebagai judul utama. Heading 2 yang menjadi subheading ataupun sub bagian. Lakukan langkah tersebut, hingga dirasa semua heading dan subheading tersebut telah ada dalam daftar isi tersebut.
– Setelah heading dan subheading telah masuk ke dalam kolom. Maka cara membuat daftar isi di MS Word selanjutnya, yaitu Anda tinggal mengatur ukuran font, jarak antar kalimat, ketebalan font, dan yang lainnya.
– Adapun cara untuk mrngatur font ini, bisa Anda lakukan dengan cara memilih popup menu style. Dilanjutkan dengan memilih heading yang ingin diatur fontnya, kemudian klik sebuah tanda panah. Dan klik menu option.

2. Menyisipkan Daftar Isi

Setelah Anda mengatur heading dan juga subheading, maka Anda bisa segera menyisipkan daftar isi yang akan dibuat. Caranya kurang lebih seperti berikut ini:
– Di halaman utama MS WORD, Anda akan melihat beberapa tampilan menu. Namun, Anda hanya perlu memilih menu References.
– Setelah Anda memilih menu tersebut, Anda bisa melanjutkan dengan mengklik menu Table of Contents.
– Saat menu Table of Contents terbuka, maka Anda akan melihat beberpa opsi. Diantaranya opsi automatic table 1, automatic table 2 serta manual table.
– Anda bisa memilih salah satu opsi yang tersedia disana. Namun karena kali ini, yang dibahas mengenai cara membuat daftar isi di MS Word secara otomatis. Tentunya, Anda bisa memilih opsi automatic table 1 ataupun automatic table 2.
– Selanjutnya Anda tinggal mengklik kolom daftar isi. Kemudian dilanjutkan dengan mengklik menu update table. Dan secara otomatis, daftar isi serta angka halaman, akan ikut terisi.
– Untuk menu update table ini, Anda bisa menemukannya di pojok kiri atas.

Demikian cara membuat daftar isi di MS Word secara otomatis. Jadi, jika Anda sudah mengetahui bahwa ternyata ada cara yang lebih mudah untuk membuat daftar isi ini. Maka tentunya, Anda tidak perlu repot-repot untuk menulis secara manual, bukan ?

By sativa