Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Spreadsheet

Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Spreadsheet

Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Spreadsheet

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah spreadsheet? Pernahkah Anda membayangkan bahwa 90 persen pekerjaan kantor terkait data dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan spreadsheet? Jika Anda masih memproses data secara manual sepanjang waktu, Anda membuang-buang waktu.

Google Sheets memiliki begitu banyak rumus dan fungsi yang pada dasarnya dapat menangani kasus apa pun yang bisa dibayangkan. Tinggal bagaimana kita menggunakan formula dan pendekatan yang tepat.

Mungkin Anda jarang menggunakan spreadsheet, tetapi sekarang Anda membutuhkannya, ini sempurna karena Bibit akan melihat bagaimana membuat laporan keuangan dengan Google Sheets, atau apa yang akan segera kami lakukan hanya dalam satu spreadsheet. Spreadsheet paling sering digunakan oleh para profesional dan akuntan untuk dengan mudah melakukan perhitungan dan rumus pada kumpulan data besar.

Cara Menggunakan Google Sheets

Artikel ini akan fokus pada penggunaan Google Spreadsheet. Bahkan jika Anda tidak tahu cara menggunakan Google Spreadsheet, panduan ini akan membantu Anda memulai dan berpikir tentang bekerja dengan data. Sebelum Anda fokus menggunakan Google Spreadsheet, berikut adalah beberapa alasan mengapa spreadsheet unik jika dibandingkan dengan jenis dokumen lain untuk mengelola proyek dan proses:

  • Spreadsheet sangat skalabel, dengan baris dan kolom praktis tak berujung yang dapat kamu tambahkan pada data.
  • Spreadsheets bersifat fleksibel, dengan kemampuan untuk memasang semua data data pada data bagian di dalam sel.
  • Spreadsheets menerima rumus dan fungsi sehingga kamu dapat mengambil data mentah dan membuat perhitungan.

Anda mungkin sudah familiar dengan aplikasi pembuatan spreadsheet seperti Microsoft Excel. Memang benar bahwa Excel adalah aplikasi spreadsheet yang paling populer dan banyak digunakan, tetapi Spreadsheet juga memiliki kelebihan. Manfaat nyata menggunakan Google Spreadsheet adalah semuanya terjadi di cloud. Perangkat apa pun yang memiliki browser web atau akses ke aplikasi iOS dan Android dapat digunakan.

Spreadsheet juga ditautkan ke akun Google Drive Anda sehingga Anda dapat dengan mudah beralih perangkat dan terus mengerjakan proyek Anda. Integrasi drive ini berarti bahwa dokumen Anda selalu dicadangkan dan siap digunakan tanpa perangkat apa pun. Yuk, ikuti saja langkah-langkah untuk memulai spreadsheet atau google sheet.

  • Pertama, Untuk memulai Google Spreadsheet, Anda harus membuat Akun Google gratis terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda sudah menggunakan Gmail, Anda memiliki akses instan ke Google Spreadsheet.
  • Kedua, untuk membuat spreadsheet pertama Anda, klik tombol New dan pilih Google Sheets. Ini sekarang membawa Anda ke selembar kertas kosong yang dapat Anda mulai hanya dengan mengetuk sel yang tersedia. Ini adalah kanvas kosong yang siap untuk data datar, rumus, dan lainnya.

Rumus Yang Digunakan Google Spreadsheet

Salah satu cara untuk menjadi yang terdepan dalam membuat spreadsheet adalah dengan menggunakan template, file sel, rumus, dan ide yang telah dibuat sebelumnya untuk mengatur data Anda.

Ini bisa menjadi keuntungan besar dibandingkan membuat tabel dari awal. Sekarang mari kita lihat contoh sederhana rumus dan fungsi yang mengambil data di spreadsheet Anda dan mengubahnya dalam beberapa cara, salah satunya terlihat seperti ini:

  • Untuk mulai menulis rumus pertama kali, Anda dapat mengetikkan tanda sama dengan (“=”). Baca ringkasan dan panduan di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang template di Google Spreadsheet. = A1 + B1.

Berikut adalah beberapa rumus yang dapat Anda gunakan untuk bekerja dengan data:

  • Operator matematika dasar, seperti +, -, *, dan /.
  • Rumus transformasi teks seperti = UPPER, = LOWER, atau = TRIM (coba ini dengan teks untuk melihat efeknya!).
  • Fungsi tanggal, seperti =TODAY untuk mencetak tanggal, atau =MONTH untuk mendapatkan bulan dari tanggal tertentu.
  • Spreadsheet cukup pintar untuk membantu Anda memperluas formula dengan mudah. Setelah Anda menambahkan rumus pertama secara berurutan, Anda tidak perlu memasukkannya kembali untuk setiap baris. Arahkan kursor ke sudut sel, dan saat Anda melihat ikon berubah menjadi simbol “+”, klik dan seret ke bawah untuk memperluas rumus.

Penjelasan di atas memungkinkan kami untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan dengan lebih fleksibel dan lebih tepat dan pada saat yang sama untuk meningkatkan penggunaan Excel kami. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk lebih mengontrol keuangan pribadi atau rumah tangga Anda.

Sumber Artikel Terlengkap : htttps://sapamudik.id/