Cara Membuat Puisi Dengan Mudah Dan Cepat

Umum

Cara Membuat Puisi Dengan Mudah Dan Cepat. Kreativitas dan imajinasi dapat kamu tuang berbentuk apa saja, dimulai dari gambar, video, musik, kata kata rindu bahkan juga tulisan. Satu bentuk kreativitas dan imajinasi yang dituangkan ke bentuk tulisan ialah puisi.

Cara Membuat Puisi bagus
Cara Membuat Puisi bagus

Ke-2 hal itu memang salah satunya langkah membuat puisi atau my poem yang dapat kamu kerjakan, tetapi ada banyak kembali beberapa hal yang perlu kamu lihat.

Puisi ialah sebuah kreasi sastra yang berupa pernyataan isi hati dari penulis yang mempunyai irama, lirik, rima, dan irama pada tiap barisnya. Dibungkus dengan bahasa yang imajinatif dan diatur dalam kata yang padat dan penuh arti.

Dalam kesempatan ini kita akan mengulas langkah membuat puisi yang dapat kamu ketahui dan kuasai dengan gampang.

Langkah Membuat Puisi

Membuat puisi bukan lah hal yang gampang, ada beberapa beberapa hal yang perlu kamu lihat. Beberapa salah satunya ialah:

Topik dan Judul

Ialah hal yang pertama kalinya harus kamu lihat dalam membuat suatu puisi. Isi yang cocok, dapat mempermudah beberapa pembaca untuk pahami tujuan dari puisi itu. Pilih topik yang betul-betul menarik, dan seterusnya tetapkan judul yang terkait dengan topik itu.

Tetapkan Kata Kunci

Keyword menjadi sebuah kata yang dapat menolong kamu untuk menerangkan arti dari topik puisi kamu. Kamu tinggal mengembangkannya dalam sebuah kalimat atau larik puisi.

Pilihan kata

Pilihan kata atau penyeleksian kata ialah langkah kamu memberi sebuah kekhasan untuk puisi. Banyak puisi bagus yang memakai kalimat simpel, ada pula puisi bagus yang memakai pilihan kata yang unik. Tetapkan sendiri pilihan kata yang ingin kamu pakai, karena berikut langkah untuk memberikan kekhasan dari puisi kamu.

Rima

Rima ialah kesamaan bunyi atau pengulangan bunyi dalam puisi yang mempunyai tujuan untuk memberi dampak keelokan. Di bagian ini kamu bisa juga memberikan kreativitas kamu. Pakai rima untuk bikin puisi kamu jadi makin cantik.

Bait

Terdapat beberapa pilihan dari bait yang dapat kamu pakai, yakni:

  • distikon (puisi dengan masing-masing dua baris di tiap bait)
  • terzina (terdiri dari 3 baris per bait)
  • kuatren (empat baris per bait)
  • kuint (lima baris per bait)
  • sonata (terdiri dari 4 baris di masing-masing dua bait pertama dan tiga barus di masing-masing dua bait paling akhir).

Gunakan bait-bait ini sesuai kemauan kamu.

Bangun Puisimu

Proses setelah itu meningkatkan puisimu seindah kemungkinan. Tiap proses yang telah kamu lalui akan makin dinaikkan dengan proses peningkatan ini. Tidak boleh takut, tunjukkan kreativitas dan imajinasimu di sini.

Bikinlah Penutup yang Bagus

Akhir yang mengena ialah langkah yang bagus di dalam tutup sebuah puisi. Ini dapat memancing beberapa pembaca untuk membaca puisi lebih satu kali. Kamu bisa juga memberikan kreasimu dan pilih akhir puisi yang malah tidak bisa diduga oleh pembaca, atau membuat suatu “hal yang lain “diakhir.

Ringkasan

Kamu dapat mengikut langkah membuat puisi ini untuk hasilkan sebuah kreasi yang cantik dan bagus. Kamu perlu mengikut beberapa langkah di atas, dimulai dari pilih topik puisi, pilih pilihan kata, sampai membuat penutup puisi yang bagus Tunjukkan kreativitas yang kamu punyai dalam membuat puisi.

Apa ada sesuatu hal yang tidak kamu pahami? Bila ada, kamu dapat menuliskan di kotak kometar. Dan janganlah lupa untuk memberi pengetahuan ini pada orang banyak!