Cara Memilih Cincin Berlian Solitaire Yang Benar

Salah satu perhiasan yang populer adalah cincin berlian solitaire. Banyak sekali perempuan yang ingin memilikinya. Secara keseluruhan, tampilan dari perhiasan ini sangatlah menawan hati dan mata pastinya.

Cara Memilih Cincin Berlian Solitaire Yang Benar

Namun, bagaimana cara yang benar untuk memilih cincin berlian ini dengan baik. Terutama untuk kamu yang masih baru pertama kali ingin membeli cincin berlian ini. Apa saja yang harus ada dalam berlian solitaire milikmu.

Beberapa Jenis Pilihan Logam 

Setiap berlian pasti ditopang dengan logam, ketahui dulu jenis-jenis logamnya.

1. Emas

Logam berwarna kuning ini tentunya sudah tidak asing lagi. Emas kuning ini digunakan tidak hanya sebagai perhiasan saja. Tetapi sebagai alat untuk investasi jangka panjang.

2. Palladium

Logam yang satu ini cukup populer. Terutama untuk pria muslim yang tetap ingin mengenakan cincin. Biasanya pilihannya jatuh ke palladium ini, dikarenakan perhiasan dengan bahan dasar emas haram dikenakan pria muslim.

3. Emas putih

Cincin solitaire emas putih merupakan perpaduan yang banyak sekali digunakan toko perhiasan. Logam mulia yang satu ini tentunya sangat populer sekali di banyak kalangan.

4. Rose gold

Mungkin kamu bosan menggunakan warna logam untuk perhiasanmu dengan emas kuning ataupun emas putih. Rose gold bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. 

Warna yang lebih cantik menjadi salah satu hal yang menarik untuk dikenakan. Berbeda dengan warna-warna logam lainnya.

Tips Supaya Beli Berlian Solitaire Tidak Tertipu

Apa saja yang harus kamu lihat sebelum beli berlian. Simak berikut ini.

1. Kualitas Logam Cincin

Membeli perhiasan berlian, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas logam yang digunakan. Jangan hanya berfokus pada berliannya saja. Kamu harus paham berapa karat logam yang akan digunakan.

2. Tanyakan Garansi Perhiasan

Terkadang saat kamu sedang membeli atau memilih perhiasan kamu hanya berfokus kepada berlian solitaire saja. Sehingga terkadang ada hal yang terlewat begitu saja. Ini harus kamu pahami bagaimana garansi dari perhiasan tersebut.

3. 4C

Jika kamu sudah selesai dengan logam yang digunakan. Maka selanjutnya berfokus kepada beliannya. Pastikan kamu paham dengan 4C.

Yang pertama ada cut, lihat setiap potongan berlian tersebut. Semakin baik potongannya maka akan semakin tinggi harga cincin solitaire. Sebab, pemotongan yang salah akan mengurangi cahaya atau kilau berlian.

Clarity atau kejernihan juga harus kamu lihat. Semakin jernih dan bersih berlian maka semakin bagus kualitasnya. Color atau warna menjadi salah satu faktor wajib yang harus ketahui. Setiap warna memiliki kelasnya masing-masing. 

Semakin bening warna maka akan semaki tinggi harga yang ditawarkan. Selanjutnya, ada carat pastikan berlian yang kamu pilih mempunyai carat yang baik. Carat dalam berlian tentunya berbeda dengan karat pada emas.

Memilih cincin berlian solitaire itu memang mudah jika kamu paham dengan faktor apa sajanya. Jadi sebelum membeli pastikan kamu tahu apa saja yang harus kamu lihat dari sebuah berlian.