Cara Memperbaiki WiFi Tidak Ada Koneksi Padahal Terhubung

Apakah Anda sedang mencari cara untuk memperbaiki WiFi tidak ada koneksi? Kalau begitu, Anda datang ke tempat yang tepat. Ketika Anda mencari cara ini, kemungkinan besar Anda mengalami kejadian dimana laptop atau smartphone sudah terhubung ke jaringan WiFi namun ketika digunakan untuk berselancar di internet tidak bisa.

Hal ini memang sering terjadi, dan penyebabnya pun cukup beragam. Mulai dari WiFi yang dalam kondisi Greyed Out atau disabled, gagal routing ke gateway, hingga terinfeksi sebuah virus malware. Namun Anda tak perlu khawatir ketika menemukan permasalahan seperti ini. Simak beberapa cara memperbaiki WiFi tidak ada koneksi berikut ini.

Cara Memperbaiki WiFi Tidak Ada Koneksi

Seperti yang sudah dibahas pada paragraph sebelumnya, untuk memperbaiki WiFi yang tidak memiliki koneksi bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah :

1. Restart Router, Modem, atau Wireless Router

Cara untuk mengatasi WiFi tidak menyalurkan koneksi yang satu ini cukup populer dilakukan, yaitu dengan restaru router. Silakan matikan router dan modem langsung dari saklar utamanya, tunggu kira-kira 30 detik lalu kemudian nyalakan kembali. Setelah router kembali menyala, tunggu lampu DSL stabil.

Cara lainnya bisa dengan melakukan reboot melalui browser. Silakan ketik 192.168.0.1/192.168.1.1 pada browser Anda kemudian enter. Masukkan username dan password Anda, biasanya Admin Admin pada halaman login. Jika sudah login, pilih System Tools > Reboot yang ada di sebelah kiri dan kemudian klik Reboot. Tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai.

2. Ubah WiFi Mode

Apabila dengan cara pertama belum berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk mengubah mode WiFi-nya. Silakan ketik 192.162.0.1 di browser Anda, setelah itu login dengan memasukkan username dan password yang sudah diatur. Apabila password belum diatur, silakan login dengan username “admin” password “admin”.

Cari menu yang bernama Wireless > Wireless Setting, kemudian ubah mode menjadi 11 bgn mixed dan kemudian klik Save. Setelah mode WiFi sudah berubah, restart kembali router untuk melihat hasilnya.

3. Perbarui Driver Adaptor WiFi

Selain bermasalah pada perangkat WiFi, jangan lupa untuk mengecek laptop Anda sendiri. Biasanya driver wifi bisa menjadi penyebab tidak terkoneksi internet dikarenakan sudah out-date. Masalah ini biasanya ditandai dengan akses internet di laptop terkendala namun untuk perangkat lainnya berjalan cukup lancar.

Cara mengatasinya cukup mudah, silakan klik kanan pada My Computer > Klik Properti > Adapter Jaringan > Klik Kanan driver adaptor WiFi dan pilih Update Driver Software.

4. Ganti DNS dengan DNS Google Public

Cara lainnya untuk mengatasi laptop tidak bisa akses internet padahal WiFi terhubung adalah dengan mengganti DNS Google Public. Caranya adalah silakan buka jaringan dan pusat berbagi, cari Pacen Control dan pilih Jaringan dan Internet. Kemudian cari pusat jaringan dan pusat berbagi.

Klik nama WiFi Anda yang terhubung, lalu pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties. Pilih Gunakan Alamat DNS Berikut pada jendela properti IPV4 dan ketikan alamat Google. Langkah terakhir klik OK dan lakukan proses yang sama untuk IPV6. Restart kembali modem dan silakan periksa kembali jaringannya.

5. Nyalakan Mode Pesawat

Cara memperbaiki WiFi tidak ada koneksi padahal sudah terhubung yang terakhir adalah dengan menyalakan mode pesawat lalu kemudian matikan kembali sesaat kemudian. Hal ini bisa dilakukan pada perangkat smartphone Anda atau laptop yang Anda miliki.