Wed. Apr 21st, 2021

Pohon mangga merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh dari biji. Sebelum menanam mangga jangan lupa untuk memilih jenis mangga yang disukai agar bisa mencicipi buahnya sesuai pilihan.

Cara menanam mangga bisa dengan cara dimasukkan ke dalam pot atau langsung dari tanah sampai berukuran besar. Berikut cara menanam mangga dengan biji berikut ini:

1. Pemilihan Bibit

Satu hal yang harus dipersiapkan adalah cara menanam mangga, yaitu dengan memilih bibit unggul yang paling sesuai. Pemilihan benih dapat dilakukan dengan mencari tanaman dewasa di rumah atau membeli benih di toko. Jika Anda berbelanja di dalam toko, pastikan memilih bibit yang tidak mengandung hama tanaman.

Jika anda mencari bibit mangga disekitar anda, pilihlah pohon mangga yang memiliki buah yang bagus agar bibit buahnya bisa digunakan untuk penanaman. Jangan lupa cek biji mangga jika bijinya yang sehat berwarna gelap dan segar.

Jika Anda membutuhkan pupuk organik cair, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut untuk mengetahui info lebih lanjutnya.

Setelah menemukan biji mangga bagus untuk dijadikan biji. Langkah selanjutnya adalah mengeringkan dan mengangin-anginkan bijinya lalu buang kulitnya. Siapkan box untuk proses selanjutnya yaitu bibit dengan media tanah kebun dan pupuk dengan perbandingan yang sama. Kemudian benih tanaman di permukaan tanah dilepaskan.

2. Penyemaian Bibit Mangga

Setelah memilih bibit yang tepat, cara menanamnya silahkan terlebih dahulu dengan proses pembibitan. Perlindungan plastik harus diberikan pada benih dan usahakan untuk menjaga kelembaban udara. Kemudian bibit mangga ditanam dengan posisi bengkok agar akar yang tumbuh tidak bengkok.

Sekitar 2 minggu benih akan berkecambah. Jika di dalam benih sudah ada beberapa tunas yang bertunas, pilih saja salah satu penanam terbaik dan paling kuat. Kemudian pindahkan ke polybag yang berukuran sekitar 30 cm. jangan berkecambah setelah benih tumbuh selama 4 bulan.

3. Pengolahan Media Tanam

Langkah selanjutnya dalam menanam mangga adalah menentukan luas lahan yang akan digunakan untuk penanaman. Temukan air yang cukup dan singkirkan tanaman dan hama yang tidak digunakan di seluruh lahan. Oleh karena itu perlu dilakukan pelonggaran tanah yang dapat menghilangkan racun di dalam tanah.

Jika tanah tidak subur, tanamlah dengan kuat di sela-sela tanaman mangga. Namun, jika tanaman itu subur, beri ruang. Umumnya jarak antar tanaman sekitar 10 m. Masukkan pupuk ekstra ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah.

4. Teknik Penanaman

Pada tahap penanaman, buat lubang terlebih dahulu sekitar 100 cm. Sebaiknya tanah digali kira-kira 50 cm setelah penggalian selesai, lubang tanah dipupuk dan suatu saat mengering. Proses penanaman mangga paling baik dilakukan pada musim kemarau.

Di lubang yang disimpan, kemudian digali lagi sekitar 30 cm. Kemudian ambil polybag dan taruh di tanah galian.

Sebelum memasang polybag, bagian bawahnya harus dipotong. Tutupi kembali dengan tanah galian kemudian padatkan tanah dan pasang penyangga untuk mencegah kerusakan tanaman.

By imindo