Cara Menanggulangi Pencemaran Air

Air merupakan keliru satu perihal paling esensial didalam hidup, dikarenakan kami tetap perlu air didalam keseharian. Tetapi beberapa th. ini pencemaran air banyak berlangsung supaya tersedia beberapa daerah yang ada masalah untuk beroleh akses terhadap air bersih. Agar perihal ini tidak banyak berlangsung lagi, mari kami ketahui lebih lanjut bagaimana cara mengatasi pencemaran air.

Pencemaran air merupakan pencemaran yang berlangsung terhadap badan air (seperti laut, danau, sungai, air tanah, dan sebagainya) yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Perubahan yang berlangsung terhadap karakter kimia, fisik, atau biologis air bisa punyai konsekuensi yang merugikan bagi para organisme hidup.

Menurut PP no. 20 th. 1990. Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke didalam air oleh aktivitas manusia supaya kualitas air berikut alami penurunan hingga batas spesifik yang membuat air tidak bermanfaat ulang sesuai dengan peruntukannya.

 

Biasanya pencemaran air berlangsung disebabkan oleh beberapa sumber seperti:

Limbah pertanian
Limbah pengolahan kayu
Penggunaan limbah hijau atau hutan yang biasanya digunakan untuk pembangunan
Penggunaan bom oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut

Limbah industri yang terdiri dari bahan kimia padat ataupun cair yang berasal dari sisa-sisa bahan bakar layaknya minyak dan oli, atau kebocoran pipa-pipa minyak tanah yang ditimbun di didalam tanah
Limbah tempat tinggal tangga layaknya sampah padat (plastik, gelas, kaleng, batu batre), sampah cair (deterjen dan air sabun), sampah organik (sayuran, buah-buahan, sisa makanan), dan limbah cair (air sabun sisa mandi atau MCK)

Cara mengatasi pencemaran air

Agar pencemaran air tidak berlangsung terus menerus dengan menggunakan flow meter air limbah, kami harus melakukan penanggulangan supaya pencemaran air bisa berkurang. Berikut beberapa cara mengatasi pencemaran air yang bisa dilakukan:

 

Membuat kolam stabilisasi

Dengan kolam stabilisasi, Sobat Pintar bisa produksi air limbah secara alami. Tujuan dari pembuatan kolam stabilisasi adalah untuk menetralisir zat-zat pencemar sebelum saat mengalir ke sungai.

 

Pengelolaan Excrexta

Pengelolaan Excrexta atau Human Excreta ini biasanya ditemukan di didalam septic tank yang bisa diolah lewat cara anaerobik supaya jadi biogas. Gas yang dihasilkan ini bisa dimanfaatkan sebagai gas untuk tempat tinggal tangga.

 

Mengelola IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Dengan adanya Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL ini pencemaran air bisa ditanggulangi. Dalam IPAL, digunakan alat-alat spesifik yang gunakan tiga tahapan yaitu primary treatment (pengolahan pertama), secondary treatment (pengolahan kedua), dan tertiary treatment (pengolahan lanjutan).

 

Membuang sampah terhadap tempatnya

Siapa yang masih suka melenyapkan sampah sembarangan? Ternyata jika kami buang sampah sembarangan, bisa menambah pencemaran air terhitung loh! Selain itu melenyapkan sampah ke didalam air terhitung bisa menyebabkan bencana alam layaknya banjir.

 

Tidak kerap gunakan pestisida

Pestisida biasanya digunakan untuk membasmi hama dikarenakan pestisida merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk mengendalikan, menolak, ataupun membasmi organisme yang mengganggu. Oleh dikarenakan itu penggunaan pestisida yang amat banyak bisa membuat kematian bagi para hewan yang hidup di didalam air.

 

Tidak melenyapkan bahan kimia ke air

Pembuangan bahan kimia ke didalam air yang membuat bahan kimia berikut menyatu dengan air merupakan keliru satu penyebab pencemaran air. Jika Sobat Pintar melenyapkan cat, minyak, atau obat-obatan ke wastafel maka bisa membuat air jadi tercemar. Oleh dikarenakan itu, keliru satu cara penanggulangan pencemaran air adalah dengan tidak melenyapkan bahan kimia ke didalam sumber air.

 

Menanam pohon

Menanam pohon merupakan keliru satu cara penanggulangan yang paling efektif. Karena dengan adanya pohon maka bisa menyerap bahan kimia supaya tidak enteng menyebabkan pencemaran air.

 

Bijak didalam gunakan air

Usahakan untuk tidak boros didalam penggunaan air dikarenakan dengan gunakan air dengan bijak terhitung bisa jadi keliru satu cara didalam penanggulangan pencemaran air. Dengan kurangi kuantitas air yang digunakan disaat kami mandi atau mencuci, bisa jadi cara enteng dan simple didalam cara mengatasi pencemaran air.