Cara Menggunakan Panci Rice Cooker Agar Tetap Awet

Teknologi

 

Rice cooker signora merupakan salah satu alat masak yang wajib ada di setiap dapur. Karena dengan menggunakan rice cooker, memasak nasi menjadi lebih mudah dan cepat. Selain digunakan untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak menu lainnya. Seperti mengukus, menghangatkan, membuat sayur, bubur bayi, memasak mie instan, dan lain sebagainya.

Karena rice cooker signora yang multifungsi inilah menjadikan para ibu memilih menggunakan rice cooker daripada alat masak lainnya. Semakin sering dipakai, tentu saja membuat penanak nasi ini cepat rusak. Agar rice cooker bisa tetap awet, dibawah ini ada cara mudah perawatan dan penggunaan yang bisa anda coba di dapur sendiri.

Cara Menggunakan dan Merawat Rice Cooker Signora

Dengan alasan praktis, banyak pengguna rice cooker yang menggunakan panci untuk mencuci beras. Jika anda masih melakukannya, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini. Karena mencuci beras dengan menggunakan panci rice cooker signora justru akan cepat merusak lapisan teflon panci. Jika lapisan teflon tergores, maka nasi akan menempel pada panci.

Selain itu, pastikan mengeringkan panci sebelum menggunakannya untuk menanak nasi. Karena panci bagian luar yang belum kering betul hanya akan merusak elemen pemanas dan memicu terjadinya konsleting. Selain itu, mengelap panci dengan kering juga akan menjaga agar pelat pemanas tetap bisa berfungsi dengan sebaik mungkin.

Cara Menggunakan dan Merawat Rice Cooker Presto

Setelah nasi matang, pastikan fungsi penghangat bisa berjalan dengan benar. Karena jika tidak bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya, nasi akan cepat basi. Ketika telah mengetahui sistem penghangat tidak bisa berjalan dengan baik, sebaiknya pindahkan segera nasi setelah matang ke tempat yang ada sirkulasi udaranya.

 

Cara Menggunakan dan Merawat Sigora Rice Cooker

Satu hal yang tidak bisa diabaikan jika menggunakan rice cooker signora. Yaitu sesuaikan nasi dengan kapasitas panci. Jangan menanak nasi melebihi kapasitas. Karena over kapasitas hanya akan membuat nasi kurang matang atau masih mentah. Begitu pula dengan menggunakan rice cooker untuk memasak nasi yang terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit akan membuat nasi menjadi kering.

Dan satu lagi yang tidak kalah penting. Perhatikan daya listrik yang dibutuhkan oleh rice cooker signora. Jangan sampai membeli rice cooker yang memakan daya listrik lebih banyak daripada daya kapasitas penggunaan listrik di rumah. Karena tidak akan kuat. Sebaiknya gunakan rice cooker dengan daya yang ringan. Selain hemat listrik, juga masih ada kelebihan untuk peralatan rumah tangga lainnya.

Bagaimana? Ternyata merawat rice cooker signora tidak terlalu sulit, bukan? Apapun merknya dan berapapun harganya, jika digunakan dan dirawat sebagaimana mestinya, rice cooker akan bisa bekerja lebih optimal dan tetap awet.