Cara Meringkas Jurnal

 

 

Halo sobat penerbitan kali ini admin memberikan cara meringkas jurnal, langsung saja baca artikel ini.

 

Meringkas jurnal adalah proses menyajikan dan menyoroti ikhtisar inti dari penelitian yang diterbitkan dalam sumber ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat. Abstrak artikel jurnal memberi calon pembaca ulasan deskriptif singkat yang memungkinkan mereka memahami inti artikel.

 

Meringkas dan membuat jurnal adalah tugas yang sangat umum bagi mahasiswa dan asisten peneliti. Anda dapat mempelajari dan memahami cara membaca artikel pendek, merencanakan ringkasan yang baik, dan menulis ringkasan hingga selesai.

Baca Juga : Cara Submit jurnal

Cara meringkas jurnal dengan mudah dan akurat

 

Berikut cara meringkas jurnal dengan benar:

 

  1. Baca abstrak jurnal dan kesimpulannya

 

Dalam karya tulis ilmiah terdapat abstrak, uraian singkat tentang latar belakang, gagasan pokok, karya, masalah, dan pemecahannya. Dengan memahami abstrak, pembaca mampu menemukan ide-ide yang akan ditonjolkan nantinya. Selain itu, dengan membaca kesimpulan, pembaca juga dapat menemukan solusi yang diajukan penulis dalam jurnal.

 

  1. Tulislah gagasan utama

 

Gagasan utama yang dipahami dari kesimpulan dan abstrak dicatat satu per satu sehingga dapat dikembangkan menjadi rangkuman yang mudah dipahami. Kemudian mengidentifikasi ide pokok dan menyusun ide-ide yang harus didiskusikan. Setelah itu, opini atau data dalam jurnal dapat dianalisis dan didukung oleh pengetahuan pembaca.

 

  1. Merakit garis besar

 

Setelah Anda memilah-milah pemikiran Anda, cara selanjutnya untuk meringkas jurnal adalah dengan menulis garis besar untuk ringkasan yang ingin Anda buat. Hal ini dapat memudahkan peneliti untuk meninjau jurnal yang dikumpulkan. Untuk publikasi, silakan tinjau kebijakan penerbit untuk artikel jurnal gabungan.

 

Kesimpulannya, pembaca juga dapat mengevaluasi data dan pendapat penulis. Selain itu, kritik dan saran dapat diberikan pada gaya bahasa penulis, sehingga peneliti yang belum membaca jurnal dapat memiliki pemahaman umum tentang isi jurnal. Abstrak harus memuat gagasan utama jurnal dan memberikan komentar yang konsisten dengan tulisan peneliti.

 

  1. Metode penelitian penelitian

 

Dalam mempersiapkan jurnal, penelitian akan menggunakan metode penelitian tertentu yang menggabungkan pendapat, hipotesis data, dan argumen. Pembaca harus menemukan ini di jurnal dan memutuskan bagian mana yang akan dijelaskan dan diulas. Metode tersebut dapat dimasukkan dalam abstrak yang singkat namun jelas.

 

Kesimpulan dalam ringkasan juga dapat digabungkan dengan tinjauan singkat jurnal, dengan komentar atau rekomendasi yang dapat dijelaskan. Review pembaca dan abstrak tersedia untuk institusi akademik lain yang bersinggungan dengan jurnal abstrak. Oleh karena itu, komentar yang diberikan dapat menjadi sumber referensi bagi penulis selanjutnya.

 

  1. Tandai hal-hal penting dalam jurnal Anda

 

Jurnal memiliki konten penting yang berkaitan dengan fakta, opini, ilustrasi, kesimpulan, dan testimoni penulis. Pembaca yang ingin memberikan abstrak jurnal dapat menyoroti poin-poin penting. Dengan cara ini, akan lebih mudah bagi pembaca untuk menemukan bagian mana yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

 

  1. Tinjau referensi jurnal

 

Dalam proses penulisan jurnal, peneliti tentunya membutuhkan referensi saat menulis karya ilmiah. Pembaca juga bisa menilai apakah referensi yang digunakan sudah benar. Meski begitu, review dapat dilakukan untuk membuat abstrak lebih mudah dipahami, sehingga lebih mudah dipahami.

 

  1. Baca ulang abstrak sebelum dipublikasikan

 

Ringkasan tertulis akan menjadi referensi bagi para sarjana yang bekerja di bidang studi. Oleh karena itu, ringkasan yang diberikan sangat singkat dan mudah dipahami. Juga, pastikan komentar pembaca memiliki pendapat yang masuk akal dan masih relevan dengan gagasan utama jurnal.

 

Cara meringkas jurnal menggunakan aplikasi atau situs web online

 

Setelah Anda mendengar dan membaca bagaimana jurnal diringkas, ternyata beberapa orang tidak nyaman dengan pendekatan manual. Jadi jangan khawatir, admin menyediakan cara cepat meringkas jurnal dengan bantuan pihak ketiga. Baik menggunakan aplikasi atau situs web. Nah, simak caranya di bawah ini:

 

  1. Siapkan log

 

Jadi, untuk langkah pertama ini, yang perlu Anda ketahui adalah menyiapkan jurnal yang ada. Padahal, dengan situs online ini, pengguna tidak hanya bisa menggunakan jurnal. Tapi Anda juga bisa menyiapkan bahan kertas yang ingin Anda rangkum. Pastikan jurnal dalam bentuk soft file sehingga dapat diakses melalui website online.

 

  1. Kunjungi situs online

 

Setelah pengguna menyiapkan jurnal, pengguna dapat mengunjungi website untuk meringkas jurnal. Untuk diskusi ini, administrator akan menggunakan metode Get Digest.com untuk menggabungkan jurnal online.

 

Jadi Anda pergi ke browser Anda https://getdigest.com/en dan menunggu beberapa halaman utama situs muncul. Pada bagian ini Anda akan ingin memperhatikan beberapa menu yang terdaftar, salah satunya adalah untuk mengumpulkan jurnal Anda.

 

  1. Memulai proses peringkasan jurnal

 

Nah, hal terakhir tentang cara meringkas jurnal adalah memulai proses meringkas jurnal. Pengguna dapat mulai mendapatkan file log yang akan dikumpulkan di bagian menu yang tersedia. Setelah itu, pengguna dapat menunggu beberapa saat hingga proses digest selesai. Dan hasilnya menjadi rangkuman jurnal.

 

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan dari kami mengenai bagaimana cara meringkas jurnal semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih!