Deretan Tokoh yang Dimakamkan di Pemakaman Mewah San Diego Hills

Tempat Wisata

Bisa dikatakan jika San Diego Hills menjadi pilihan pemakaman bagi kalangan atas, seperti pejabat, pengusaha, artis dan lainnya. Terletak di daerah Jawa Barat, San Diego Hills menyediakan lahan pemakaman dengan luas sekitar 500 hektare. Tidak hanya itu, pemakaman ini menggunakan konsep modern dan menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap.

Fasilitasnya yang lengkap menjadi salah satu alasan kenapa pemakaman ini banyak dipilih. Juga, kemudahan terutama dalam perawatan yang disediakan akhirnya menjadikan keluarga memilih San Diego Hills untuk memakamkan kerabat mereka yang sudah meninggal dunia sebelumnya, tak terkecuali para tokoh yang cukup terkenal dan memiliki pengaruh di Indonesia.

Beberapa Tokoh yang Dimakamkan di San Diego Hills

Ada cukup banyak tokoh yang dimakamkan di San Diego Hills. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Johannes Baptiste

Johannes Baptiste merupakan salah satu tokoh nasional yang dimakamkan di pemakaman mewah San Diego Hills. Ia adalah menteri keuangan yang mendapatkan jabatan di era Presiden Soeharto.

Setelah mengalami sakit stroke yang berlangsung cukup lama, Johannes Baptiste akhirnya meninggal dunia pada 10 Februari 2020 yang lalu. Ia meninggal di usia 87 tahun setelah sebelumnya sempat di rawat sekitar 5 hari di RS Carolus.

  • Sudwikatmono

Sudwikatmono merupakan sosok sepupu dari mendiang mantan Presiden Soeharto. Ia adalah tokoh nasional yang dikenal sebagai pendiri sekaligus pemilik PT Bank Surya. Selain itu, semasa hidupnya, ia juga aktif menjadi komisaris di beberapa perusahaan yang berbeda. Setelah meninggal, ia dimakamkan di pemakaman mewah San Diego Hills sesuai dengan pertimbangan keluarga.

  • Arswendo

Tokoh lain yang juga turut dimakamkan di pemakaman San Diego Hills adalah Arswendo. Ia merupakan salah satu budayawan yang terkenal di Indonesia. Salah satu karya terkenal dari Arswendo adalah naskah buku cerita Keluarga Cemara yang kemudian diangkat menjadi sebuah sinetron yang sarat dengan inspirasi.

Arswendo meninggal di Jakarta pada 19 Juli 2019. Ia sebelumnya menderita kanker prostat dan sudah mengalami beberapa perawatan khusus namun penyakit yang kadung menyebar tidak bisa diatasi.

  • Johannes Oentoro

Johannes Oentoro adalah tokoh yang mendirikan Yayasan Pelita Harapan. Ia juga dikenal sebagai rektor pertama di Universitas Pelita Harapan.

Sosok low profile ini lahir pada 24 Mei 1952. Selain aktif di dunia bisnis nasional, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan gereja serta kemanusiaan. Salah satu pencapaian terpenting dalam hidupnya adalah ketika ia turut dalam pembentukan Rumah Sakit Siloam yang kini menjadi salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia.

Johannes Oentoro meninggal dunia pada 27 April 2011 yang lalu. Jenazahnya kemudian dimakamkan di pemakaman San Diego Hills.

  • Ashraf Sinclair

Ashraf Sinclair adalah seorang artis yang berasal dari Malaysia. Ia juga merupakan suami dari artis Bunga Citra Lestari. Ashraf meninggal dunia pada 18 Februari 2020 yang lalu dalam usia yang relatif muda, yaitu 40 tahun.

Sebelumnya, Ashraf Sinclair diketahui mendapatkan serangan jantung. Ia sempat dibawa ke Rumah Sakit MMC yang ada di Jakarta Selatan. Hanya saja, setelah perawatan, ia tidak bisa tertolong.

Itulah beberapa tokoh yang dimakamkan di San Diego Hills. Faktor kenyamanan serta fasilitas yang begitu lengkap menjadi alasan kenapa pihak keluarga memilih pemakaman elite ini sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi sosok yang mereka cintai.