Faktor Peringkat Google paling dominan dan cara optimasinya

Tips Trik

Faktor Peringkat Google

Untuk bisnis modern, jawabannya sederhana: mereka online. Secara khusus, mereka menggunakan mesin pencari seperti Google.

Meskipun iklan pencarian berbayar adalah cara terbaik untuk mendapatkan eksposur langsung di mesin pencari pilihan ini, Anda juga harus bekerja untuk membangun peringkat organik Anda juga.

Dengan kehadiran yang kuat di hasil mesin telusur berbayar dan organik, Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda — dan apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan, visibilitas di mesin telusur sangat penting jika Anda ingin menarik pelanggan dan mendorong hasil pendapatan.

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol cara berpikir dan pengoperasian mesin telusur, masih banyak yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang situs web Anda muncul di hasil penelusuran. Di situlah praktik SEO masuk, yaitu tentang menyelaraskan situs web Anda dengan berbagai faktor peringkat Google. Dalam posting ini, saya akan:

Jelaskan perbedaan antara faktor peringkat teknis, di halaman, dan di luar halaman.

Sebutkan 10 faktor peringkat Google teratas yang dapat Anda optimalkan untuk situs web Anda.

Dampingi setiap faktor peringkat dengan saran yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan peringkat Anda. Tapi pertama-tama, mari kita bahas dasar-dasar faktor pemeringkatan untuk menetapkan pengetahuan dasar kita.

Apa faktor peringkat?

Pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan peringkat setinggi mungkin dalam hasil mesin telusur organik.

Saat berbicara tentang penelusuran, kami menggunakan istilah “organik” untuk merujuk pada hasil penelusuran yang tidak berbayar. Ini berbeda dengan iklan bayar per klik (atau PPC), yang merupakan strategi yang berfokus pada pembuatan lalu lintas berbayar.

Perhatikan perbedaan antara hasil penelusuran organik dan berbayar pada gambar di bawah ini:

Baik peringkat berbayar maupun organik di Google ditentukan oleh algoritme yang memperhitungkan berbagai karakteristik dan metrik yang dianggap penting oleh Google — dan ini adalah faktor peringkat Anda.

Kami tidak akan pernah mengetahui semua faktor peringkat Google, tetapi kami mengetahui banyak di antaranya berdasarkan apa yang telah diungkapkan Google kepada kami dan apa yang kami temukan melalui eksperimen dan praktik empiris. Kami juga tahu bahwa meskipun faktor peringkat dan algoritme dapat bergeser , karakteristik yang coba diuraikan oleh Google adalah kualitas, kepercayaan, dan kinerja.

Jenis faktor peringkat Google

Sebelum kita masuk ke 10 faktor peringkat Google teratas di mana Anda dapat mengoptimalkan halaman situs web Anda, pertama-tama mari kita bahas jenis yang berbeda.

Pemasar biasanya berbicara tentang faktor peringkat di dalam dan di luar halaman, tetapi sebenarnya ada tiga kelompok:

Faktor peringkat di luar halaman: Ini diukur oleh Google di tempat lain dari situs Anda, dan terutama melibatkan  Backlink .

Faktor peringkat pada halaman: Ini terutama terkait dengan kata kunci dan kualitas informasi halaman Anda.

Faktor peringkat teknis: Ini juga diukur di situs Anda, tetapi lebih berkaitan dengan kinerja keseluruhannya secara keseluruhan, bukan dengan laman individual.

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak ada satu faktor peringkat yang akan membuat atau menghancurkan SEO Anda. Ini adalah kombinasi dari semua upaya teknis, di halaman, dan di luar halaman Anda yang bekerja sama untuk membangun situs web yang ramah SEO.

Sekarang setelah kita memiliki pengetahuan dasar yang ditetapkan, mari kita masuk ke 10 faktor peringkat Google teratas, dikelompokkan berdasarkan kelompok ini, dimulai dengan teknis.

Faktor peringkat Google teknis

Mesin pencari bekerja dengan merayapi dan mengindeks semua informasi yang ditampilkan di situs web Anda. Untuk mewujudkannya, ada beberapa elemen teknis inti yang perlu berfungsi dengan baik. Pikirkan elemen-elemen ini sebagai blok penyusun back-end yang membentuk situs web Anda dan memungkinkannya berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagi banyak pemasar, SEO teknis bisa terasa menakutkan. Pengetahuan tentang struktur situs web dan sistem manajemen konten diperlukan untuk menjalankan banyak pengoptimalan peringkat ini.

Untuk alasan ini, memperbaiki kesalahan SEO teknis biasanya merupakan upaya bersama antara tim pemasaran dan pengembangan. Meskipun ini mungkin tampak rumit, setelah situs web Anda berfungsi dengan baik, tidak banyak pemeliharaan berkelanjutan yang diperlukan dalam hal SEO. Berikut adalah strategi teknis untuk meningkatkan peringkat Anda:

  1. Kecepatan situs dan halaman

Tidak ada yang menyukai situs web yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat, dan jika Anda dapat bertanya kepada mesin pencari apa yang mereka pikirkan, mereka akan setuju. Itulah mengapa memiliki situs web yang memuat dengan cepat dan mulus adalah komponen inti dari SEO teknis.

Jika halaman Anda memakan waktu terlalu lama untuk dimuat, kemungkinan besar rasio pentalan Anda akan melonjak, yang akan menurunkan peringkat Anda. Pengguna mengharapkan pengalaman penjelajahan yang bebas rasa sakit, itulah sebabnya kecepatan halaman merupakan faktor peringkat yang penting. Selalu ingat ini saat mengaudit situs Anda untuk peningkatan SEO .

Bagaimana cara mendapatkan SEO yang berhasil

Ada banyak alat yang tersedia di pasaran yang memungkinkan Anda menguji kecepatan situs web Anda. Saya sarankan untuk memeriksa GTmetrix atau Google PageSpeed ​​Insights . Alat ini gratis, sederhana, dan memberikan wawasan berharga tentang kecepatan situs yang memungkinkan pengoptimalan yang mudah.

  1. Kegunaan di ponsel

Google menggunakan pengindeksan yang memprioritaskan seluler saat merayapi situs web. Artinya, mesin telusur sebagian besar menggunakan versi seluler situs web saat mengevaluasi laman.

Meskipun versi desktop situs Anda sempurna, peringkat mesin telusur Anda bisa sangat terpukul jika situs tidak dioptimalkan untuk seluler. Selalu pratinjau halaman web Anda untuk memastikan bahwa halaman tersebut mudah diakses di berbagai jenis perangkat, tidak hanya desktop.

Sebagian besar sistem manajemen konten memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda melakukan ini sebelum menekan tombol publikasikan. Selain itu, Anda dapat menggunakan alat pengujian kegunaan seluler gratis seperti Pengujian Ramah Seluler Google yang akan memberi Anda wawasan serupa.

  1. Backlink internal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin pencari bekerja dengan merayapi dan mengindeks berbagai konten di situs web Anda . Perayap menggunakan Backlink internal sebagai sinyal yang membantu mereka menganalisis dan mengindeks informasi ini dengan benar.

Istilah “Backlink internal” mengacu pada semua Backlink yang mengarah ke halaman internal dalam situs web Anda. Ini berbeda dengan backlink esternal yang anda dapatkan dari penyedia Jasa Backlink Murah, termasuk yang dilakukan oleh penyedia Jasa Digital Marketing Jakarta.

Semakin teratur dan erat struktur Backlink internal Anda, semakin mudah bagi mesin telusur (dan pengguna) untuk menemukan apa yang mereka cari.

Untuk melakukan ini, Anda harus memperhatikan halaman mana yang Anda tautkan setiap kali Anda membuat halaman baru atau konten baru.

Salah satu metode populer untuk menjaga Backlink internal Anda tetap teratur adalah dengan membuat kelompok topik. Idenya sederhana: Anda membuat konten di sekitar topik payung “pilar” tertentu dan menjaga keterkaitan Anda dalam cluster ini.

Misalnya, Anda menulis beberapa artikel tentang topik prospek penjualan .

Sumber daya utama Anda adalah jenis artikel “panduan utama” yang mencakup segala hal yang perlu diketahui tentang prospek penjualan. Dari sana, setiap artikel tambahan yang mencakup subtopik terkait (yaitu tip panggilan dingin, templat penjangkauan email terbaik , dll.) Harus ditautkan ke orang lain dalam kelompok serta kembali ke sumber daya utama Anda.

Strategi ini berhasil karena ini membuat semua Backlink Anda tertata erat di sekitar topik yang sama.