Hal yang Harus Diperhatikan dalam Desain Logo

Logo atau yang sering dijumpai dengan simbol istilah, merupakan identitas visual yang sering dijumpai dalam berbagai situasi. Gambar visual yang menggambarkan banyak hal tersebut sangat erat kaitannya dengan brand perusahaan dan kegiatan pemasaran yang biasanya digunakan sebagai penanda dan kualitas bisnis serta sebagai sarana pencipta kesan perusahaan pada perusahaan.

Tidak hanya untuk melambangkan organisasi, logo kini kerap digunakan untuk mendeskripsikan individu karakter, momen, objek dan hal lain yang membutuhkan deskripsi tertentu untuk dituangkan ke dalam sebuah objek visual.

Bagi kebanyakan orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis, logo ibarat kaca sebagai pengertian, visi dan ideologi organisasi dan perusahaan yang terkait. Apapun bentuknya, logo yang baik bisa menjadi simbol dan pesan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Jika Anda membutuhkan jasa desain bisa kunjungi tautan tersebut.

Untuk komunikasi yang efektif, logo idealnya mudah dipahami, sederhana, fleksibel dan dapat ditempatkan di berbagai ruang, media, ukuran dan latar belakang tanpa kehilangan bentuk dan inti logo. Logo juga harus memiliki efek inspiratif dan memberikan getaran positif kepada konsumen dan juga orang-orang yang ada di dalamnya.

Lalu bagaimana cara membuat logo yang sesuai dengan kualifikasi tersebut, beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan sebagai berikut:

Mengetahui Fungsi dan Tujuan Logo

Dari pembahasan singkat tentang logo di atas, Anda seharusnya sudah bisa menarik kesimpulan tentang fungsi dan tujuan pembuatan logo. Tujuan utama dari sebuah logo adalah untuk membuat sebuah merek atau deskripsi perusahaan. Logo secara tidak langsung akan mencerminkan kualitas entitas, tetapi bentuk logo seringkali tidak secara langsung mencerminkan seperti apa entitas itu.

Bentuk logo tidak harus mengikuti objek & bentuk merek, sebagaimana contoh entitas adalah produk permen, tidak berarti logo harus menggunakan bentuk permen. Atau jika entitasnya adalah jasa percetakan, bukan berarti logo tersebut harus bergambar kertas atau dokumen. Karena jika demikian maka akan terjadi kebingungan di pasar dan konsumen. Untuk menghindari hal tersebut, logo harus dibuat unik dan menarik.

Dalam kaitannya dengan identitas merek, logo mungkin hanya salah satu atribut dari identitas visual lainnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa membuat logo saja tidak cukup untuk menciptakan brand awareness dan awareness di masyarakat.

Kenali Kriteria Logo yang Baik dan Efektif

Saat membuat logo, Anda perlu memastikan bahwa logo yang akan Anda buat mudah diinterpretasikan, terutama bagi konsumen.

Logo harus deskriptif dan mampu menyampaikan esensi merek dan perusahaan, serta mewakili apa yang akan dibagikan dan dikomunikasikan.

Alternatif lainnya adalah jika Anda menemukan nama brand yang mudah diingat, gunakan kesempatan itu untuk mengaplikasikannya pada logo.

Buat logo yang mudah diingat dan diingat. Selain dapat menimbulkan minat di benak konsumen, logo yang sederhana juga akan memberikan ruang dan kesan yang baik bagi siapa saja yang melihatnya.

Berbeda dengan logo yang terlihat abstrak dan sulit diingat, orang cenderung lupa dengan entitas merek yang digambarkan dengan visual abstrak yang kompleks karena akan sulit untuk diinterpretasikan dan dikaitkan dengan kesan dan identitas merek. Anda juga harus bisa memprediksi bahwa logo tersebut akan membuat disukai semua orang.

Jika Anda telah menerapkan prinsip tak terlupakan (mudah diingat) dalam desain logo yang Anda buat, maka prinsip yang satu ini pasti bisa dicapai. Logo yang baik tentunya mudah diingat oleh masyarakat dan tidak akan tergerus oleh perkembangan zaman.

Salah satu contohnya adalah logo Coca-Cola yang memiliki karakter khas pada fontnya, yang muncul sejak tahun 1885, dan masih digunakan hingga saat ini.

Ini dapat dibandingkan dengan perubahan logo ke merek saingan “Pepsi” yang berubah selama bertahun-tahun, dan Coca-Cola tetap konsisten dengan logo merah dan fontnya yang khas.

Keaslian logo sebagai aspek penting dalam mendesain sebuah logo, sehingga jika ada orang lain yang melihat logo tersebut, mereka tidak akan mengingat produk lain kecuali produk dan merek Anda.

Apa yang akan Anda ingat saat melihat tanda centang? Pastinya Anda langsung teringat dengan brand fashion olahraga ternama, Nike. Atau ketika Anda melihat gambar apel yang digigit? Anda harus tahu bahwa logo tersebut adalah milik Apple Inc.

Dan jika anda tahu pasti logo apel yang anda gigit itu milik orang lain, maka saat ini anda akan memberikan logo tersebut sebagai plagiat dan karya yang tidak original.

Lagi cari jasa desain ponorogo dan sekitarnya? Yuk bias kepoin pada tautan tersebut.