Ini 4 Nama Sungai Terpanjang Di Dunia Lengkap Dengan Fakta Uniknya

Inilah 10 Sungai Paling Berbahaya Yang Ada Di Dunia

Sungai adalah aliran air alami yang biasanya mengandung air tawar. Air sungai akan mengalir menuju samudra, laut, danau, atau sungai lainnya. Sungai bisa ditemukan di setiap benua dan juga hampir di setiap jenis daratan.

Terbentuknya sebuah sungai itu berasal dari air yang bergerak mengalir dari ketinggian menuju ke dataran yang lebih rendah akibat gravitasi. Panjang sungai ditentukan oleh dua hal yaitu hulu dan muara. Panjang sebuah sungai bisa diukur pada peta atau juga dari foto udara. Sebagaimana dilansir dari ScienceDirect.com, sungai diukur sepanjang sumbu geometris atau garis kedalaman maksimum pada peta skala besar.

Lantas, apa saja sungai terpanjang di dunia? Berikut 4 nama sungai terpanjang di dunia lengkap dengan fakta uniknya.

  1. Sungai Nil

Menurut Guinness World Records, sungai terpanjang di dunia yang pertama adalah Sungai Nil yang memiliki panjang mencapai 6.695 kilometer. Sungai Nil mengalir mulai dari selatan menuju ke utara melalui Afrika Timur. Hulu Sungai Nil bermula dari sungai yang mengalir menuju ke Danau Victoria yang terletak di Uganda, Tanzania, dan Kenya, lalu bermuara di Laut Mediterania.

Melansir dari History, sungai terpanjang pertama di dunia ini berperan penting dalam menyediakan tanah dan air yang subur untuk irigasi serta sarana pengangkutan bahan untuk proyek bangunan bagi masyarakat Mesir Kuno.

Namun di era modern saat ini, fungsi Sungai Nil adalah sebagai sumber air yang vital bagi kota – kota di sekitarnya. Sungai Nil digunakan sebagai sumber irigasi, jalur transportasi, dan perdagangan yang penting.

 

  1. Sungai Amazon

Kemudian sungai terpanjang di dunia yang kedua adalah Sungai Amazon. Sungai yang terletak di Amerika Serikat ini memiliki panjang 6.400 km. Sungai Amazon berasal dari Pegunungan Andes di Peru lalu mengalir melalui Ekuador, Kolombia, Venezuela, Bolivia, dan Brasil, terakhir bermuara di Samudra Atlantik.

Fungsi sungai ini adalah sebagai sumber air untuk pertanian, transportasi, serta makanan. Selain itu, Sungai Amazon juga menjadi habitat penting bagi aneka spesies, termasuk juga lebih dari 2.500 spesies ikan dan lumba – lumba sungai.

 

  1. Sungai Yangtze

Sungai terpanjang di dunia yang ketiga adalah Sungai Yangtze atau Yangzi atau secara resmi Chang Jiang. Sungai dengan panjang sekitar 6.300 km ini juga menjadi sungai terpanjang di Asia. Hulu sungai ini berasal dari Dataran Tinggi Tibet, kemudian bermuara di Laut Cina Timur dekat Shanghai.

Sungai Yangtze berperan penting dalam sejarah, budaya, juga ekonomi Tiongkok. Sungai Yangtze selama ribuan tahun berfungsi sebagai sumber air, irigasi, sanitasi, transportasi, industri, penandaan batas, dan perang.

 

  1. Sungai Mississippi

Sungai terpanjang di dunia yang keempat adalah Sungai Mississippi yang terletak di Amerika Utara. Sungai yang memiliki panjang 6.274 km ini mengalir menuju Teluk Meksiko. Sungai ini akan mengalir melalui 10 negara bagian Amerika Serikat mulai dari Minnesota hingga Louisiana, dan juga berfungsi untuk menentukan perbatasan di negara bagian ini.

Sungai ini terkenal karena berperan penting dalam industrialisasi Amerika Serikat. Sungai Mississippi menjadi sumber vital untuk energi hidroelektrik, menyediakan air minum, serta menjadi habitat bagi aneka spesies ikan yang penting secara ekologis dan komersial.

Selain itu masih ada sungai lain yang termasuk dalam daftar sungai terpanjang di dunia antara lain Sungai Yenisei, Sungai Kuning, Sungai Ob, Sungai La Plata, Sungai Kongo, dan Sungai Amur.