Inilah Beberapa Penyebab Rontoknya Rambut Pada Pria

7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria, Catat Bro!
source gambar : idntimes.com

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang dianggap cukup penting bagi sebagian orang. Itu karena rambut adalah salah satu bagian tubuh yang bisa di styling sedemikian rupa sesuai dengan keinginan dan kenyamanan dari pemilik rambut tersebut. Tidak hanya bagi kaum perempuan saja, rambut ini juga dianggap cukup penting bagi kaum pria karena rambut menjadi salah satu faktor yang menambah tingkat kepercayaan diri.

Tapi sayangnya tidak jarang rambut pada pria juga seringkali mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah rambut yang sering terjadi pada pria adalah ketombe dan juga kebotakan. Masalah kebotakan yang terjadi pun berbeda – beda, beberapa mungkin hanya kerontoka biasa tapi tidak sedikit juga pria mengalami kerontokan yang berujung pada kebotakan di beberapa bagian rambut.

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi rambut pria yang sudah mulai mengalami kebotakan? Tidak perlu khawatir, hal pertama yang harus anda cari tahu adalah penyebab kebotakan yang terjadi pada anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan bisa mengatasi masalah tersebut langsung ke intinya. Berikut beberapa penyebab rambut rontok pada pria yang perlu diketahui.

  1. Faktor keturunan atau genetic

Penyebab rambut rontok utama yang tidak bisa dihindari adalah faktor keturunan. Biasanya kebotakan yang terjadi karena faktor genetic ini disebut juga sebagai Androgenetic alopecia. Anda bisa melihat apakah anda memiliki faktor keturunan kebotakan dari rambut orangtua anda, jika rambut orantua anda tipis maka semakin dewasa rambut andapun akan mengalami hal tersebut.

  1. Proses penuaan

Dengan bertambahnya usia maka siklus pertumbuhan dalam diri anda pun akan semakin melambat termasuk pertumbuhan rambut. Terlepas dari faktor keturunan, dengan bertambahnya usia pun maka kemampuan tubuh dalam hal menjaga Kesehatan dan kekuatan rambut pun akan berkurang. Sehingga tidak jarang semakin tua maka rambut anda akan mengalami penipisan yang berujung pada kebotakan.

  1. Keseringan menggunakan shampoo

Terlalu sering mencuci rambut dengan menggunakan shampoo bisa membuat rambut anda menjadi kering karena minyak alami pada rambut terkikis. Akibatnya rambut menjadi minim nutrisi dan perlahan akan mengalami kerontokan. Jadi sebaiknya anda menggunakan shampoo hanya 2 -3 kali dalam seminggu. Selain itu anda juga bisa menambahkan penggunaan conditioner untuk menjaga kelembapan rambut.

  1. Tidak bersih saat keramas

Saat anda mandi keramas tapi tidak memperhatikan sisa sabun yang masih menempel maka hal tersebut akan memicu kerontokan pada rambut anda. Itu karena sisa sabun yang menempel lama – kelamaan anda menjadi ketombe dan memicu rambut menjadi rontok. Selain itu sisa shampoo yang tidak bersih juga bisa memicu munculnya jerawat pada punggung anda.

  1. Ketombe parah

Orang yang mengalami ketombe parah maka akan memiliki peluang kerontokan rambut yang lebih besar. Itu karena ketombe berlebih akan menutupi folikel rambut dan produksi minyak pada rambut pun menjadi terhambat. Akibatnya rambut menjadi kering dan kekurangan nutrisi yang lama – lama berujung pada kerontokan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang salah

Biasanya jika anda kekurangan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi maka tubuh anda bisa terindikasi anemia yang berakibat kepada rambut rontok. Sebagai solusinya anda bisa mengkonsumsi makanan berprotein tinggi untuk mengurangi kerontokan yang terjadi.

  1. Merokok

Merokok memang banyak membawa efek negative pada tubuh anda, salah satu efek dari merokok adalah rontoknya rambut. Itu karena orang yang merokok memiliki keseimbangan hormone dan peredaran darah yang tidak seimbang.