Tue. Dec 1st, 2020
Inilah Nutrisi Tepat untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Anak memerlukan asupan nutrisi yang cukup setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Jika anak kekurangan nutrisi, maka hal itu akan berdampak negatif seperti anak mudah lelah, lemas, sulit fokus dalam belajar, mudah terserang penyakit, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan nutrisi tepat untuk daya tahan tubuh anak.

Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan, baik itu olahan daging, tumbuh-tumbuhan, maupun dengan memberikan susu seperti Bebelac contohnya. Lalu, apa saja nutrisi-nutrisi untuk daya tahan tubuh anak tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

Nutrisi-Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Anak

  1. Protein

Yang pertama adalah protein. Protein berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, khususnya untuk proses pemulihan dan penyembuhan ketika tubuh sedang mengalami luka. Ada dua macam protein, yakni protein nabati dan protein hewani. Protein nabati bersumber dari tumbuh-tumbuhan, sedangkan protein hewani berasal dari hewan. Contoh makanan yang memiliki kandungan protein adalah daging ayam, telur, kedelai, dan bayam.

  1. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk sistem imun tubuh anak. Saat kekurangan vitamin C, anak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti flu, demam, dan lain-lain. Oleh karena itu, kebutuhan harian vitamin C harus selalu terpenuhi. Beberapa sumber vitamin C yang bagus adalah pepaya, jeruk, tomat, dan stroberi.

  1. Zat besi

Pernah mendengar penyakit anemia? Jika pernah, salah satu penyebab seseorang terkena penyakit tersebut adalah karena kekurangan zat besi. Hampir sama seperti vitamin C, jika seseorang kekurangan asupan zat besi maka tubuh akan lebih mudah terserang infeksi. Daging, makanan laut, telur, dan susu formula yang sudah difortifikasi adalah sumber zat besi yang bisa dicoba.

  1. Zinc

Zinc atau seng adalah nutrisi yang memiliki peran dalam menjaga daya tahan tubuh dan juga membantu proses pertumbuhan anak. Beberapa contoh makanan yang mengandung zinc antara lain daging merah, daging ayam, susu formula yang difortifikasi, tahu, tempe, dan lain-lain.

  1. Vitamin A

Vitamin A sangat berperan dalam daya tahan tubuh dengan cara menjaga jaringan di dalam mulut, saluran pernapasan, perut, dan usus. Selain itu, vitamin ini juga sangat baik untuk kesehatan mata. Beberapa sumber vitamin A antara lain wortel, telur, dan ubi.

  1. Lemak

Lemak memegang peran sebagai penyimpan sumber energi yang paling besar. Nutrisi ini sangat penting untuk proses pertumbuhan otak anak, apalagi jika anak masih berada di bawah usia 5 tahun. Oleh sebab itu, pastikan anak selalu tercukupi kebutuhan lemak hariannya.

Nutrisi-nutrisi di atas wajib terpenuhi setiap hari agar anak tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Mungkin makanan yang ia konsumsi belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan minuman penunjang seperti Bebelac yang mampu mengisi kekurangan tersebut.

By imindo