Mon. May 10th, 2021

Kemahasiswaan unri – Sebagian besar mahasiswa belum berpengalaman dalam penggunaan kartu kredit, banyak juga yang sudah sarat dengan tekanan finansial karena terjerat hutang kartu kredit mahasiswa.

Masalah hutang yang berlebihan memiliki banyak implikasi bagi seorang siswa. Beberapa akhirnya berhenti kuliah sepenuhnya sehingga mereka dapat bekerja penuh waktu hanya untuk melunasi tagihan mereka. Sekalipun mereka mampu untuk tetap kuliah, namun karena peringkat kredit yang buruk dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyewa apartemen, membeli asuransi bahkan mendapatkan pekerjaan yang akan membantu mereka untuk melunasi hutangnya. Efek psikologis pada siswa karena tekanan keuangan dapat menyebabkan mereka menjadi depresi dan dalam beberapa kasus telah menjadi faktor penyebab bunuh diri.

Solusi untuk menghindari utang ini serupa dengan solusi untuk menghindari segala jenis utang kartu kredit. Jadi, hal pertama untuk menghindari menumpuknya hutang adalah memahami bahwa kartu kredit tidak gratis dan bahwa apapun yang Anda gunakan harus dibayar kembali ketika tagihan Anda tiba. Jadi hindari pengeluaran berlebihan, jangan membeli barang karena sedang diobral, penjualan terus datang dan pergi dan selalu ada penawaran yang lebih baik setiap saat. Belilah hanya barang-barang yang Anda butuhkan. Hal yang menyenangkan untuk dilakukan adalah mengatur anggaran setiap bulan Anda dan menyimpannya dengan setia.

Tindakan pencegahan penting lainnya adalah menghindari pengambilan kartu kedua. Beberapa siswa cenderung memilih beberapa kartu karena batas kredit yang rendah.

Namun, satu-satunya cara untuk keluar dari hutang adalah dengan berhenti menagih dan selalu membayar lebih dari jumlah minimum. Jika ada lebih dari satu kartu kredit yang memiliki saldo terutang, mulailah melunasi kartu dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan membayar kartu dengan bunga tertinggi berikutnya, dan seterusnya.

Hutang kartu kredit tidak menghindar dari siapa pun. Jadi tidak jarang juga bagi pelajar. Bahkan jika batas kredit pada kartu kredit mahasiswa jauh lebih rendah, itu merupakan ancaman yang lebih besar karena banyak siswa yang sudah terlilit hutang karena uang muka yang mereka ambil untuk pendidikan mereka. Jika mereka lulus kuliah, mereka tidak hanya akan membayar kembali pinjaman pendidikan tetapi juga hutang kartu mereka. Ini tidak diragukan lagi merupakan beban tambahan bagi siswa.

Kartu kredit mahasiswa dimaksudkan untuk diperlakukan seperti tempat pelatihan untuk mencari pemahaman dan kebijaksanaan tentang penggunaan kartu kredit. Meskipun kuliah, siswa perlu berpikir di luar kotak, tetapi secara finansial mereka perlu hidup di dalam kotak.

Kartu kredit mahasiswa dapat menjadi alat yang sangat berharga bagi seorang mahasiswa. Dengan adanya keamanan dan kemudahan tersebut, jika digunakan dengan bijaksana seorang siswa akan membangun peringkat kredit yang baik yang diinginkan untuk mendapatkan pinjaman konsumen lainnya, pekerjaan, dan menurunkan tingkat asuransi setelah lulus. Tujuan dari pendidikan perguruan tinggi adalah untuk memperbaiki gaya hidup Anda setelah Anda lulus tidak berakhir dalam hutang. Namun, teka-tekinya adalah bahwa bahkan mahasiswa yang memahami sifat utang memiliki harapan yang tidak realistis tentang kekuatan mereka untuk membayar kembali. Keputusan mereka untuk membelanjakan pada saat ini mungkin didorong oleh pandangan keuangan yang tidak realistis yang mencakup “pendapatan yang meningkat secara drastis”. Berhati-hatilah dalam menggunakan kartu Anda agar tidak terjerat hutang kartu kredit mahasiswa.

 

By edipur