Fri. May 14th, 2021
Kandungan yang Wajib Ada di Susu Nutrisi untuk Lansia

Mempunyai tubuh yang sehat tentu bukan impian orang muda saja. Lansia atau orang lanjut usia pun berhak memiliki impian yang sama. Bahkan, justru di usia tua kesehatan harus benar-benar diperhatikan mengingat fungsi beberapa organ tubuh sudah mulai menurun. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi susu nutrisi untuk orang tua.

Memang susu ini sifatnya bukan sumber nutrisi utama. Nutrisi yang berasal dari makanan adalah yang harus dijadikan sumber utama seperti buah dan sayur. Susu hanya berperan sebagai tambahan apabila dari makanan tersebut nutrisi harian tidak terpenuhi. Lalu, apa saja nutrisi harian yang wajib dipenuhi oleh lansia?

Nutrisi yang Wajib Dipenuhi oleh Lansia

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan alami yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas, memperbaiki sel tubuh yang rusak, dan meremajakan kulit. Ketika usia semakin bertambah, tubuh akan mengalami penurunan pada sistem penyembuhan alami sehingga kebutuhan akan vitamin C harus dipenuhi. Vitamin ini juga bisa membantu mencegah terkena penyakit berat seperti serangan jantung, kanker, stroke, dan lain-lain.

  1. Vitamin D

Tidak sedikit para lansia yang mengalami penurunan kadar kalsium dan vitamin D sehingga mereka rentan terkena osteoporosis dan juga berbagai penyakit sendi dan tulang. Sebenarnya untuk mendapatkan vitamin D ini sangat mudah, yakni dengan berjemur atau terkena sinar matahari pagi selama 10-15 menit. Namun, beberapa kali mungkin cuaca kurang mendukung sehingga tidak bisa mendapatkan sinar matahari dengan maksimal. Oleh karena itu, perlu asupan tambahan dari susu atau suplemen.

  1. Kalsium

Peran kalsium hampir sama dengan vitamin D, yakni membantu menjaga kepadatan tulang. Kalsium bisa didapatkan dari mengonsumsi keju, yoghurt, sayuran hijau, atau keju. Selain itu, saat ini juga sudah banyak susu nutrisi yang kaya akan kandungan kalsiumnya. Jadi, yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikan terhadap kondisi apakah ada pantangan makanan tertentu atau tidak.

  1. Serat

Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin lemah kerja organ di dalam tubuh. Hal itu juga berlaku untuk sistem pencernaan. Oleh karena itu, lansia sangat membutuhkan lebih banyak serat agar sistem pencernaan menjadi lancar. Serat bisa diperoleh dari kacang-kacangan, beras merah, sayur, buah, atau susu nutrisi khusus untuk lansia.

  1. Air

Yang terakhir adalah air. Air sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga sebagai detox tubuh. Beberapa lansia jarang mengonsumsi air karena tidak terlalu merasa haus. Padahal, baik ketika haus atau tidak, kebutuhan air harus tetap tercukupi. Dengan meminum susu nutrisi, kebutuhan air juga secara tidak langsung akan terpenuhi.

Itulah beberapa nutrisi yang wajib ada pada susu nutrisi khusus lansia. Perlu diingat lagi bahwa susu ini sifatnya hanyalah tambahan. Meski begitu, akan lebih baik jika susu ini rutin dikonsumsi setiap hari untuk menjaga dan memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi.

By imindo