Kebiasaan Ini yang Buat Kuliah Lama

Saat memasuki dunia perkuliahan, jiwa sudah ada pada usia pra dewasa. Di mana setiap aturan dan cara pembelajarannya sangat berbeda dengan masa sekolah dulu. Bagi yang sekarang jadi mahasiswa baru, hindari kebiasaan ini yang buat kuliah lama .

Beberapa Kebiasaan Ini yang Buat Kuliah Lama

Bagi yang menempuh pendidikan Strata 1, masa ideal sampai lulus adalah 4 tahun. Namun karena hal-hal tertentu boleh jadi waktu kelulusan molor hingga ke tahun berikutnya. Dengan aturan berbeda, dunia perkuliahan memiliki tata tertib tersendiri. Jangan sampai melakukan keempat hal ini.

  1. Tidak Maksimal Dalam Belajar dan Mengerjakan Tugas

Hal pertama yang harus dihindari semasa Kuliah adalah tidak maksimal dalam menjalankan kewajiban, seperti mengerjakan tugas dari dosen. Saat menempuh pendidikan tersebut ada standar penilaian yang menyatakan mahasiswa lukus mata kuliah atau tidak.

Penilaian tersebut biasa diukur dari kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas. Baik itu pribadi maupun kelompok. Tugasnya biasa berupa makalah atau essay. Kini tidak ada alasan lagi untuk absen sebab ada jasa tugas kuliah.

  1. Tidak Bisa Memanajemen Waktu

Mengatur waktu adalah kunci untuk menjalani proses perkuliahan lulus tepat waktu. Seringkali sebagai mahasiswa akan disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti organisasi, baik dalam maupun luar kampus.

Namun, jangan sampai hal itu menjadi penghalang untuk mengerjakan tugas atau masuk mata kuliah tertentu. Apabila memutuskan untuk mengikuti kegiatan di luar kampus, pastikan manajemen waktu dengan baik.

  1. Tidak Bisa Menjaga Presensi

Biasanya setiap instansi memiliki ketentuan jumlah kehadiran untuk lulus mata kuliah. Umumnya, kebolehan untuk absen dibatasi hanya 3 kali dalam satu semester. Oleh sebab itu, jaga presensi supaya masuk kualifikasi untuk ikut UTS maupun UAS.

  1. Jurusan Atas Dasar Paksaan

Waktu kelulusan molor biasanya juga dikarenakan ketidaksesuaian jurusan dengan minat diri. Misalnya karena tuntutan atau paksaan, sehingga berimbas pada semangat belajar. Rasa bosan dan jenuh terkadang menjadi pemicunya. Oleh sebab itu, pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah beberapa kebiasaan ini yang membuat kuliah lama sehingga harus dihindari. Jika memang terpaksa mengambil jurusan bukan berdasar keinginan cobalah untuk menyukainya dari sekarang.