Tue. Dec 1st, 2020

Meski sudah ada sejak lama, peluang bisnis laundry masih sangat bagus. Banyak orang tidak punya waktu atau repot untuk mencuci pakaiannya. Hal ini menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan bahkan hingga saat ini.

Namun, bukan berarti para pebisnis tersebut mengabaikan kendala yang mungkin muncul nantinya. Jika Anda ingin bisnis laundry Anda sukses besar, Anda perlu memahami hambatan umum yang mungkin dihadapi bisnis Anda dan cara mengatasinya.

1. Pesaing ada dimana-mana

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisnis laundry sudah ada sejak lama. Apalagi sekarang bisnis laundry semakin mudah. Jadi jangan heran jika persaingan semakin ketat.

Solusinya:

Anda yang baru memulai bisnis laundry tidak akan merasa minder dengan kompetitor pada awalnya. Sebaliknya, gunakan pesaing sebagai alasan untuk terus meningkatkan layanan dan kualitas bisnis Anda. Putar otak Anda sebanyak mungkin untuk berpikir kreatif. Anda bisa menarik perhatian pelanggan Anda dengan menawarkan diskon, menawarkan layanan penjemputan, atau menawarkan gerai binatu lain pilihan wewangian pakaian yang berbeda.

2. Banyak orang memiliki mesin cuci sendiri

Karena banyaknya mesin cuci dengan harga murah, hampir semua rumah tangga memiliki mesin cuci sendiri. Proses pencucian di mesin cuci juga sangat sederhana. Anda tidak perlu lagi bosan menggosok pakaian. Mesin cuci masa kini juga dilengkapi dengan pengering.

Solusinya:

Layanan laundry biasanya tidak hanya menawarkan layanan laundry tetapi juga layanan menyetrika. Inilah keunggulan bisnis laundry. Ini juga alasan mengapa banyak orang mengirimkan barang-barang kotor mereka ke layanan binatu daripada mencuci dan menyetrika sendiri.

3. Pelanggan yang menginginkan sesuatu dengan cepat

Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda. Ada yang cukup sabar menunggu dicuci, ada yang ingin pakaiannya cepat siap.

Solusinya:

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda memerlukan strategi penetapan harga. Dengan harga normal, pekerjaan dilakukan dalam 3 hari. Jika Anda sedang terburu-buru, tawarkan paket ekspres 1 hari dan biaya tambahan.

4. Keterlambatan jadwal pengiriman

Tidak jarang para pebisnis laundry menawarkan jasa penjemputan dan pengantaran yang tiba-tiba terlambat.

Solusinya:

Tentu saja, ini harus dihindari sebisa mungkin. Namun, jika situasi dan kondisi menghalangi Anda untuk tepat waktu, Anda harus tetap profesional. Akui dan jelaskan kepada pemilik alasan yang masuk akal mengapa Anda terlambat.

5. Biaya perawatan peralatan yang mahal

Dengan mesin cuci, pengering, dan setrika yang digunakan setiap hari, kerusakan tidak bisa dihindari. Biaya perbaikannya pun tidak sedikit.

Solusinya:

Anda dapat mempelajari cara memperbaiki mesin cuci, pengering, dan setrika. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki sendiri kerusakan yang tidak terlalu parah.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda yang berencana memulai bisnis laundry. Jika Anda masih kekurangan uang, tidak ada salahnya meminjam uang melalui bank atau pinjaman online. Namun, pastikan layanan pinjaman tersebut memiliki suku bunga rendah dan, seperti Kredivo, dapat dipercaya! Dan tentu saja Anda bisa membayar cicilannya!.

Anda ingin tau belajar peluang usaha? Jika iya, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut, disana banyak juga contoh proposal usaha yang bisa kamu dapatkan.