Langkah Ternak Burung Puyuh di Periode Sekarang

Burung Puyuh

Langkah Ternak Burung Puyuh di Periode Sekarang

Keunggulan Ternak Burung Puyuh
Hal Yang Harus Disiapkan Dalam Ternak Burung Puyuh1. KandangMacam-Macam Kandanga. Kandang untuk induk burung puyuh
b. Kandang untuk induk pembibit burung puyuh
c. Kandang untuk anak burung puyuh
D. Kandang untuk burung puyuh grower
Beberapa ciri lokasi kandang burung puyuh yang pas:

2. Menyiapkan PembibitanUntuk penyeleksian bibit sendiri, kamu harus juga ketahui bibit yang dapat di samakan dengan arah budidaya, yang dibagi jadi 3 arah, yaitu:
Ciri-Ciri Bibit Puyuh Yang Berkualitas Bagus :
Langkah Membandingkan Puyuh Jantan Dan Betina:

3. Perawatan Burung Puyuha. Memerhatikan Kebersihan Kandang Dan Sanitasi
b. Lakukan Kontrol Penyakit Pada Burung Puyuh
c. Konsumsi Pakan Dan Minum

4. Beberapa jenis Pakan Burung Puyuha. Jagung
b. Dedak Padi
c. Pollard
d. Tepung tulang

5. Proses Panen burung puyuha. Panen Telur Burung Puyuh
b. Panen Daging Burung Puyuh
Daging puyuh sebagai hasil tambahan untuk beberapa peternak yakni dengan jual burung puyuh yang tidak produktif bertelur kembali atau mungkin dengan jual burung puyuh jantan. c. Panen Kotoran Burung Puyuh

6. Tingkat Mortalitas

Burung Puyuh

Burung Puyuh adalah hewan unggas yang mempunyai ukuran badan kecil dan gendut. Berlainan dengan burung yang lain, Burung puyuh tidak membuat sarang di atas pohon tetapi bersarang di atas tanah. warga tidak asing dengar burung puyuh. Burung yang telurnya biasa di gunakan untuk usaha khususnya usaha makanan.

telur burung buyuh benar-benar berguna untuk kesehatan, mempunyai rasa yang nikmat. Umumnya sebagai makanan pendamping saat makan. Burung puyuh sebagai salah satunya dari tipe unggas di Indonesia. Walau termasuk sebagai burung, tetapi burung puyuh termasuk burung yang susah untuk terbang.

Mempunyai ukuran badan kecil, gendut dan kaki yang pendek. Pada intinya burung puyuh memiliki ukuran 19 cm, memiliki badan bundar, ekor yang pendek, mempunyai paruh pendek dan kuat, dan berjari kaki sekitar empat. Untuk warna, menguasai warna cokelat kemerahan atau coklat kekuningan dihias corak yang unik sama sesuai macamnya.

Simak juga : Langkah Beternak Lovebird Burung Elok Supaya Cepat Bertelur

Masalah tipe burung puyuh, ada banyak tipe, minimal ada empat tipe yang berada di dunia. Ke-4 tipe burung puyuh itu salah satunya puyuh jepang, puyuh batu, puyuh gonggong jawa, dan bobwhite. Terutamanya di Indonesia umumnya mempunyai tipe gonggong jawa dengan corak macam garis dan totol.

Tetapi banyak pula ternak burung puyuh di Indonesia yang memakai burung puyuh jepang. Karena berlainan dengan spesies puyuh yang lain, burung puyuh jepang sanggup hasilkan telur sekitaran 310 /tahun dengan berat telur sekitaran 10 gr per butir telurnya.

Pada umunya, burung puyuh makan beberapa bijian, tetapi kerap di temui burung puyuh yang makan serangga dan mangsa yang lain memiliki ukuran kecil. Burung puyuh semakin banyak hidup di atas tanah. Di alam liar, burung puyuh bisa bertahan hidup sepanjang 3-5 tahun.keistimewan lain dari burung ini mempunyai ketahanan yang tinggi pada penyakit.

Usaha ternak burung puyuh memang janjikan, karena burung puyuh dalam sekali bertelur sanggup hasilkan 10-20 butir telur. burung puyuh yang tidak produktif kembali dipasarkan untuk di gunakan dagingnya.

Keunggulan Ternak Burung Puyuh

– Modal yang cukup dapat dijangkau
– Dapat dipelihara disekitaran pelataran rumah
– Waktu perawatan termasuk cepat
– Burung puyuh mempunyai ketahanan yang tinggi pada gempuran penyakit
– produksi daging dan telur lumayan tinggi

Hal Yang Harus Disiapkan Dalam Ternak Burung Puyuh

1. Kandang

Langkah budidaya ternak burung puyuh yang pertama ialah, kamu harus menyiapkan kandang atau tempat untuk beberapa burung puyuh nanti. Untuk wujud kandang dan material, kamu dapat buat memakai kayu atau rangka baja ringan dengan design seperti rack.

Yakinkan, kandang burung puyuh mempunyai kelembapan sekitaran 30 sampai 80%, dengan temperatur normal yaitu sekitaran 20-25 derajat Celcius. Pencahayaan di butuhkan sekitaran 25-40 watt di saat siang dan 40-60 watt pada saat malam. Ada banyak kandang yang perlu disiapkan saat sebelum mengawali usaha ternak burung puyuh.

Yang pertama ialah kandang untuk anak puyuh yang dapat memuat sekitaran 100 ekor anak pada sebuah kandang. Selanjutnya, untuk puyuh perkembangan puyuh yang di peruntukan untuk puyuh berumur 3-6 minggu. Kandang indukan dan kandang pembibitan.

Supaya burung puyuh petelur mendapatkan perputaran udara yang bagus, upayakan sinar matahari bisa masuk langsung ke kandang, oleh karena itu kamu bisa memakai kawat strimin untuk dinding kandangnya. Kawat strimin ini dapat dijadikan dinding kandang ialah belahan bambu sekalian bisa mengirit ongkos.

Bila dinding kandang burung puyuh memakai bambu, jarak di antara bambu harus betul-betul diperhatikan. Tidak boleh terlampau renggang supaya puyuh tidak bisa lari dari kandang dan jangan terlampau rapat agar perputaran udara selalu terlindungi secara baik.

Tempat pakan puyuh bisa ditempel pada dinding luar dan dibikin memanjang sama sesuai ukuran kandang. Sementara untuk tempat minumnya dapat ditempatkan dari sisi atau ada di belakang kandang.

[H4] Macam-Macam Kandang [/H4]

a. Kandang untuk induk burung puyuhKandang ini benar-benar punya pengaruh pada keproduktifan dan kekuatan burung puyuh untuk hasilkan telur yang berkualitas. Ukuran kandang yang dipakai harus sesuai jumlah burung puyuh yang hendak di ternakkan.

b. Kandang untuk induk pembibit burung puyuhKandang ini dipakai sebagai kandang untuk induk burung puyuh pembibit. Dengan demikian ini memiliki ukuran dan wujud yang serupa seperti kandang induk puyuh.

c. Kandang untuk anak burung puyuhKandang untuk anak burung puyuh pada usia starter, yakni mulai usia satu hari s/d 1 bulan. Berperan untuk jaga supaya anak puyuh masih tetap terlindungi dan memperoleh kehangatan sesuai keperluan.

D. Kandang untuk burung puyuh growerKanding ini ialah kandang untuk puyuh yang berusia 3-6 minggu.Ukuran kandang ini sama dengan kandang untuk induk pembibit.

Lokasi Kandang Yang Baik

Beberapa ciri lokasi kandang burung puyuh yang pas:
– Lokasi dekat sama sumber air bersih
– Jauh dari keramaian seperti, pasar, pabrik, jalan besar dan yang lain
– Lokasi harus terutamanya untuk lajur dapat di lewati transportasi
– Lokasi yang di tentukan harus bersih
– Tidak banjir
– Mempunyai perputaran udara yang bagus

2. Menyiapkan Pembibitan

Sesudah menyiapkan kandang, langkah budidaya ternak burung puyuh setelah itu dengan menyiapkan bibit unggul untuk lakukan pembibitan. Masalahnya bila kamu pilih indukan yang mempunyai kualitas bagus, maka hasilkan telur dan anakan yang berkualitas bagus juga.

[H4] Untuk penyeleksian bibit sendiri, kamu harus juga ketahui bibit yang dapat di samakan dengan arah budidaya, yang dibagi jadi 3 arah, yaitu: [/H4]

– Penyeleksian bibit unggul untuk maksud budidaya burung puyuh, yang hendak diambil telurnya untuk di konsumsi. Di sini kamu dapat tentukan indukan burung puyuh betina yang bebas dari beragam penyakit bawaan dan sehat.
– Penyeleksian bibit unggul untuk maksud budidaya burung puyuh yang hendak diproduksi dagingnya saja. Kamu dapat pilih tipe indukan betina dan jantan yang tidak produktif kembali hasilkan telur.
– Penyeleksian bibit unggul untuk maksud budidaya burung puyuh lebih memaksimalkan produksi telur yang hendak di tetaskan. Kamu dapat pilih indukan burung puyuh betina yang aktif dan bagus dalam kualitas produksi telurnya dan pejantan yang kiranya masak atau siap untuk membuahi beberapa burung puyuh betina.

[H4] Ciri-Ciri Bibit Puyuh Yang Berkualitas Bagus : [/H4]

– Gesit dan aktif bergerak, bila bibit yang hendak kita membeli diam saja, peluang sedang terkena penyakit.
– Wujud badan sang burung prima, simetris dan anggota badannya komplet.
– Warna bulu-bulunya ceria dan tidak kelihatan lusuh.
– Warna mata kelihatan ceria
– mempunyai selera makan yang bagus

[H4] Langkah Membandingkan Puyuh Jantan Dan Betina: [/H4]

– Bibit burung puyuh jantan mempunyai tonjolan pada bagian bokong seperti kelereng,
– Sementara burung puyuh betina bokongnya tidak ada tonjolannya,
– Bulu-bulu dada burung puyuh betina warna sawo masak dan ada garis atau bintik hitam,
– Sementara burung puyuh jantan tidak mempunyai garis atau bintik hitam ditubuhnya,
– Burung puyuh jantan berkokok, sementara betinanya tidak berkokok, dan
– Berat/bentuk badan yang betina semakin besar dibanding badan jantan.

3. Perawatan Burung Puyuh

Untuk lakukan langkah budidaya ternak burung puyuh, kamu bukan hanya biarkan tumbuh sendiri tanpa diurus. Masalahnya sesudah kamu lakukan pembibitan dan burung puyuh sudah lakukan pengembangbiakan, itu maknanya kamu wajib melakukan perawatan pada burung puyuh secara simpel, yaitu seperti berikut :

[H4] a. Memerhatikan Kebersihan Kandang Dan Sanitasi [/H4]

Kesehatan burung puyuh akan dipengaruhi dari rumahnya atau kandang yang hendak di tempatinya. Di mana kamu harus memerhatikan kebersihan kandang dan selalu bersihkan kandangnya. Tidak itu saja, jika memang perlu kamu lakukan proses vaksinasi, hingga burung puyuh bebas dari beragam jenis penyakit.

[H4] b. Lakukan Kontrol Penyakit Pada Burung Puyuh [/H4]

Nach, untuk ini kamu pun tidak bisa meleng. Bila perlu lalu kontrol perubahan mereka dan menyaksikan ada beragam pertanda meresahkan yang mengisyaratkan beberapa burung puyuh.

[H4] c. Konsumsi Pakan Dan Minum [/H4]

Burung puyuh bisa diberi makan berbentuk jagung dan tepung. Untuk tipe puyuh anakan diberi makan 2x satu hari, sore dan pagi hari. Dan untuk tipe puyuh dewasa diberikan pakan sekitar 1x yaitu saat pagi hari.

4. Beberapa jenis Pakan Burung Puyuh

Berikut ialah beberapa macam pakan burung puyuh yang memiliki nutrisi tinggi dan mempunyai kualitas yang bagus yang dapat anda beri.

[H4] a. Jagung [/H4]

Jagung terhitung salah satunya tipe pakan yang seringkali diberikan ke burung puyuh. Biji jagung didalamnya ada kandungan nutrisi yang bagus dan tentunya ada kandungan karbohidrat sebagai salah satunya sumber energi untuk badan burung puyuh.

Jagung kuning umumnya banyak juga dipakai untuk pakan burung puyuh ini karena mempunyai gizi yang tinggi. Meskipun memiliki kandungan banyak gizi baik, pemakaian biji jagung secara umum akan digabung dengan tipe pakan lain untuk dapat mengefisiensikan ongkos pengeluaran. Karena, memang harga lumayan tinggi.

[H4] b. Dedak Padi [/H4]

Tipe pakan burung puyuh petelur yang dapat anda beri seterusnya yakni berbentuk dedak padi. Dedak padi atau yang secara umum dikatakan sebagai bekatul ini terhitung salah sampah hasil pemrosesan padi untuk hasilkan beras. Dedak padi didalamnya ada kandungan protein dan sumber energi untuk burung puyuh. Namun,

seharusnya diperhatikan jika diberikan ke burung puyuh yang masih terbilang muda. Ini karena adanya kandungan serat kasar yang ada di dedak padi yang susah diolah oleh badan burung puyuh. Seharusnya tipe pakan ini tidak di taruh kelamaan, karena memiliki kandungan lemak tinggi yang bisa menagkibatkan berbau yang tidak nikmat dan menggumpal.

[H4] c. Pollard [/H4]

Tidak cuman diberikan dedak padi, pollard atau dedak gandum ini dapat juga dijadikan sebagai salah satunya dari beberapa macam pakan burung puyuh petelur. Pollard mempnyai nilai nutrisi seperti protein, lemak, dan serat yang kasar.

Meskipun di dalam pakan ini ada kandungan gizinya lumayan banyak, untuk pemakaian pollard perlu dibatasi. Ini dikarenakan ada kandungan serat kasar yang dapat menyebabkan masalah pencernaan yang ada di burung puyuh.

[H4] d. Tepung tulang [/H4]

Tepung tulang rupanya dapat diproses sendiri berbahan dasar tersisa sisa dari pemangkasan hewan. Untuk langkah membuat tepung tulang yakni dengan rebus tulang sampai sedikit lunak dan masak. Dan dikeringkan lalu digiling sampai betul-betul lembut. Kamu dapat menggerus memakai mesin pembikin pakan ayam.

Tepung ini memiliki nilai nutrisi yang bagus untuk dijadikan sebagai pakan burung puyuh petelur. Salah satunya yakni seperti kalsium dan phospor. Tepung tulang ini cuman dijadikan pakan tambahan kombinasi pakan burung puyuh petelur saja.

e. Sorgum

Sorgum sebagai tipe pakan burung puyuh yang cuman ada di sejumlah wilayah tertentu. Pakan ini memiliki kandungan protein yang semakin tinggi daripada dengan biji jagung dan ada kandungan xantofilnya.

Meskipun kandungan gizinya tinggi, sorgum ini memiliki kandungan antinutrisi salah satunya yakni tanin yang mengakibatkan protein jadi susah tercerna secara baik. Untuk pemberiannya, anda sebaiknya semua tentukan sorgum yang kondisinya tidak warna. Karena, bila sorgum itu makin warna karena itu makin tinggi kandungan taninnya.

5. Proses Panen burung puyuh

Hasil panen ternak burung puyuh di bagi jadi 2 sisi yakni , hasil khusus dan hasil sambilan. Hasil panen khusus dari beternak puyuh ialah telur dan daging burung puyuh. dan hasil panen sambilan yakni kotoran burung puyuh.

[H4] a. Panen Telur Burung Puyuh [/H4]

Telur sebagai hasil khusus dalam beternak burung puyuh. pada usia 36 hari umumnya puyuh mulai menghasilkan telur. tetapi baru pada usia 40 – 41 hari semua burung puyuh yang di ternakkan akan bertelur lebih setabil. Puyuh akan dipanen tiap hari dan panen telur umumnya dilaksanakan saat pagi hari dan sore hari.

Periode produktif burung puyuh dalam hasilkan telur ialah sepanjang delapan bulan. Perolehan produksi telur disebutkan baik bila sentuh range 70 – 80% dari jumlahnya puyuh betina. Pucuk keproduktifan telur yakni pada usia 2,5 – enam bulan. dalam satu tahun satu ekor burung puyuh akan hasilkan 150-280 butir telur.

[H4] b. Panen Daging Burung Puyuh [/H4]

[H4] Daging puyuh sebagai hasil tambahan untuk beberapa peternak yakni dengan jual burung puyuh yang tidak produktif bertelur kembali atau mungkin dengan jual burung puyuh jantan.

c. Panen Kotoran Burung Puyuh [/H4]

Peternak bisa jual kotoran burung puyuh ke petani / ke peternak ikan karena kotoran burung puyuh memiliki kandungan protein yang baik sekali untuk pakan ternak / pupuk tanaman.

6. Tingkat Mortalitas

Prosentase kematian burung puyuh secara kumulatif bertambah terus secara linier sampai usia 100 minggu, selanjutnya bergerak horizontal. Tetapi burung puyuh betina semakin banyak mati pada usia muda dibanding jantan terutamanya pada peternakan pembibitan.Burung puyuh jantan hidup semakin lama dibanding betina.Kematian puyuh dikuasai oleh langkah memiara, makanan, pemberian makanan, sanitasi, suhu, kelembapan, dan bibitnya. sama ini mortalitas barisan antara puyuh petelur akan terkait dengan produksi telur. Pengurangan produksi telur karena rendahnya vitalitas. Mortalitas banyak terjadi sesudah melalui pucuk produksi.Demikian dahulu artikel aku mengenai langkah ternak burung puyuh dengan benar dan baik, mudah-mudahan ini bisa membatu anda dalam beternak burung puyuh. Jika ada kata yang kurang sudi di hati aku katakan minta maaf sebesar besarnya,Kemungkinan cuma hanya itu yang bisa aku berikan.

 

kunjungi juga Solusi Kesehatan, Kehamilan, Persalinan dan Anak