Fri. May 14th, 2021

Sunber foto : pixabay

Ada yang tahu dengan kesemek? Pastinya sudah tahu lah dengan buah satu ini. Kesemek merupakan buah yang banyak mengandung manfaat baik untuk kesehatan.

Buah yang memiliki nama lain Persimmon, memiliki rasa yang manis segar dengan kandungan air yang cukup banyak pada daging buahnya.

Bentuk rupa daru buah kesemek mirip seperti buat tomat merah, dengan tekstur daging buah uang padat, lembut, dan renyah seperti apel.

Akan tetapi perbedaanya ada pada kulit luarnya, dimana buah kesemek memiliki warna oranye segar seperti jeruk dan diselimuti dengan serbuk putih seperti bedak.

Buah Persimmon atau kesemek ada dua jenis ada yang mempunyai rasa manis dan sepat, sementara di Indonesia, kebanyakan buah kesemek didapati memiliki rasa yang cukup sepat.

Rasa sepat pada buah di ketahui berasal dari senyawa tannin yang terkadung dalam buah. Untuk itu kebanyak orang mengolahnya harus direndam dalam larutan air kapur terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan warna putih pada buah serta rasa sepetnya.
Buah kesemek diketahui memiliki kandungan nutrisi yang banyak, seperti kalori, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C dan kalium. Serta senyawa tanin pada buah yang menciptakan rasa sepat.

Namun tenang zat tersebut akan berkurang selagi buah dikonsumsi dalam kondisi matang sempurna.

Berikut beberapa manfaat dari buah kesemek.

1. Mencegah kerusakan sel

Manfaat buah Persimmon yang pertama ialah mampu mencegah kerusakan sel serta mencegah penuaan dini.

Beberapa kandungan nutrisi dalam buah ini seperti, lutein, bela-karoten dan lainya dapat berguna dalam meregenerasi sel-sel.

Kandungan satu ini juga dapat berfungsi layaknya anti-oksidan, sehingga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

2. Mencegah penyakit kanker

Khasiat kesemek berikutnya berikutnya dapat berguna sebagai anti kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan radikal bebas.

Kandungan pada buah kesemek seperti vitamin A dan C, didukung senyawa fenolik dapat berguna dalam mencegah banyak jenis kanker.

3. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A pada buah mampu melindungi kesehatan mata kamu.

Disamping itu, manfaat buah satu ini juga mampu mencegah katarak, mencegah kerusakan retina, serta memperkuat penglihatan mata.

4. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi buah kesemek secara teratur diketahui mampu menurunkan berat badan, hal ini karena kaya akan kandungan serat.

Jadi jika kamu sedang menurunkan berat badan mungkin buah satu ini bisa menjadi pilihan konsumsi yang sehat.

5. Meningkatkan vitalitas pria

Khasiat berkutnya dari buah kuning satu ini ialah bisa meningkatkan vitalitas pria sekaligus daya tahan stamina tubuh.

6. Baik untuk pengidap gula darah

Buah kesemek baik untuk para pengidap gula darah atau diabetes, selain mampu rasa lapar penderitanya. Buah satu ini juga berkhasiat dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh loh.

7. Menambah sel darah merah

Untuk prngidap masalah anemia bisa merasakan khasiat dari buah kesemek loh, sebab buah satu ini bisa meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

8. Baik untuk ibu hamil

Selain berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh, buah kesemek juga diketahui dapat berguna dalam menyehatkan bayi yang ada dalam kandungan.

Pada ibu hamil, konsumsi buah kesemek secara rutin dapat membantu menjaga sistem imun tubuh agar tetap prima dan baik.

Selain itu buah satu ini juga diketahui mampu meningkatkan produksi sel darah putih, guna untuk menjaga tubuh bumil serta janin dari virus, jamur, infeksi, hingga racun.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah kesemek atau Persimmon untuk kesehatan tubuh. Harap untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, dikarenkan buah satu ini mempunyai rasa yang cukup sepet dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. healty99

By laurel