MAU JADI DAFTAR UMKM ONLINE? KUNJUNGI PADI UMKM!

Pelaku usaha di seluruh Indonesia pada saat ini turut berbahagia, karena mereka sudah bisa melakukan daftar UMKM online melalui beberapa situs yang diluncurkan oleh pemerintah.

Mendaftar UMKM online memang banyak ditunggu oleh banyak pelaku usaha di seluruh Indonesia. Banyak sekali pelaku usaha yang ingin menjadi daftar UMKM sejak lama namun terkendala proses pendaftaran dan juga penyampaian informasi yang tidak sempurna atau bahkan lamban.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari menjadi daftar UMKM. Karena dengan menjadi daftar UMKM, Anda bisa meraih keuntungan seperti program-program yang bisa membantu Anda untuk memaksimalkan potensi usaha Anda.

Program-program tersebut biasanya berkaitan dengan pembinaan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk, tingkat produktivitas serta proses pengemasan yang tentunya bisa sangat bermanfaat untuk daftar pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Selain program, pemerintah juga menghadirkan beragam inovasi yang dapat membantu UMKM untuk memasarkan produk mereka. Salah satu inovasi yang paling terkenal tentunya adalah munculnya situs jualan online bagi daftar UMKM di seluruh Indonesia seperti PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM.

Pasar Digital UMKM merupakan wadah bagi para UMKM di seluruh Indonesia untuk memperluas akses pasar mereka. Dengan daftar sebagai penjual di PaDi UMKM, daftar UMKM bisa mendapatkan transaksi dari masyarakat luas sekaligus juga dari BUMN di seluruh Indonesia.

Apalagi dengan mendaftar sebagai penjual di PaDi UMKM secara otomatis akan membuat usaha Anda terdaftar sebagai UMKM di Kementerian Koperasi dan UKM. Dengan begitu, legitimasi akan perusahaan Anda akan semakin kuat dan dapat dipertanggung jawabkan di mata konsumen.

Melakukan daftar UMKM online juga bisa dilakukan di situs OSS. Yang jelas apapun situsnya, keuntungan menjadi daftar UMKM tidak bisa didapatkan oleh sebagian pengusaha, terutama mereka yang telah masuk ke kategori usaha besar.

Ada beberapa persayaratan yang harus Anda lengkapi untuk melakukan daftar UMKM online, seperti:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Tidak berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN), maupun TNI/Polri, serta bukan merupakan pegawai BUMN/BUMD
  3. Memiliki usaha skala mikro yang dibuktikan dengan adanya surat usulan calon penerima BPUM yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UKM di wilayah setempat
  4. Tidak sedang dalam masa menerima pinjaman di bank ataupun KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Setelah persyaratan daftar UMKM online telah dilengkapi, Anda bisa melengkapi dokumen-dokumen selanjutnya, seperti:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi perorangan. Bagi non-perorangan siapkan nomor akta pengesahan, akta pendirian ataupun nomor pendaftaran.
  2. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  3. Foto usaha UMKM
  4. SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) dari Dinas Koperasi dan UKM di wilyaah setempat.
  5. Bukti kepemilikan UMKM dengan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Izin Berusaha (NIB) serta Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

Segera daftar UMKM online di Pasar Digital UMKM sekarang juga!