Metrik Website Penting yang Harus Anda Lacak

Setiap pemilik situs web ingin memaksimalkan kinerja situs mereka, tetapi tidak selalu jelas faktor kinerja mana yang paling mencerminkan kinerja situs.

Jika topik ini menarik bagi Anda, Anda telah membuat situs web baru dan ingin mulai mengukur keberhasilannya, atau Anda telah memiliki situs dan ingin melacak kinerjanya.

Untuk melakukannya, pertama-tama, Anda perlu memahami metrik seperti apa yang paling baik memberi tahu Anda seberapa baik kinerja situs web Anda.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sembilan metrik situs web yang berguna.

  1. Jumlah Pengunjung

Sebelum Anda dapat mengukur seberapa menarik dan menarik situs web Anda, Anda membutuhkan pengunjung, jadi metrik pertama yang harus Anda lacak adalah jumlah pengunjung .

Jika jumlahnya terlalu rendah, metrik lain yang dibahas di sini akan memiliki nilai yang kecil, jadi Anda perlu menarik lalu lintas.

Jika anda membaca salah satu postingan kami di Zen Magazine tentang cara jualan di Google, anda akan menemukan salah satu metrik yang penting untuk di lacak adalah trafik. Ini kunci dalam pemasaran online.

Untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda, Anda dapat membuat konten yang berperingkat di mesin pencari. Dan Anda bisa mendapatkan tautan balik , yaitu tautan ke situs web Anda yang diposting di situs web populer lainnya yang memiliki jenis pemirsa yang sama dengan yang Anda coba tarik.

Anda juga dapat menarik lebih banyak pengunjung dengan menjalankan kampanye iklan di Google Ads, Facebook, atau platform sosial populer lainnya.

Jika Anda sudah memiliki situs web mapan yang mendapatkan banyak lalu lintas, Anda harus mengukur metrik pengunjung kembali .

Pengunjung yang kembali adalah mereka yang telah mengunjungi situs web Anda setidaknya satu kali. Memiliki banyak pengunjung yang kembali adalah penting karena ini menunjukkan bahwa konten Anda menarik.

Jika Anda tidak memiliki jumlah pengunjung kembali yang tinggi, Anda dapat:

Buat konten yang lebih menarik seperti infografis dan video;

Tambahkan lebih banyak produk ke toko Anda atau tingkatkan halaman produk yang ada dengan salinan yang lebih baik, gambar produk yang lebih menarik, dan video;

Pilih demografi yang lebih baik untuk ditargetkan dalam kampanye iklan Anda.

  1. Tingkat Pentalan

Itu terjadi sepanjang waktu.

Seseorang mendarat di situs web dari mesin pencari seperti Google. Mereka melihat situs tersebut dan menyadari bahwa situs tersebut tidak memiliki informasi, produk, atau layanan yang mereka cari.

Atau mungkin mereka hanya menganggap situs tersebut terlihat membosankan. Sebagai tanggapan, mereka mengklik tombol kembali setelah hanya beberapa detik menjelajah.

Untuk meningkatkan UX, kami membuat desain website yang lebih friendly dengan user. Anda bisa cek salah satu website Agency kami yaitu salman.agency. Kami membuat desain yang lebih memberikan pengalaman yang baik.

Yang dikenal sebagai pengunjung yang terpental . Rasio jumlah total pengunjung dengan mereka yang terpental disebut rasio pentalan .

Memiliki rasio pentalan yang tinggi memengaruhi peringkat SEO situs web Anda dan dapat membuatnya tampak lebih rendah di hasil pencarian, yang dapat menyebabkan penurunan lalu lintas yang besar.

Ada teknik SEO Modern yang banyak dibuktikan oleh praktisi SEO.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuka halaman Google Analytics dan mencari tahu halaman mana di situs web Anda yang memiliki rasio pentalan tertinggi.

Karena rasio pentalan disebabkan oleh ketidakcocokan antara minat pengunjung dan konten di situs web Anda, ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan metrik ini.

Anda dapat meningkatkan konten di situs web Anda sehingga pengunjung baru akan terlibat dan tinggal lebih lama.

Anda dapat menyaring penargetan audiens Anda untuk lebih menarik pengunjung yang tertarik dengan produk atau layanan di situs web Anda.

  1. Tayangan Laman Rata-Rata per Sesi

Jika Anda ingin tahu seberapa menarik situs web Anda, ini adalah metrik yang harus diperhatikan. Tampilan halaman rata – rata per sesi metrik menunjukkan dengan tepat berapa banyak halaman situs web Anda yang telah dijelajahi pengunjung.

Misalnya, jika Anda mengoperasikan toko e-niaga, Anda ingin pengunjung menelusuri produk sebanyak mungkin. Jika tampilan halaman rata-rata adalah 5 halaman, Anda dapat mengasumsikan bahwa orang biasanya melihat 3 produk (dua halaman pertama mungkin adalah halaman beranda dan halaman kategori produk).

Untuk meningkatkan metrik ini, Anda perlu menambahkan sebanyak mungkin konten yang menarik di situs web Anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah, memiliki rata-rata tampilan halaman per sesi skor yang tinggi tidak menjamin Anda akan mendapatkan jumlah pelanggan atau pelanggan yang tinggi, tetapi ini merupakan indikator yang sangat baik. Semakin banyak halaman yang dilihat pengunjung di situs web Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan.

  1. Durasi Sesi

The durasi sesi metrik cukup mudah dimengerti. Ini menghitung berapa banyak waktu pengunjung aktif di situs web Anda. Seperti tampilan halaman rata-rata per sesi, metrik ini merupakan indikator yang bagus tentang seberapa menarik situs web Anda. Semakin banyak klik yang didapat situs web Anda, semakin tinggi metrik ini.

Namun perlu diingat bahwa durasi sesi bukanlah metrik yang sangat andal jika situs web Anda tidak didasarkan pada interaksi. Jika pengguna tidak aktif selama 30 menit atau lebih (yaitu, pengguna tidak mengeklik), Google Analytics akan menganggap sesi tersebut ditutup.

Jika situs web Anda berfokus untuk menampilkan produk dan layanan yang Anda jual dan bergantung pada orang yang menjelajahi halaman dan tautannya, maka durasi sesi bisa menjadi indikator yang sangat baik tentang seberapa menarik orang menemukan situs web Anda.

Di sisi lain, jika Anda mempublikasikan artikel blog yang mendalam atau video super panjang di situs web Anda, pengunjung Anda mungkin tidak mengklik banyak halaman. Dalam hal ini, metrik ini tidak akan menjadi cara yang andal untuk mengukur keterlibatan.