Bagaimana Cara Kerja Noni Untuk Obat Alergi

Kesehatan

noni untuk obat alergi

Noni untuk obat alergi akan membantu meredam gejala alergi dan mengatasi masalahnya di jangka panjang.  Apa kandungan noni hingga buah ini baik untuk herbal alergi? Temukan informasi seputar pemanfaatan noni untuk herbal alergi berdasar penjelasan deherba.com.

Bagaimana Cara Kerja Noni Untuk Obat Alergi

Noni merupakan buah khas tropis yang terkenal dengan aroma khasnya yang tajam. Banyak yang kurang nyaman dengan aroma buah noni. Padahal di balik aromanya ini tersimpan kandungan nutrisi yang tinggi. Selain vitamin dan mineral, noni mengandung sederet fitokimia dan unsur protein yang baik untuk tubuh. Termasuk membantu mengatasi alergi.

Manfaat noni untuk herbal alergi telah dipertegas dalam sejumlah riset dan laporan. Seperti pada Pharmacognosy Research  tahun 2014. Di sini dijelaskan bahwa sampel yang memiliki keluhan alergi menunjukan progress setelah mengonsumsi noni dalam 8 hari.

Sementara itu pada jurnal lain Planta Medica tahun 2007, dijelaskan adanya peran sejumlah unsur substantive dalam noni yang bekerja mengendalikan produksi histamin. Caranya dengan mengendalikan produksi senyawa protein khusus dari sistem imun bernama Ige. Senyawa ini merupakan stimulant utama yang mendorong histamin diproduksi.

Sementara dipahami histamin merupakan senyawa imunitas yang mendorong sel sel tubuh menunjukan respon penolakan pada benda asing. Efek histamin ini kadang Anda rasakan ketika Anda bersin bersin bila terpapar udara berdebu.

Namun, pada kondisi alergi, histamin bisa muncul karena aspek aspek lain seperti udara dingin, serbuk bunga, debu, makanan tertentu dan lain sebagainya. Dan efek histamin bisa cukup beragam, mulai dari sekedar bersin atau batuk. Sampai reaksi pembengkakan, penyumbatan, ruam dan gatal, mual dan lain sebagainya.

Karena tidak bekerja langsung menurunkan histamin, noni tidak bekerja instant mengatasi gejala alergi. Tetapi secara bertahap meregulasi sistem imun. Sehingga dalam jangka panjang produksi histamin dapat dikendalikan dan gejala alergi tidak muncul lagi.

Unsur Substantif Dari Noni Yang Baik Untuk Alergi

Sebagaimana dijelaskan bahwa unsur substantif dalam noni membantu meredam produksi Ige. Yang pada akhirnya dapat berimbas menurunkan produksi histamin. Apa saja sebenarnya unsur substantif tersebut?

Dijelaskan dalam Allergology International tahun2007, bahwa flavonoid merupakan salah satu komponen fitokimia dalam noni juice terbukti merupakan substansi anti alergi. Sedang dalam jurnal Molecules tahun 2016, diungkap peran senyawa quercetin yang efektif menurunkan produksi Ige.

Senyawa lain dari noni, Dhamnacantal, juga terbukti memiliki efek anti inflamasi. Ini akan efektif mengatasi potensi peradangan yang acapkali muncul pada penderita alergi. Senyawa ini juga memiiki efek baik terhadap fungsi Imun.

Jurnal lain, Smart Medical Journal tahun 2018 mengungkap manfaat unsur scolopetin dari noni yang juga baik untuk mengendalikan produksi IgE dan histamin. Sementara noni  juga mengandung senyawa asam amino seperti Arganine, Alanine, fenilalanin, Histidine dan triptofan. Senyawa asam amino ini juga baik untuk mengatasi alergi.

Untuk mendapatkan manfaat dari noni untuk obat alergi, Anda perlu mengonsumsinya dengan rutin. Ada banyak cara untuk mengonsumsi noni secara aman. Bisa dengan merebus atau mengukus buah noni segar. Bisa pula dengan cara membuat juice noni segar. Pastikan Anda memilih buah yang sudah matang benar. Anda bisa tambahkan pemanis seperti gula aren, gula batu atau madu untuk membantu menghilangkan rasa kurang sedap dari buah noni.

Pilihan lain Adalah mengonsumsi noni juice siap pakai yang tersedia di pasaran. Cara ini dianggap lebih baik karena produk noni sudah ditakar dalam dosis yang tepat. Sehingga Anda dapat memperoleh manfaat noni untuk obat alergi dengan optimal dan aman.