Wed. Oct 21st, 2020
Pahami Gejala Kolesterol Naik Yang Harus Diwaspadai

Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. karena penyakit ini bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun saat kadarnya terlalu tinggi akan menumpuk di peredaran darah dan menyebabkan sistem peredaran darah terganggu. jika anda sudah memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya ketahui gejalanya. Sehingga bisa lebih waspada dan konsumsi makanan yang tepat. berikut ini gejala kolesterol naik yang harus anda waspadai.

Sakit Pada Kaki

Saat kadar kolesterol tinggi, kaki anda akan terasa sakit. Hal ini disebabkan oleh arteri perifer atau peripheral artery disease. Yaitu adanya penyumbatan di dinding arteri karena plak kolesterol yang menumpuk. Jika kadarnya tinggi, tubuh anda akan memberikan sinyal. Kaki akan terasa kesemutan dan kesakitan. Terutama dibagian telapak kaki.

Benjolan di Tubuh (Xanthoma)

Kondisi kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan benjolan pada tubuh atau xanthoma. Xanthoma merupakan benjolan di dalam kulit atau belang warna kuning di permukaan kulit. Tidak semua orang mengalami kondisi ini. biasanya yang memiliki keturunan gen kolesterol tinggi. namun ada beberapa orang yang kadar kolesterolnya terlalu tinggi, juga bisa menyebabkan gejala ini. benjolan tersebut biasanya ada di bagian tangan, kaki, bokong atau persendian lutut dan lengan. Benjolan tersebut tidak terasa sakit, namun terasa gatal.

Sakit Sesak di Dada

Kadar kolesterol tinggi akan meningalkan plak di saluran arteri. Hal ini menyebabkan saluran tersumbat dan peredaran darah terganggu. sehingga asupan oksigen ke seluruh tubuh pun terganggu. inilah yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Karena asupan oksigen yang dibawah darah ke jantung terhenti. Untuk kondisi awal, akan menyebabkan angina atau sesak di dada. Bagian dada akan terasa sakit, nyeri, sesak nafas hinga pusing. Dan akhirnya terjadi komplikasi penyakit jantung.

Gallstones (Batu Empedu)

Dalam tubuh kita kolesterol berfungsi untuk memproduksi empedu. Empedu akan membantu proses penyerapan lemak dan nutrisi lainnya. bila kadar kolesterol tinggi. kadar empedu pun akan semakin banyak dan meninggalkan ekses. Ekses empedu akan menjadi kristal dan membantu (gallstones). Hal ini bisa menimbulkan sakit perut, muntah-muntah dan urin berwarna gelap.

Tekanan Darah Tinggi

Koesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Hal ini bisa disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi. saluran arteri yang tersumbat akan membuat peredaran darah terganggu. akhirnya terjadi penyempitan dan pengerasan saluran arteri. Jika hal ini terjadi, anda akan merasakan pusing, sakit kepala, sesak nafas dan dada sakit.

Bila anda merasakan gejala kolesterol naik diatas, sebaiknya segera lakukan pmeriksaan ke dokter. untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, minumlah nestle acticor yang mengandung beta glucan dan insulin.

By imindo