Panduan Memilih Webbing Sling berdasarkan Jenis dan Kegunaannya

Lifestyle

Apa itu webbing sling? Di mana bisa menemukan yang jual webbing sling? Bagaimana cara memilih webbing sling yang tepat? Tenang, satu persatu pertanyaanmu akan terjawab setelah membaca artikel ini. Langsung aja yuk.

Apa itu Webbing Sling

Jadi, webbing sling adalah alat bantu yang fungsi utamanya dipakai untuk

  • Mengangkat beban atau lifting
  • Menarik beban atau towing
  • Mengikat beban atau lashing

Pada dasarnya, webbing ini akan dipasangi jahitan melingkar yang menjadi alat kait untuk menjalankan fungsi di atas.

Kegunaan Webbing Sling

Seperti yang disebutkan di atas, ada 3 fungsi utama yang menjadi daya tarik pembelian, sehingga banyak ditemukan yang jual webbing sling. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kegunaan webbing sling.

  • Webbing sling untuk mengangkat beban atau lifting

Apabila menggunakan webbing sling untuk mengangkat beban, kamu bisa menggunakan 3 teknik berikut ini:

– Choke hitch, teknik ini dilakukan dengan mengikat tali secara melingkar pada barang melalui mata dari webbing sling.

– Basket hitch, teknik ini dilakukan seperti choke hitch, melingkarkan tali. Perbedaannya terletak pada arah yang dituju. Pada basket hitch, talinya akan langsung disambung dengan alat angkat tanpa melewati mata alat.

– Straight lift, teknik ini dilakukan dengan mengaitkan barang langsung ke alat/webbing sling sehingga barang bisa langsung diangkat.

  • Webbing sling untuk menarik beban atau towing

Meski terkesan jarang digunakan untuk menarik beban, tapi bukan berarti webbing sling tidak bisa digunakan. Kita hanya perlu menambahkan alat lain sebagai pelengkap sesuai kebutuhannya. Misalnya untuk memindahkan barang di kapal dari dalam keluar, maka harus digabungkan dengan alat lain untuk melaksanakan pemindahan, misalnya truk.

Catatan pentingnya adalah, karena tidak umum dipakai, harus ekstra hati-hati dalam pelaksanannya. Karena kita harus memperhatikan berat barang yang akan ditarik dengan seberapa kuat alat tariknya.

  • Webbing sling untuk mengikat beban atau lashing

Industri yang umum menggunakan webbing sling sebagai pengikat beban adalah perkapalan. Hal ini disebabkan oleh goncangan yang lumrah terjadi ketika berada di atas kapal. Nah, dengan menggunakan webbing sling untuk mengikat barang-barang yang ada di kapal, maka kita bisa memastikan semua aman, tidak rusak, dan tetap utuh sampai di daratan.

Apalagi webbing sling ini fleksibel karena bisa digunakan sesuai lekukan barang. Dan poin plus lainnya adalah tekstur permukaannya yang halus akan menjaga barang yang diikat tetap dalam kondisi baik.

Nah, selain jenis dan kegunaan yang sudah dijabarkan di atas, beberapa agen/distributor jual webbing sling juga memiliki jenis lain, seperti round dan eye to eye. Kamu tinggal mengkomunikasikan kebutuhanmu ketika membeli.

Jika masih ragu dan bingung tempat untuk membeli webbing sling, kamu bisa mulai coba mengetikkan kata kunci PT Mega Jaya sebagai salah satu agen/distributor alat angkat tepercaya. Selamat mencoba.