Pantangan Diabetes Yang Perlu Dihindari

Kesehatan

makanan pantangan diabetes

Kebanyakan kasus diabetes sebenarnya berasal dari kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Berawal dari kebiasaan mengasup makanan  berkalori tinggi tanpa diimbangi olahraga yang cukup. Dan tentu saja untuk membantu menjaga kadar gula tetap normal, sejumlah pantangan diabetes jadi perlu untuk diterapkan. Apa saja pantangan diabetes itu? Berikut ulasannya dirangkum dari deherba.com.

Apa Sebenarnya Pantangan Diabetes?

Makanan pantangan diabetes adalah jenis makanan dengan kadar kalori tinggi. Karena kalori di dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa. Karena glukosa merupakan sumber daya tercepat untuk tubuh dalam mendapatkan energi.

Sementara, pasien diabetes memiliki kendala dalam mengolah glukosa menjadi energi, tubuh akan terus menerus mengalami penimbunan glukosa. Yang bila diabaikan bisa memberi sejumlah efek samping, termasuk kematian.

Ini karena kadar glukosa dalam darah tidak mampu diimbangi oleh produksi insulin. Pada kondisi demikian, pengelolaan pola makan dengan kadar kalori terkendali akan membantu mengendalikan kadar glukosa darah dengan efektif.

Dan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau sangat dibatasi konsumsinya karena beresiko mengandung kalori tinggi itulah yang disebut sebagai pantangan diabetes. Karena mengonsumsi makanan jenis ini dikhawatirkan akan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah hingga di atas batas yang aman.

Apa Saja Makanan Yang Tidak Disarankan Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Yang termasuk makanan jenis  pantangan diabetes, atau makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi pengidap diabetes adalah sebagai berikut.

Makanan dengan kadar gula tinggi

Sebagaimana dipahami masalah utama dari diabetes adalah tingginya kadar gula dalam darah. Maka makanan dengan kadar gula tinggi juga sangat disarankan untuk dihindari. Karena gula sendiri merupakan bentuk dasar dari glukosa.

Makanan manis yang patut untuk dihindari tidak hanya seputar permen atau sirup. Tetapi juga minuman soda, setup, puding, es krim, selai, kue basah yang manis dan banyak lagi. Beberapa jenis buah yang sangat manis juga ditemukan mengandung banyak unsur sukrosa dan glukosa yang tidak sehat dikonsumsi pengidap diabetes.

Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana

Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana juga termasuk dalam pantangan diabetes. Karena sifatnya yang mudah tercerna dalam tubuh, makanan jenis ini dengan mudah dan cepat diolah menjadi glukosa. Selain efek cepat tercernanya membuat kita lebih cepat lapar.

Berbeda dengan karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat. Sehingga proses cerna akan berjalan lebih lambat. Unsur serat akan mengikat sebagian kalori dalam makanan sehingga tidak semudah itu untuk diolah menjadi glukosa. Sebagian bahkan turut terbawa ke usus besar.

Contoh makanan yang masuk dalam pantangan diabetes dalam hal ini seperti nasi putih, roti tawar putih, termasuk pula di dalamnya tepung terigu dan tepung beras. Tepung tapioka dan tepung kanji juga termasuk dalam kategori ini.

Alkohol

Makanan dengan kandungan alkohol terbukti meningkatkan resistensi sel terhadap insulin. Semakin tinggi asupan alkohol yang kita konsumsi, semakin tinggi resiko tubuh untuk menimbun lebih banyak glukosa dalam darah.

Asupan dengan kandungan alkohol tidak selalu berarti minuman keras. Tape, brem dan produk sejenisnya juga termasuk asupan dengan kadar alkohol dan bila dikonsumsi dapat meningkatkan kadar gula darah.

Makanan dengan pengawet

Meski tidak secara langsung dapat mempengaruhi kadar gula darah, terbukti makanan dengan pengawet dan makanan dengan kandungan natrium atau sodium tinggi dapat menurunkan performa pankreas.

Sementara makanan pengawet seperti sosis, nugget, kornet dan masih banyak lagi terbukti mengandung lebih banyak unsur adiktif pengawet dan unsur sodium. Sementara makanan awetan lain justru mengandung lebih banyak pemanis dari seharusnya, karena gula sendiri dapat bekerja sebagai pengawet.

Makanan dengan kadar kolesterol tinggi

Dibandingkan jenis makanan berkalori lain, makanan dengan unsur lemak jahat memiliki bahaya tersendiri. Karena unsur lemak ini akan dengan cepat menjadi kolesterol yang menyumbat sirkulasi darah. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi pasien diabetes.

Makanan yang masuk pantangan diabetes jenis ini antara lain seperti daging merah terutama jenis non organik, gorengan, susu, jeroan dan lain sebagainya.