Thu. Dec 3rd, 2020

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia IT khususnya jaringan komputer pasti mengenal yang namanya kabel UTP.

Kabel ini sering digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya melalui perangkat jaringan. Selain itu, kabel ini banyak digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat jaringan lain seperti router dan switch.

Artikel berikut menjelaskan masalah yang terkait dengan kabel UTP secara detail, dimulai dengan definisi kabel UTP dan fungsinya, jenis, kategori, dan diakhiri dengan properti kabel UTP.

Pengertian kabel UTP

UTP adalah singkatan dari Unshield Twisted Pair. Seperti namanya, “Unshield” artinya kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung aluminium. Oleh karena itu, kabel jenis ini kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik dibandingkan saudara STP-nya (Shield Twisted Pair). Nama twisted pair mengacu pada bentuk kabel yang melilit satu sama lain.

Kabel UTP dilengkapi dengan 8 kabel dengan warna yang unik pada setiap kabelnya, yang kemudian disusun menjadi 4 twisted pair untuk masing-masing color pair. Gulungan kabel digunakan untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Fungsi kabel UTP

Kabel UTP digunakan di jaringan area lokal untuk menghubungkan komputer ke perangkat jaringan atau komputer ke komputer atau antara perangkat jaringan itu sendiri. Dalam penerapannya, kabel UTP memiliki aturan pemasangan kabel berdasarkan penggunaannya.

Selain itu, fungsi kabel UTP dapat diuraikan menjadi jenis yang lebih spesifik berdasarkan jenis dan kategorinya. Untuk jenis seperti kabel straight-through, kabel crossover, dan kabel roll-over. Dari perspektif kategori, misalnya Kategori 1 (CAT1) hingga Kategori 7 (CAT7).

Jenis kabel UTP

Anda perlu mengetahui jenis-jenis kabel UTP. Ada yang namanya lurus, meluncur dan berguling. Tiga jenis kabel UTP dijelaskan di bawah ini:

Kabel straight-through

Untuk kabel lurus, aturan yang sama berlaku untuk setiap ujung konektor.

Jenis kabel langsung ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, mis. Misalnya, router dengan sakelar / hub, komputer dengan sakelar, dan komputer dengan hub.

Yuk ketahui juga untuk cara membuat foto polaroid yang keren habis, semua cara membuat polaroid pada tautan tersebut akan kita bahas step by stepnya.

Kabel cross-over

Dengan kabel crossover, aturan berbeda berlaku di antara setiap ujung konektor. Jenis crossover ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang identik.

Kabel rollover

Dan yang terakhir adalah kabel roll-over. Kabel roll-over memiliki susunan terbalik antara satu ujung steker dan ujung lainnya.

Kabel roll-over digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan yang berbeda, mirip dengan kabel straight-through. Namun, sangat mungkin kabel jenis ini menghubungkan perangkat ke konsol. Misalnya, beralih ke printer atau proyektor.