Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial

Suatu suasana dimana tidak terdapat terjadinya sebuah penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling bertolak belakang yang terdpat dalam kehidupan sosial sampai-sampai hal ini menghasilkan pola yang kegunaannya tidak serasi untuk masyarakat yang bersangkutan, dinamakan dengan evolusi sosial.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Para berpengalaman juga mendefinisikan evolusi sosial sebagai berikut:

1. Selo Soemardjan

Beliau menyatakan bahwa Perubahan sosial yakni segala evolusi dalam lembaga kemasyarakatan pada sebuah masyarakat yang dapat memprovokasi suatu sistem sosialnya, tergolong pada nilai, sikap serta pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

2. Kingsley Davis

Ia menyatakan bahwa Perubahan sosial yakni suatu evolusi yang terjadi dalam struktur dan faedah masyarakat.

3. Mac Iver

Mac Iver berasumsi bahwa Perubahan sosial yakni suaty evolusi yang ada dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan untuk keseimbangan hubungan sosial.

4. Samuel Koenig

Bilai menyatakan bahwa Perubahan sosial sendiri menunjuk terhadap modifikasi-midifikasi yang terjadi pada pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi itu dapat terjadi diakibatkan oleh faktor-faktor intern maupun ekstern.

5. William F. Ogburn

Ia menyatakan bahwa Perubahan sosial ini menekankan terhadap situasi teknologis yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan dalam aspek kehidupan sosial, misalnya seperti peradaban ilmu pengetahuan serta teknologi yang sangat dominan terhadap pola berfikir masyarakat.

6. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

Menreka menyatakan bahwa Perubahan sosial adalahsebagai dari sebuah variasi terhadap cara-cara hidup yang sudah diterima, baik itu diakibatkan oleh perubahan situasi geografis, oleh kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi ataupun karena terdapat percampuran ataupun penemuan-penemuan baru yang terdapat dalam masyarakat.

7. Emile Durkheim

Ia berasumsi bahwa Perubahan sosial yaitu evolusi yang terjadi yang mana sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang dapat mengolah kehidupan masyarakat oleh situasi tradisional yang diikat dengan solidaritas mekanistik, ke dalam situasi masyarakat canggih yang diikat dari solidaritas organistik.

8. Robert M.I Lawang

Ia berasumsi Perubahan sosial yaitu sebuah proses pada ketika dalam sebuah sistem sosial adanya perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi pada sebuah kurun masa-masa tertentu.

9. Max Weber

Max waber menyatakan bahwa Perubahan sosial adalahsuatu evolusi situasi yang terdapat pada masyarakat sebagai dampak karena ada ketidaksesuaian unsur-unsur.

10. Robert H. Lauer

Ia menyatakan bahwa Perubahan sosial sendir yakni suatu evolusi yand terdapat dalam segi gejala sosial di sekian banyak tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual sampai dalam tingkat dunia.

11. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Beliau menyatakan bahwa Perubahan sosial yaitu sebuah proses perubahan, serta modifikasi, maupun penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang man urusan ini merangkum nilai-nilai budaya, serta pola perilaku dari kumpulan masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, dan pun kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik tersebut dalam aspek kehidupan material atau dalam aspek nonmateri.

12. Bruce J. Cohen

Bruce J menjelasn tentang perubahan sosial yang adalah suatu evolusi yang paling struktur sosial dalam sebuah organisasi sosial sampai-sampai suatu kriteria yang ada evolusi tersebut adalah sebuah sistem sosial, evolusi hidup yang terdapat pada sebuah nilai sosial serta kebiasaan masyarakat.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/