Sun. Apr 18th, 2021
Perawatan Mesin Binding Buku

Dalam usaha percetakan, bisa dikatakan jika mesin binding buku adalah salah satu mesin yang cukup sering digunakan. Seperti namanya, mesin binding buku memiliki fungsi utama sebagai alat untuk menyatukan lembaran-lembaran buku menjadi satu dengan kualitas yang terjamin.

Nah, untuk memastikan jika mesin binding tersebut bisa menghasilkan hasil binding yang maksimal dan baik, maka performa mesin secara umum harus dijaga. Oleh karenanya, memahami bagaimana cara untuk melakukan perawatan mesin binding menjadi penting.

Dengan mengaplikasikan beberapa hal terkait perawatan pada mesin binding tersebut, tentu Anda bisa menjaga performa mesin binding agar senantiasa prima. Lantas, bagaimana cara perawatan mesin binding yang harus dilakukan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Tips Melakukan Perawatan Mesin Binding Buku

Sebenarnya, cara untuk melakukan perawatan pada mesin binding yang Anda gunakan cenderung cukup simple dan mudah. Hanya saja, Anda perlu melakukan perawatan tersebut secara regular.

Adapun beberapa langkah dan tips yang perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan pada mesin binding yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan seluruh permukaan pada mesin bundling tersebut. Tujuan dari hal ini adalah untuk menghindarkan mesin dari masalah kebersihan yang muncul, terutama karat. Dalam pemakaian yang dilakukan, karat bisa saja muncul dan hal ini nantinya akan berdampak pada performa mesin yang akan menurun.
  • Membersihkan laci di bagian sisa kertas secara rutin. Sisa kertas memang merupakan sampah yang tidak terpakai dan seringkali juga memberikan dampak buruk pada mesin. Jika tidak dibersihkan secara regular dan teratur, maka bisa jadi sisa kertas yang didapatkan dari proses potong atau jilid tersebut masuk ke dalam mesin dan membuat mesin tersendat.
  • Jaga dan usahakan tabung tempat menempatkan lem senantiasa tertutup rapat. Ini adalah hal yang bisa dikatakan cukup penting karena perawatan pada tabung lem tersebut akan membuat lem bisa digunakan dengan baik dan hasil bundling senantiasa maksimal. Debu dan udara yang masuk dalam tabung nantinya bisa membuat kondisi lem menurun dan daya rekat tidak lagi sempurna.
  • Berikan pelumas pada mesin secara teratur. Sebagaimana mesin pada umumnya, mesin binding juga memerlukan pelumasan untuk memastikan jika elemen mesin bisa bekerja dengan baik. Hanya saja, Anda perlu memastikan jika pelumas yang digunakan untuk mesin tersebut sesuai dengan jenis pelumas yang disarankan.

Nah, beberapa poin di atas adalah bagaimana perawatan yang sebaiknya dilakukan pada mesin binding yang Anda miliki. Tentu saja, dengan perawatan yang regular dan teratur, mesin binding yang Anda miliki akan bisa bekerja dengan optimal saat digunakan.

Demikian beberapa ulasan tentang cara perawatan pada mesin binding. Jika Anda ingin mencari produk mesin binding buku, Anda bisa mendapatkan informasinya https://maxipro.co.id.

By hary