Pinjam di Kredivo vs KawanCicil, Mana yang Lebih Baik?

Bisnis

Udah capek ditolak mulu sama kartu kredit? Pengen coba kredit online tapi masih nimbang-nimbang harus coba yang mana?

 

Sebagai informasi, layanan kredit online yang fungsinya bisa kayak kartu kredit itu jumlahnya masih bisa dihitung jari lho di Indonesia. Jadi, buat ngebandinginnya nggak terlalu susah dan kebanyakan opsi, kayak fintech P2P lending. 

 

Saya sendiri udah 2 tahun jadi pengguna layanan kredit online Kredivo buat belanja cicilan & pinjaman darurat. Nggak punya CC, tapi bisa bayar nanti, nyicil, jajan, sampe gestun darurat kalo sewaktu-waktu butuh. Yak, kredit online ini emang bisa jadi opsi terbaik banget kalo kamu pengen coba punya fasilitas kredit tapi males ngajuin CC yang prosesnya lebih lama. 

 

Selain Kredivo, ada juga KawanCicil. Fintech yang punya layanan serupa dengan Kredivo. Supaya kamu punya opsi & perbandingan, berikut ini saya jelasin ya apa bedanya Kredivo dengan KawanCicil. 

 

Perbedaan Kredivo vs KawanCicil

 

Dari definisi dan layanan yang ditawarkan, Kredivo dan KawanCicil punya perbedaan yang cukup menonjol. Kredivo merupakan fintech yang menawarkan layanan kredit instan mulai dari bayar dalam 30 hari (pay later) tanpa bunga, cicilan tenor s.d 12 bulan dengan bunga rendah, hingga pinjaman tunai. 

 

Smeentara itu, KawanCicil merupakan platform layanan keuangan untuk aktivitas pinjam-meminjam yang dilakukan secara online di sebuah wadah bernama marketplace. Secara umum, KawanCicil punya tiga produk kredit, yaitu KawanFlexi, KawanPinjam, dan KawanSupplier. 

 

Dimana KawanFlexi dan KawanPinjam adalah produk yang setara dengan Pinjaman Tunai di Kredivo: menawarkan pinjaman jangka pendek dengan proses cepat dan tanpa jaminan. Sedangkan KawanSupplier merupakan produk bagi UMKM untuk mengajukan pendanaan piutang. 

 

Dari sini, terlihat bedanya kalau KawanCicil menawarkan layanan kredit online yang terbatas pada pinjaman. Sementara Kredivo, selain punya fitur pinjaman tunai, juga memiliki layanan untuk transaksi kredit di berbagai merchant seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, sampai yang offline seperti McDonalds, atau Alfamart. 

 

Limit Pinjaman di Kredivo vs KawanCicil

 

Di Kredivo, pengguna Premium bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp 30 juta. Limit ini bisa digunakan sesuai dengan fasilitas kredit yang tersedia. Bisa buat pay later, cicilan barang, ataupun dicairkan jadi pinjaman tunai. 

 

Nah, untuk pinjaman tunai, minimum pengajuan di Kredivo berlaku mulai dari 500 ribu sampai puluhan juta. Puluhan jutanya berapa tepatnya? Tergantung pada limit yang kita miliki untuk tenor 6 bulan. Misalnya, saya punya limit 25 juta, yang tersisa untuk limit 6 bulan ada Rp 15 juta. Ini artinya, saya bisa pinjam dana tunai di Kredivo maksimal sampai dengan Rp 15 juta. 

 

Ada 3 opsi tenor yang disediakan Kredivo untuk pembayaran pinjaman: 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. 

 

Di KawanCicil, limit pinjaman tergantung pada jenis produk pinjaman yang dipilih. Untuk KawanFlexi, limitnya maksimal sampai Rp 5 juta dengan waktu pinjaman maksimal 31 hari. Sementara untuk KawanPinjam, limit pinjaman bisa berlaku hingga Rp 100 juta dengan waktu pinjaman sampai 365 hari atau 1 tahun. 

 

Beda Suku Bunga di Kredivo vs KawanCicil

 

Kredivo memiliki tingkat suku bunga sebesar 2,6% per bulan untuk pinjaman. Di mana suku bunga ini paling bersahabat dan rendah dibanding fintech sejenisnya. Sementara di KawanCicil, ketika tulisan ini dibuat, saya nggak menemukan informasi besaran suku bunga yang dimiliki KawanCicil. Ada kemungkinan, besaran bunga baru diinformasikan ketika kita mengajukan pinjaman sesuai jenis produk yang dipilih. 

 

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Kredivo vs KawanCicil

 

Di Kredivo, kita bisa langsung daftar dan mengajukan pinjaman apabila sudah memenuhi tiga syarat ini: 

 

  1. Berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap, minimum sebesar Rp 3 juta per bulannya. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, pilih daftar akun Basic atau Premium, lalu daftar sesuai instruksi yang diberikan di aplikasi. Jika sudah, tunggu proses approval dalam 1 x 24 jam. Kalo kamu mau menikmati semua fitur kredit di Kredivo, saya saranin kamu pilih daftar akun Premium langsung yaa. 

 

Di KawanCicil, untuk produk pinjaman KawanFlexi dan KawanPinjam, syarat dan ketentuannya sebagai berikut: 

 

  1. WNI yang berusia 21 – 65 tahun. 
  2. Punya KTP, email, dan nomor telepon yang aktif. 
  3. Punya rekening Bank SInarmas. 
  4. Punya akun KawaCicil dan telah melengkapi data KYC. 

 

Berbeda dengan Kredivo yang pengajuan pinjamannya praktis hanya lewat aplikasi, di KawanCicil, pengajuan pinjaman dilakukan melalui situsnya. Proses dari mulai pendaftaran, verifikasi, pembukaan rekening, hingga pencairan dana kurang lebih akan memakan waktu 3-4 hari. 

 

Antara Kredivo sama KawanCicil, mana nih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saat ini? 🙂