Pinjaman Online Resmi Menggunung, Simak Tips Mengatasinya

Mudahnya persyaratan pengajuan pinjaman terkadang membuat orang terlena. Pinjaman online resmi yang menggunung menjadi permasalahan tersendiri dan justru membuat Anda terperosok. Sehingga Anda harus mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Tips Mengatasi Pinjaman Online Resmi yang Menggunung

Jika sudah terlanjur memiliki pinjaman online resmi yang terlalu banyak, maka sebaiknya menyimak tips berikut ini:

Ajukan Restrukturisasi

Untuk meringankan beban cicilan pinjaman tersebut, Anda bisa mengajukan restrukturisasi kepada pihak pemberi pinjaman. Sehingga beban cicilan menjadi lebih ringan dan bisa terjangkau.

Solusi restrukturisasi ini menjadi cara yang paling umum untuk meringankan beban kredit yang terlalu besar. Ada berbagai cara untuk mewujudkannya, antara lain:

  • Anda bisa mengajukan permohonan penurunan tingkat bunga pinjaman.
  • Cara lain, ajukan perpanjangan untuk jangka waktu pelunasan.
  • Pengurangan tunggakan pada pokok kredit.
  • Juga bisa dengan menambah fasilitas kredit.

Mencari Dana Tambahan

Bagaimana jika nasabah sama sekali tidak punya uang? Ada cara lain yang bisa Anda tempuh dengan mencoba melakukan pengajuan pinjaman jenis lain. Pilihlah pinjaman dengan tingkat bunga yang lebih ringan.

Namun, Anda juga harus bisa membedakan pinjaman lain dengan berhutang pada pinjaman online. Jika Anda mengajukan pada platform pinjaman online lainnya akan membengkak. Solusi terbaik adalah dengan mengajukan pinjaman kepada keluarga atau rekan kerja.

Gadaikan Aset Berharga

Ketika kedua cara tersebut tidak bisa melunasi pinjaman, maka Anda bisa menjual atau menggadaikan aset yang berharga. Sedikit berkorban agar tidak terlepas dari jeratan pinjaman online.

Anda bisa menggadaikan BPKB kendaraan, surat tanah, emas dan harta berharga lainnya. Pastikan juga hal ini tidak akan mengganggu aktivitas harian Anda.

Literasi Keuangan

Anda perlu meningkatkan literasi keuangan dengan mencari tahu ciri-ciri dari pinjaman online. Sehingga Anda tidak terjebak ke dalam pinjol ilegal yang akan menimbulkan kerugian dan membuat Anda terjerat dalam utang.

Baca semua syarat dan ketentuan ketika akan mengajukan pinjaman. Pemahaman yang benar menghindarkan Anda dari kerugian.

Simak daftar penyedia pinjaman online resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sebab, ada peraturan perundang-undangan yang akan melindungi Anda.