Thu. Jan 28th, 2021

Kami juga menjual oleh oleh indramayu dengan harga murah, open reseller juga. Selain itu Anda juga bisa intip harga mangga indramayu di website kami jauh lebih bersahabat, silahkan bisa langsung kunjungi.

Salah satu kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Indramayu. Berdasarkan letak geografisnya, kabupaten ini terletak di pesisir pantai utara yang merupakan jalur utama dan jalur tersibuk di pulau Jawa.

Keragaman budaya bukan hanya seni dan sejarah, tetapi juga ragam cita rasa kuliner yang telah diserbu wisatawan, salah satunya mangga yang terkenal. Bagi Anda yang berwisata ke kota Mangga, tidak salah jika Anda mencicipi makanan Indramayu yang enak di bawah ini.

1. Nasi Lengko

Makanan khas Indramayu yang pertama adalah Nasi Lengko, atau yang biasa dikenal dengan sego Lengko. Kuliner ini menyediakan makanan dengan nasi, serta lauk pauk lainnya. Biasanya, ketan juga dijadikan sebagai menu pilihan saat sarapan. Ekonomis dan bergizi bagi tubuh.

Nasi rumput laut terasa lebih enak saat disajikan panas. Di atas nasi taburi dengan irisan tahu goreng dan tempe goreng yang juga disajikan dengan sayuran seperti ketimun cincang, tauge rebus, dan bawang bombay cincang. Sega kemudian ditaburi bumbu kacang yang mirip dengan bumbu pecel atau bumbu rujak.

Untuk kamu yang suka pedas jangan khawatir karena makanannya bisa dipesan sesuai selera pemesan. Kedelai yang digunakan juga bertekstur ringan, seperti kata Worcestershire. Agar rasanya enak dan memiliki aroma yang enak, menu ini juga disajikan dengan bawang bombay utuh.

2. Rumbah Khas Indramayu

Keistimewaan Indramayu adalah rumbah. Kuliner ini hampir sama dengan gado-gado yang memiliki lotek Jakarta dan Bandung karena sama-sama menggunakan sayur sebagai lauk. Biasanya sayuran yang disajikan direbus terlebih dahulu. Beberapa sayuran yang digunakan dalam menu ini antara lain tauge, ketimun, kol, kangkung, kacang panjang, dan jenis sayuran lainnya. Bahan baku yang terkumpul kemudian ditaburi bumbu kacang.

Perbedaan hidangan ini dengan makanan lain adalah sama dengan tambahan saus yang disajikan. Untuk lotek dan gado-gado, bumbu yang digunakan hanya bumbu kacang, sedangkan setelah bumbu selai kacang juga diberi campuran sambal dan pasta udang. Biasanya air ini terbuat dari sisa air laut yang dicampur gula merah. Kuliner ini cocok untuk Anda yang suka makanan berserat dan vegetarian karena sama sekali tidak menggunakan daging.

3. Kue Koci

Keistimewaan ketiga dari Indramayu adalah kue koci. Pada umumnya kue ini banyak dijumpai pada pesta-pesta masyarakat Indramayu. Orang-orang di kota lebih memahami film sebagai Bugis. Keunikan kue koci ini ada pada penyajiannya karena pasti ditemani kue nagasari. Bahan utama pembuatan kue koci dari tepung ketan adalah prisma. Tepung ketan ini dibuat menjadi adonan kemudian dibentuk menjadi prisma.

Pada tepung ketan, biasanya kelapa parut dengan gula merah. Selain itu, dapat diisi dengan kacang hijau bubuk. Biasanya kue koci ini dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Proses memasaknya memakan waktu lebih lama dibandingkan Nagasari.

4. Dodol Indramayu

Keistimewaan keempat Indramayu adalah dodol, meski di banyak daerah terdapat jenis makanan ini. Salah satu daerah penghasil dodol paling terkenal di Indonesia adalah Garut, selain itu bisa juga dodol Indramayu yang enak banget dan enak.

Di Indramayu ada dua jenis dodol, yaitu dodol lolos dan dodol coklat. Dodol ini bisa lepas atau biasa disebut dodol basah yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Teksturnya lebih basah dibandingkan menjual gula merah. Selain itu, ada juga segumpal susu segar di atasnya.

Dodolol gula khas Indramayu biasanya identik dengan dodol betawi, namun sudah mengalami inovasi tampilan. Dodol ini tidak hanya menggunakan gula merah, tapi juga menggunakan gula putih. Itu membuat obral ini terlihat lebih putih.

5. Entog Pedas

Keistimewaan kelima Indramayu adalah hidangan entog. Kuliner ini menggunakan bahan dasar yang terbuat dari entog atau daging berserat. Ingat, entog termasuk jenis daging bebek, tapi teksturnya lebih kental. Dagingnya manis dan kenyal. Jika dimasak dengan benar, daging entog bisa hilang.

Penggunaan bumbu yang dominan akan membuat kuah entog memiliki rasa yang khas. Untuk kamu yang suka pedas bisa juga menambahkan merica atau merica. Hidangan ini cocok untuk makan hangat.